Inilah Alasan Banyak Developer Game Beralih ke Mobile Platform

Saat ini smartphone memang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap manusia. Di dunia, smartphone bahkan tidak lagi sekedar alat komunikasi saja.

Lebih dari itu, smartphone kini sudah menjelma sebagai benda serba guna. Kita bisa menonton video, mendengarkan lagu, belanja, sampai bermain game dengan smartphone.

Tidak bisa dipungkiri jika orang yang bermain game di smartphone semakin berkembang. Dan inilah yang membuat banyak developer game mulai melirik pasar Mobile.

Sebab pasar Mobile saat ini sungguh menjanjikan. Dan menurut kami, berikut ini beberapa alasan banyak developer game mulai beralih ke Mobile Platform:

Sumber Gambar : Jalan Tikus

Pangsa yang Besar

Saat ini hampir seluruh masyarakat menggunakan smartphone. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang membeli smartphone setiap harinya.

Bahkan tidak hanya masyarakat perkotaan saja, masyarakat pedesaan saat ini sudah mulai mengganti HP jadul mereka dengan smartphone.

Berdasarkan data dari Emarketer pada tahun 2018, pengguna smartphone telah diperkirakan mencapai 2,1 miliar.

Jumlah tersebut menandakan pangsa yang besar, serta menjadi kesempatan emas mereka untuk memasuki ranah bisnis ini.

[irp posts=”62366″ name=”5 Game Favorit yang Dibagikan Oleh Developer Terkenal Tahun 2018″]

Keuntungan Sangat Besar

Keuntungan dalam memasarkan game dalam platform Mobile memang sangat besar. Mungkin inilah yang menjadi alasan, mengapa banyak bermunculan game Mobile saat ini.

Dengan membuat game Mobile, maka developer merasa yakin akan mendapat keuntungan banyak. Sebab jika dilihat dari sisi pengguna Mobile sendiri memang sangat besar.

Ingatlah konsep ini, ‘banyak pemain = keuntungan besar.’ Kalian dapat lihat sendiri saat ini banyak game Mobile berkedok F2P, namun ternyata P2W yang justru sering terkesan berlebihan.

Ingin Melebarkan Sayap

Menurut kami, alasan ini mungkin yang paling tepat. Sebab saat ini banyak developer sudah mulai mengenalkan game mereka ke pasar Mobile.

Hal ini mereka lakukan supaya gamegame tersebut dapat dikenal banyak orang. Selain itu, kini banyak franchise game yang awalnya hanya tersedia versi PC atau konsol, saat ini sudah tersedia juga dalam versi Mobile.

Beberapa game tersebut seperti Black Desert Online, Ragnarok, Diablo, dll. Walaupun ada beberapa penurunan yang disebabkan perbedaan perangkat Mobile dengan PC dan Konsol, namun hal ini tidak menurunkan popularitas game tersebut.

Justru beberapa gamer sangat antusias dengan hal tersebut. Dengan adanya game versi Mobile, mereka bisa memainkan game tersebut kapan saja dan dimana saja.

Hal ini tentu menjadi lebih praktis, dibanding memainkan game dari versi PC atau konsol, yang notabene tidak bisa dibawa kemana saja.

Tidak Perlu Matang untuk Pembuatannya

Saat ini kalian mungkin mengetahui ada banyak developer game, terutama game yang ada pada platform Mobile terkesan asal jadi.

Bisa dilihat dari segi grafis yang terkesan kasar, konsep yang terlihat tidak matang, bug yang kadang tidak masuk akal, sampai iklan yang begitu banyak dalam game.

Sebenarnya semua kekurangan tersebut ada hubungannya dengan developer. Dari ratusan developer game di dunia, beberapa dari mereka adalah developer abal-abal.

Developer abal-abal tersebut sebelumnya membeli souche code, dan hanya mengganti skin atau yang biasa disebut re-skin.

Selanjutnya developer game abal-abal tersebut akan memasang iklan adsense pada aplikasinya. Mereka tidak peduli apakah game tersebut dapat bertahan lama atau tidak.

Yang mereka lakukan hanya mengambil keuntungan, dengan mengejar trend semata. Oleh karena itu, ketika kalian bermain game dan di dalamnya ada banyak iklan, mungkin game tersebut dibuat dari salah satu developer abal-abal.

More Stories
5 Rekomendasi Aplikasi Jadwal Sholat Android