Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cek Fitur Hapus Foto & Video Google Photos Ini Agar Hemat Kuota

Anom Penulis

Google Photos menghentikan penawaran penyimpanan foto dan video tanpa batas pada tanggal 1 Juni 2021. Untuk bisa lebih hemat dalam pemakaian kapasitas penyimpanan, Google Photos menambahkan fitur untuk memilih dan menghapus foto dan video lebih mudah di aplikasi Android dan iOS.

Dulu, penyimpanan foto dan video tanpa batas merupakan fitur unggulan Google Photos yang membuatnya populer. Yah, siapa yang tidak suka? Tanpa batas dan gratis gitu lho.

Setelah Google Photos tidak lagi gratis, sebagian besar pengguna pasti langsung berpikir soal bagaimana menghemat kapasitas yang ada. Ya, karena penyimpanan di Google Photos akan memakai kapasitas penyimpanan Google Drive (jatah gratis 15GB).

Fitur untuk Meninjau Foto dan Video

Mendekati tenggat waktu 1 Juni, Google meluncurkan fitur baru agar pengguna bisa lebih hemat emmakai kapasitas Google Photos (pada akhirnya menghemat Google Drive). Fitur ini memungkinkan kamu meninjau, menyortir, dan memilih berbagai berkas media sesuai kriteria tertentu.

Kriteria yang ada di fitur tinjauan Google Photos itu meliputi:

  1. Berkas foto dan video berukuran besar.
  2. Foto kabur (blur).
  3. Dari aplikasi lain.
  4. Tangkapan layar (screenshot).

Lalu di mana letak pengaturan penyimpanan Google Photos ini? Ikuti langkah ini kalau kamu belum tahu.

  1. Tekan ikon profil (kanan atas).
  2. Masuk ke Penyimpanan akun.
    • Pengguna iOS harus melakukan satu langkah lagi, yaitu tekan Kelola penyimpanan.
  3. Pilih salah satu kriteria (seperti tersebut di atas).
  4. Sortir dan hapus foto dan video yang tidak penting.
hapus foto dan video di google photos supaya hemat

Yah, sebenarnya tergantung pada bagaimana kamu sebelum ini melakukan penyimpanan. Saya sendiri memilih hanya folder kamera (di Android) yang saya sinkronkan ke cloud. Selain itu, saya juga rajin memilih foto dan video. Jadi seperti bisa kamu lihat, foto dan video yang nggak penting tidak ada di folder saya (ya, ada tapi mungkin tidak terdeteksi oleh AI Google Photos).

Baca Juga:  Tips Mengirim Foto Liburan Dengan Mudah Lewat Google Photos

Anyway, kalau kamu memang butuh penyimpanan cloud Google Photos, tidak ada salahnya kalau mau berlangganan. Toh hanya Rp27.000 per bulan untuk kapasitas 100GB. Kalau sudah berlangganan, mungkin kamu tidak perlu memikirkan masalah hemat atau tidak untuk Google Photos.