HP Envy x360: Laptop Untuk Segala Kebutuhan

HP Envy x360 merupakan salah satu laptop premium yang dibanderol dengan harga 10 jutaan.Setelah mencoba selama beberapa minggu, saya menyimpulkan bahwa laptop ini masuk kategori value for money di kelas premium.

Desain

Desain dari HP Envy x360 sungguh cantik. Tipis ringan dan bisa diputar 360′. Bodi aluminiumnya terasa kokoh. Dengan desain minimalis tetap membuat laptop ini terlihat mewah. Kalian tidak akan minder jika menggunakan laptop ini untuk presentasi di depan klien.

Berat yang diberikan sekitar 1,3 kg. Meskipun bukan jenis laptop yang paling ringan, namun HP Envy x360 sudah sukup ringan untuk ultrabook. Buat kalian yang hobi bepergian, laptop ini sangat pas untuk dibawa.

Warna yang saya dapat adalah silver, dan sepertinya tidak ada warna pilihan lain. Warna silver nya tidak jauh berbeda dengan milik MacBook. Cocok jika kalian ingin menampilkan kesan elegan dan profesional.

Layar

HP Envy x360 sudah didukung dengan teknologi Corning Gorilla Glass, dan tentu saja kita bisa menyentuh layarnya layaknya mengoperasikan smartphone. Layar sentuhnya cukup responsif ketika disentuh menggunakan jari tangan, namun ketika saya menggunakan stylus (yup, paket pembeliannya mendapatkan stylus) tidak terlalu responsif.

HP Envy x360 memiliki layar Full HD (1920 x 1080) dan sudah mendukung teknologi IPS. Untuk bingkai layar sisi kanan-kiri sudah tipis, meskipun pada bagian atas dan bawah masih terlihat bezel layaknya laptop lain.

Untuk kedalaman warna, meskipun belum 4K, laptop ini sudah cukup baik ketika saya gunakan untuk menonton video atau melihat foto-foto.

Hanya saja, yang sedikit mengganggu adalah kecerahan layar yang tidak bisa maksimal Meskipun sudah saya atur hingga 100%.

Audio

Jika ASUS menggandeng Harman / Kardon, maka HP Envy x360 menggunakan Bang and Oulfsen sebagai audionya.

Suara yang dihasilkan cukup lembut untuk mendengarkan berbagai jenis musik. Namun jika kalian penggemar bass, maka audio dari HP Envy x360 ini akan terdengar kurang nendang.

Touchpad dan Keyboard

Keyboard dari HP Envy x360 cukup standar, tidak terlalu istimewa, tapi mamsih enak untuk digunakan mengetik. Yang menarik adalah, keyboard laptop ini memiliki fitur backlight, jadi kita bisa mudah mengetik Meskipun di dalam ruangan yang memiliki cahaya minim.

Untuk touchpad, butuh penyesuaian agar kita nyaman menggunakan tanpa bantuan mouse. Namun, tetap saja masih lebih enak menggunakan mouse untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan komplek seperti editing foto atau video.

Port

Ini juga bagian yang cukup asik. Meskipun tipis, HP Envy x360 masih membawa beberapa port penting. Kita akan menjumpai 1 port USB type-C, 2x USB 3.0, slot microSD dan audio jack. Tidak ada port HDMI. Namun jangan khawatir, pada paket penjualan, kita akan diberi dongle USB Type-C to HDMI.

Kita tak perlu repot lagi untuk membeli aksesoris tambahan.

Windows Halo (Sensor Wajah)

Fitur menyenangkan dari HP Envy x360. Kita tak perlu mengetikkan password atau PIN untuk bisa login. Cukup menggunakan sensor wajah seperti smartphone kekinian saat ini, kita bisa masuk ke Windows dengan cepat. Sensor pendeteksi wajah pun cukup akurat dan responsif.

Baterai

Layaknya ultrabook, HP Envy x360 memiliki daya tahan baterai yang cukup kuat. Saat saya coba untuk beraktivitas normal seperti browsing, menggunakan aplikasi Office, nonton YouTube, Spotify, Mail, Netflix dll, baterai dari laptop ini mampu bertahan sekitar 7 jam.

Performa

HP Envy x360 ini sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen 7, sudah tentu kecepatannya tak diragukan lagi. Saya sedikit terkejut mendapati laptop ini masih bisa memainkan game PES 2018 dengan lancar (meskipun setting-an grafis berada di pengaturan normal).

Untuk penggunaan aplikasi lain dan aktifitas multi tasking, HP Envy x360 ini sudah sangat bisa diandalkan. Oleh karenanya, saya berani melabeli laptop ini sebagai laptop serba bisa. Bisa digunakan untuk mobilitas tinggi, dinamis, produktif dan bisa untuk bersenang-senang.

Kekurangannya, fan dari laptop ini cukup terdengar di telinga. Tidak terlalu berisik, namun buat yang terbiasa memiliki laptop yang anteng, maka suara fan HP Envy x360 akan sedikit mengganggu. Meskipun begitu, laptop ini tida terasa panas saat saya gunakan dalam waktu yang cukup lama.

Kesimpulan

Dengan harga sekitar 10 jutaan, saya merasa bahwa HP Envy x360 ini berani diadu dengan laptop lain di kategori yang sama. Bahkan laptop ini memiliki keunggulan pada segi harga. Saya bisa bilang bahwa laptop ini value for money.

Jika kalian tidak mempermasalahkan suara fan dari HP Envy x360, maka laptop ini layak untuk dibeli. Terlebih jika kalian adalah orang yang memiliki mobilitas tinggi, pekerja keras dan sesekali ingin melepas penat dengan bermain game.

More Stories
google photos
Edit Foto Akan Semakin Mudah di Google Photos