Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Huawei Nova 5T: Ponsel Yang Patut Diperhitungkan di Indonesia

Merek smartphone asal Cina, Huawei, sudah resmi meluncurkan smartphone terbarunya Huawei Nova 5T di Indonesia. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi ala flagship.

Huawei Nova 5T tersedia dalam dua varian warna yakni Crush blue dan Mid Summer Purple, serta didesain dengan stylish yang menciptakan efek 3D.

Spesifikasi Huawei Nova 5T

Generasi terbaru Nova series ini bisa dibilang sudah naik kelas. Menimbang harga dan kekompletan fitur-fiturnya, menurut saya Nova 5T bukan lagi berada di kelas mid-range, melainkan bisa diketegorikan sebagai smartphone high-end.

Dari aspek performa, Nova 5T bertenaga chipset yang sama seperti pada perangkat flagship Mate 20 dan P30 series; Kirin 980. Bisa dibilang, Kirin 980 berada pada level yang sama dengan Snapdragon 845.

Chipset Kirin 980 merupakan mobile processor yang dibuat dengan proses fabrikasi 7nm. SoC ini mengusung CPU Cortex-A76 dan GPU Mali-G76, memiliki dual NPU (neural processor unit) mandiri untuk menangani tugas-tugas AI. Selain itu, ada modem smartphone Cat.21 yang mendukung kecepatan hingga 1.4Gbps.

Menemai chipset itu, ada pilihan RAM 6 dan 6 GB, dengan penyimpanan UFS 2.1 128GB. Dipasang daya baterai 3700 mAh, Huawei membekalinya dengan teknologi SuperCharge 22,5 W yang dapat mengisi 50 persen dalam 30 menit.

Konfigurasi kamera

Dari segi kamera, smartphone dipasang empat kamera belakang dengan lensa yang barbeda. Sejak Nova 2i hingga Nova 3i, lini smartphone Nova series milik Huawei ini memang diposisikan sebagai perangkat kelas mid-range dengan elemen premium.

Konfigurasi quad rear camera-nya sama seperti kebanyakan smartphone quad camera lainnya. Meliputi kamera utama beresolusi tinggi, lensa ultra-wide, depth sensor, dan yang lagi banyak diadopsi akhir-akhir ini ialah lensa macro.

Pada Nova 5T, Huawei menggunakan sensor Sony beresolusi 48MP. Namun yang membedakan Nova 5T dengan yang lain ialah Super Ultra-wide Angle Camera-nya yang beresolusi 16MP. Sisanya masing-masing hanya 2MP sebagai depth sensor dan macro.

Desain Lebih Baru

Desain bodi ponsel ini pun menarik. Bila diperhatikan bagian belakangnya memiliki pola logo Nova yang membuatnya terlihat unik. Kelengkapan atributnya, sisi kanan dapat ditemui tombol volume dan tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari. SIM tray berada di sisi kiri, hanya punya dua slot untuk nano SIM tanpa slot microSD.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Z Flip 4 JUUN.J Edition: Cocok Buat Black Addict!

Pada bagian muka, notch sudah pergi berganti dengan Punch FullView Display. Hanya menyisakan area untuk kamera depan di sudut kiri atas pada panel IPS seluas 6,26 inci. Resolusi layarnya Full HD+ (1080×2340 piksel) dengan rasio 19.5:9. Dibanding notch, punch hole ini memang tidak begitu mengganggu saat nonton video maupun saat bermain game.

Huawei Nova 5T

Sementara, di sisi atas terdapat infra red dan mikrofon sekunder. Sedangkan, di sisi bawah ada mikrofon utama, port USB Type-C, dan speaker. Tidak ada jack audio 3,5mm, kabar baiknya Huawei masih menyematkan earphone dengan ujung Type-C pada paket penjualan Nova 5T.

Body Nova 5T berdimensi 154.3x74x7.8 mm dengan bobot 174 gram, tiap sudutnya agak membulat, kerangkanya dari metal, dan bagian belakangnya punya finishing seperti kaca, kemungkinan menggunakan material komposit sejenis tempered glass.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang spesifikasi Huawei Nova 5T yang sudah rilis di Indonesia. Semoga bermanfaat.