Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Image Squeezer: Pilihan Lain Mengecilkan Ukuran File Foto

Anom Penulis

Beberapa waktu lalu, saya membahas aplikasi Reduce dari Supporting Computer Inc, pembuat aplikasi Fhotoroom. Kali ini saya mau membahas salah satu alternatif aplikasi untuk mengecilkan ukuran file foto. Aplikasi ini bernama Image Squeezer.

Secara tampilan, Image Squeezer lebih konvensional daripada Reduce. Dalam artian, aplikasi ini berpegang pada desain khas aplikasi Windows Phone, dan menggunakan pivot. Tidak ada masalah untuk pilihan tampilan ini.

popculture.id

Image Squeezer malah bisa memberikan beberapa pilihan mengubah ukuran foto pada kita. Pertama, berapa persen tingkat kompresinya, dan kedua, apakah kita mau menentukan skala ukuran gambar sendiri.

Pilihan tersebut cukup menarik. Kalau kamu malas berpikir masalah ukuran dimensi panjang lebar gambar, kamu bisa mengatur kompresinya saja. Tapi kalau kamu tahu ukuran dimensi gambar yang diinginkan, hal itu akan lebih menguntungkan lagi.

Begini, kalau kita hanya menentukan tingkat kompresinya saja, gambar akan berkurang ukuran file-nya, tanpa mengurangi ukuran panjang lebar foto. Yang dikurangi di sini adalah kualitas gambarnya (akan terlihat kalau di zoom).

Sementara kalau kita mengatur kompresi dan ukuran skalanya, foto akan berkurang baik ukuran panjang lebar, dan tingkat kualitas kompresinya. Jadi ada dua hal yang dikurangi.

Nanti gambarnya jelek? Tidak juga. Tergantung ukuran yang kita tentukan. Seperti contoh gambar di atas, kompresi 30% dengan ukuran 800 x 450 px (16:9) menghasilkan ukuran file yang jauh lebih kecil. Dari 1,6 MB jadi 70 KB! Kalau ingin tahu dimensi itu hasilnya seperti apa, lihat saja foto yang biasa terpajang sebelum isi artikel. Foto featured image kami biasanya memiliki dimensi 800 x 500 px (16:10), dan disesuaikan lagi menjadi 740 x 463 px. Nggak jelek kan?

Yang agak mengganjal untuk aplikasi ini adalah detil tampilannya. Bisa dilihat dari kedua gambar di atas, foto yang dipilih terlihat memanjang secara vertikal. Kemudian, tabel detil informasi juga sedikit bergeser tampilannya. Yang terakhir, entah kenapa, saat memilih ukuran dimensi sendiri, hasil yang tercatat adalah 1024 x 1024 px. Namun ini hanya masalah tampilan saja. Hasilnya tetap seperti yang dijanjikan. Ke depannya, selain masalah di atas dibereskan, saya berharap ada pilihan untuk mempertahankan aspect ratio di aplikasi ini (atau informasi tentang itu).

Selamat mencoba, dan salam olahraga!

Download: Image Squeezergratis

Terima kasih Mas Faishol atas usulannya.

    %d blogger menyukai ini: