Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Ini Dia Batas Usia Minimal Buah Hatimu Ketika Menggunakan Smartphone

Dunia teknologi yang kian canggih, memang semakin memudahkan seseorang untuk menggunakan berbagai macam teknologi.

Salah satu bukti dari perkembangan teknologi yang begitu pesat adalah dengan pemakaian smartphone untuk semua kalangan.

popculture.id

Mungkin dijaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kamu tidak akan menemukan orang yang tidak menenteng smartphone.

Di manpun mereka berada, smartphone adalah barang elektronik yang tak pernah tertinggal untuk dibawa.

Alat komunikasi ini memang sudah  tak bisa lepas dari kehidupan manusia. Bahkan mulai dari membuka mata hingga akan terlelap, smartphone mungkin selalu ada di genggaman maupun disamping kita.

Sumber Gambar : Kompas Tekno

Bukan hanya digunakan untuk berbalas pesan saja, smartphone juga bisa membantu semua orang untuk bekerja, berbisnis, hingga digunakan sebagai sumber mencari segala infomasi.

Jadi tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan waktu sehari-harinya untuk berada di  depan layar smartphone.

Keberadaan smartphone bukan hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun kenyataannya anak-anak di zaman sekarang juga sudah mulai merasakan kecanggihan teknologi dari smartphone ini.

Bahkan sekarang beberapa orang tua dengan senang hati rela memberikan anaknya sebuah smartphone, dengan alasan agar tidak gagap teknologi.

Padahal efek dari penggunaan smartphone secara berlebihan akan berdampak negatif bagi perkembangan seoarang anak.

Penggunaan smartphone untuk anak-anak sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan pengguna smartphone masih dalam pengawasan orang tua.

Sumber Gambar : bicarawanita.xyz

Dikutip dari berbagai sumber, pendiri Microsoft yaitu Bill Gates bahkan sudah menjelaskan batas usia yang aman untuk anak bisa menggunakan smartphone atau gadget yang lainnya.

Bill Gates yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia ini menekankan, jika sebenarnya anak-anak tidak diizinkan untuk memiliki smartphone pribadi sampai usianya  menginjak 14 tahun.

Bahkan anak-anak dari Bill Gates sendiri yang berusia 20, 17 dan 14 tahun, sampai saat ini mereka semua tidak memiliki smartphone hingga mereka duduk dibangku sekolah kelas menengah ke atas.

Jika menurutmu metode dari Bill Gates ini nampak begitu ketat diterapkan pada anak-anak zaman sekarang, sebaiknya simak penelitian yang bertajuk Anaka & Teknologi: Evolusi Pribumi Digital Saat Ini yang diterbitkan pada tahun 2016 yang lalu.

Menurut penelitian, usia rata-rata seorang anak diperbolehan mendapatkan smartphone pertamanya adalah pada usia 10 tahun.

Pada penelitian tersebut juga menunjukan bahwa 50 persen anak-anak telah mendapatkan akun media sosial yaitu termasuk Facebook dan Instagram pada usia rata-rata 11 tahun.

Sumber Gambar : infobekasi.co.id

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan para orangtua diluar sana adalah mengatur waktu anak-anak mereka untuk menggunakan smartphone maupun gadget yang lainnya.

Para orang tua harus selalu memastikan bahwa istirahat anak-anaknya tidak terganggu karena telah menggunakan smartphone.

Namun, kebanyakan orang tua sering kali tak bisa meminta anak-anaknya untuk tidak melakukan sesuatu yang seharusnya tidak diperbolehkan.

Padahal sebenarnya anak-anak cenderung mengikuti omongan yang diperintahkan orangtuanya, jadi semua kembali ke didikan orangtua masing-masing.

Sebagai orangtua kamu tetap harus bersikap tegas dan menentukan batasan penggunaan smartphone pada anak-anak.

Selain kamu membatasi pengguna smarthone untuk anak-anak, kamu juga harus bisa memberikan contoh sendiri kepada anak-anak untuk tidak menggunakan smartphone yang berlebihan di depan mereka.

Karena jika hal tersebut kamu lakukan, maka anak-anak akan cenderung meniru tingkah laku yang dilakukan orangtuanya.

Semua kembali kepada orangtua masing-masing, karena pribadi yang baik datang dari didikan orangtua yang baik pula.

Jadi sebagai orangtua kalian harus pintar-pintar memberi contoh yang positif bagi anak kalian masing-masing.

    %d blogger menyukai ini: