Ini Dia 6 Tanda Bahwa Kesenanganmu Bermain Game Mulai Tidak Sehat

Tak dipungkirim jika bemain game memang hal yang sangat menyenangkan. Bagi kebanyakan orang, bermain game merupakan alternatif paling ampuh yang dapat digunakan untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Meskipun hanya sebuah permainan, namun bermain game dapat memberikan banyak manfaat. Beberapa orang menjadikannya hanya sebuah hobi, namun beberapa orang justru menjadikannya sebagai salah satu sumber mata pencahariannya.

Namun terkadang tanpa sadar, ada pula yang menjadikan bermain game sebagai hal yang paling dominan dihidupnya, hingga akhirnya mengabaikan aspek-aspek lain yang jauh lebih penting.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang hal tersebut, dibawah ini adalah tanda-tanda jika kesenanganmu bermain game mulai tidak sehat.

Menelantarkan diri sendiri

Sumber Gambar : Unsplash/alex_andrews

Apakah kamu salah satu orang yang sering menunda-nunda waktu makan dan bahkan memotong waktu istirahat hanya demi bermain game?

Jika kamu sering melakukan hal tersebut, sebaiknya kurangilah mulai dari sekarang. Karena tanpa sadar kamu telah mengorbankan waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk kepentingan kesehatan dan kebersihanmu sendiri.

Bagimu mungkin waktu bermain game sama sekali tidak bisa diganggu gugat, hingga akhinya makan, tidur, mandi, adalah nomor kesekian.

Menelantarkan tanggung jawab

Sumber Gambar : Unsplash/everywheresean

Sebagai penggila game, kamu pasti sangat antusias pada pencapain di dunia game daripada di dunia nyata.

Karena tak sabar untuk segera log-in dan bermain game, akhirnya kamu menunda tanggung jawab yang harusnya dikerjakan lebih utama.

Jika hal tersebut semakin kamu abaikan, maka tugas sekolah maupun tugas kantormu akan terbengkali, dan akhirnya kamu semakin malas untuk mengerjakannya.

Merasa gelisah dan kesal kalau tidak bermain game

Sumber Gambar : Unsplash/christnerfurt

Efek berikutnya yang kamu rasakan adalah , kamu akan merasa sangat gelisah jika tidak bermain game, karena kamu memang sudah ketergantungan dengan game.

Bahkan kamu pasti akan merasa sangat jengkel, dan tanpa sadar bersikap agresif ketika jadwal permainanmu harus terganggu.

Dan saat koneksi internet atau listrik padam, kamu akan mengomel dan merusak barang-barang, hingga akhirnya kamu tidak sadar telah menyakiti orang-rang yang ada didekatmu secara emosional maupun fisik.

Terus memikirkan permainan yang telah lalu

Sumber Gambar : Pexels/katlovessteve

Kamu mungkin telah duduk di kelas atau bilik kantor, namun pikiranmu masih saja terbayang-bayang dengan permainan game yang telah lalu.

Emosi yang kamu rasakan saat itu ikut terbawa ke kelas atau kantor, hingga akhirnya membuatmu ingin menyudahi aktivitas dan kembali bermain game.

Akibatnya kamu akan lebih sering kehilangan fokus dan sulit konsentrasi pada apa yang ada di hadapanmu sekarang ini.

Berbohong

Sumber Gambar : Dream

Tanda berikutnya adalah kamu  sering berbohong. Kamu pasti akan berbohong untuk menutupi berapa banyak uang yang sebenarnya telah kamu habiskan demi bermain video game.

Kamu juga pasti akan berbohong untuk menutupi berapa banyak waktu yang telah kamu habiskan untuk bermain game dalam sehari.

Kamu akhirnya akan terbiasa berbohong untuk menutupi kebohongan – kebohongan yang lainnya. Sampai akhirnya kamu menganggap berbohong adalah hal yang lumrah dan sah-sah saja untuk kamu lakukan setiap hari.

Malas bersosialisasi

Sumber Gambar : Kompas.com

Selanjutnya adalah malas bersosialisasi. Karena terlalu asyik dengan dunia game, seringkal kamu membatalkan rencana keluar dan menolak ajakan-ajakan hangout dari teman-temanmu.

Kamu akan menjadi malas menghadiri acara keluarga atau bahkan sekedar keluar rumah untuk bertemu orang lain.

Kamu akan lebih memilh berada di dirumah ata tempat dimana kamu bisa bermain game dengan tenang.

Nah, itu dia beberapa tanda bahwa kebahaganmu bermain game sudah mulai tak sehat lagi. Jika tenda-tanda tersebut semakin parah setiap harinya, maka jangan pernah ragu untuk memeriksakannya ke psikolog.

Karena bagaimanapun kesehatan tubuh dan mentalmu jauh lebih penting. Jadi jagalah dengan baik.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: