Ini Beberapa SSD Terbaik yang Bisa Digunakan untuk Gaming

SSD terbaik

Salah satu langkah tepat untuk meningkatkan performa laptop atau PC ialah dengan cara meng-upgrade. Mungkin kamu akan merasa bingung, lalu apa sih yang sebaiknya di-upgrade? Jawabannya tentu SSD.

Selain bisa meningkatkan performa, mengupgrade SSD juga bisa membuat perangkat semakin responsif. Apabila dibandingkan dengan HDD, tentu memakai SSD sebagai storage yang utama bisa memberikan banyak keuntungan bagi perangkatmu. Pertama, proses booting bisa dilakukan lebih cepat, pemrosesan data dan loading pada aplikasi bisa dilakukan lebih cepat, hingga ketahanannya bisa membuat data menjadi lebih aman.

Bagi pengguna yang memanfaatkan perangkatnya untuk aktivitas yang tidak terlalu berat, mungkin upgrade SSD tidak terlalu diperlukan. Namun bagaimana dengan gamers? Tentu laptop seorang gamers membutuhkan SSD terbaik sesuai dengan performa dan kualitas yang dibutuhkan. Nah, daripada bingung mencari SSD mana saja yang terbaik, berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi SSD terbaik yang bisa digunakan untuk gaming.

Intel SSD 760p 512 GB

Di pilihan pertama ada SSD milik Intel, yakni Intel SSD 760p 512 GB. Bisa dibilang SSD yang satu ini merupakan SSD NVMe terbaik milik Intel dari segi budget. Beragam mumpuni disematkan pada SSD ini, seperti performa read/white yang mencapai 3230/1625 MB/s. Sehingga SSD ini cukup kompetitif apabila dibandingkan dengan SSD SATA. Dengan menggunakan performa yang handal, SSD NVMe ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau lho.

Samsung 850 EVO 500 GB

Setelah menilik SSD milik Samsung, kita beralih pada SSD milik raksasa Samsung, yakni  Samsung 850 EVO 500 GB. Bahkan bisa dibilang fitur yang dimiliki oleh SSD ini performanya dapat mengungguli SSD lainnya yang dibanderol dengan harga diatasnya.

Ada beragam ukuran kapasitas yang tersedia, antara lain 120 GB, 250 GB, 1 TB, 2 TB, hingga 4 TB. Untuk masalah harga, kamu bisa memiliki SDD ini mulai dari Rp2-jutaan untuk kapasitas 500 GB. Namun sayangnya SSD ini memiliki kelemahan, yakni interface SATA yang masih menjadi hambatan. Namun jika disimpulkan secara keseluruhan, terlebih terkait performa, SSD ini tentu masih menjadi salah satu pilihan terbaik.

Samsung 850 Pro 512 GB

Nah, masih dari Samsung nih. Samsung 850 Pro 512 GB dikatakan unggul pada pilihan SSD SATA high-end. SSD ini termasuk pertama yang memakai V-NAND, sehingga disebut sebagai “The fastest consumer SATA SSD”. Namun meski demikian, drive NVMe ini memiliki performa yang lebih cepat dan lebih baik disbanding SSD sejenis.

Kamu perlu mempersiapkan dana kurang lebih Rp3 juta untuk mendapatkan SSD ini. Samsung memberikan garansi selama 10 tahun pada SSD ini, sehingga telah dibekali dengan daya tahan yang cukup ekstrem.

Crucial s MX300 525 GB

Pilihan selanjutnya ada Crucial s MX300 525 GB, yang bisa dibilang berada pada posisi di bawah 850 EVO milik Samsung. Namun MX300 merupakan pilihan SSD SATA yang dapat dipertimbangkan dengan reabilitas yang baik, walau memang masih lebih lambat jika dibandingkan dengan 850 EVO.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh SSD ini. MX300 memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Samsung 850 Evo. Harganya pun lebih terjangkau, yakni sekitar Rp1,5 juta. Menariknya, SSD ini mempunyai versi M.2. Versi ini masih sama dengan M.2 SATA, namun artinyatidak lebih cepat dari drive SATA.

Sejauh ini dapat dikatakan bahwa MX3000 milik Crucial ini merupakan SSD SATA terbaik dari jika dilihat dari penyediaan kapasitas penyimpanan yang besar, kemudian dari segi budget yang juga. Bagi kamu yang membutuhkan teknologi harddisk cepat dengan kapasitas penyimpanan yang luas, tentu SSD ini sangat cocok.

Itu tadi beberapa rekomendasi SSD terbaik yang bisa digunakan untuk gaming. Tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan lupa sesuaikan dana yang kamu punya juga, ya. Nah, mana nih yang menjadi pilihanmu?