Inilah Beberapa Aplikasi yang Wajib Ada di Windows 10

Aplikasi ibarat tangan dan kaki dalam penggunaan komputer. Jika kalian pengguna Windows 10, pastikan untuk memasang aplikasi yang boleh dibilang wajib berikut ini.

Sebuah komputer tidak akan berguna jika tidak ada aplikasi di dalamnya. Bisa dibilang aplikasi adalah penggerak sebuah komputer.

Windows telah menyajikan berbagai program luar biasa. Walau begitu, pengguna komputer tetap membutuhkan aplikasi tambahan agar kinerja komputer lebih maksimal.

Sistem operasi Windows terbaru saat ini adalah Windows 10. Bagi pengguna Windows 10, pastikan kalian memiliki beberapa aplikasi wajib berikut ini:

Browser Internet: Google Chrome

tampilan dark mode chrome windows
Tampilan mode gelap Chrome Windows 10

Google Chrome adalah browser yang paling banyak digunakan orang. Hal ini karena Chrome menyajikan banyak kemudahan dan kecepatan.

Pengguna bisa mencari gambar dengan mudah di Google. Selain itu, Chrome memiliki berbagai ekstensi menarik yang bisa dipasang di browser.

Download

Penyimpanan Cloud: Dropbox

sumber gambar: Dropbox

Layanan cloud dari Microsoft yang bernama OneDrive, sudah otomatis tersedia. Tapi kalau kamu butuh layanan cloud lain, Dropbox bisa jadi pilihan. Dropbox versi gratis menyediakan penyimpanan sebesar 2GB.

Cara menggunakan Dropbox sangat mudah dan bisa diakses di mana saja. Dengan begitu, kalian dapat membawa file ke mana saja, dan berbagi file dengan orang lain.

Yang menarik, Dropbox memiliki apa yang disebut incremental sync. Ini merupakan proses yang hanya melakukan sinkronisasi pada bagian berkas yang berubah. Jadi tidak seluruh berkas diunggah dan diunduh setiap proses sinkronisasi. Hasilnya, lebih ringan untuk koneksi internet.

Download

Streaming Musik: Spotify

sumber gambar: Spotify | Windows Blog

Komputer tidak hanya digunakan untuk bekerja. Namun perangkat tersebut juga bisa digunakan untuk mencari hiburan, misalnya mendengarkan musik.

Agar lebih mudah, kalian bisa mengunduh aplikasi streaming musik. Dengan aplikasi streaming, kalian tidak perlu membeli album fisik maupun digital.

Salah satu layanan streaming musik yang sedang hits adalah Spotify. Dengan aplikasi ini, kalian bisa mendengarkan musik sepuasnya.

Download

Office Suite: LibreOffice

Sumber Gambar : Ubuntu Handbook

Pengguna Windows 10 tidak akan lepas dari dokumen, presentasi, data, dll. Selama ini program yang digunakan untuk menunjang hal tersebut adalah Microsoft Office.

Microsoft Office selama ini dipandang sebagai aplikasi berbayar. Untuk bisa menggunakan versi asli, maka pengguna harus mengeluarkan uang.

Sebenarnya selain Microsoft Office, kalian bisa menggunakan LibreOffice. Ini adalah versi gratisan dari Microsoft Office yang mencakup Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Access, dll.

Tentu LibreOffice memiliki sedikit perbedaan dengan Microsoft Office. Tapi jika sudah terbiasa, maka kalian tidak akan menemukan masalah saat menggunakannya.

Download

Keamanan: Malwarebytes Anti-Malware

Sumber Gambar : Malwarebytes

Windows 10 dibekali sistem keamanan bawaan bernama Windows Defender. Meski cukup bagus, tapi sebaiknya kalian tetap memasang antivirus sekunder.

Kalian dapat menggunakan aplikasi Malwarebytes. Kalian bisa menggunakan aplikasi versi gratisan maupun berbayar untuk meningkatkan performa.

Download

Screenshot: ShareX

Sumber Gambar : ShareX

Mengambil screenshot Windows memiliki banyak manfaat. Kalian dapat merekam berbagai momen unik, hingga membuat catatan informasi dengan mudah.

ShareX adalah aplikasi screenshot Windows yang dapat kalian coba. Aplikasi ini memiliki banyak metode screenshot, editor bawaan yang kuat, hingga tool tambahan seperti color grabber dan penggaris.

Download

Kompresi dan Ekstraksi File: PeaZip

Sumber Gambar : PeaZip

PeaZip adalah aplikasi kompresi dan ekstraksi file yang ramah pengguna. Aplikasi ini dapat mengekstrak berbagai jenis file.

PeaZip ini memiliki berbagai fitur yang jarang dimiliki aplikasi lain. PeaZip bahkan dapat memperbaiki arsip yang rusak, serta mengonversi format file mereka.

Download

Pesan: Franz

Sumber Gambar : Meet Franz

Aplikasi pesan sangat penting di dalam komputer. Dengan aplikasi tersebut, kalian tetap terhubung dengan orang lain meskipun menggunakan komputer.

Aplikasi yang dapat kalian coba adalah Franz. Aplikasi memungkinkan kalian menambah akun dari berbagai layanan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, Telegram, dll.

Download

More Stories
6 Handphone Jadul yang Mengawali Era Digital Saat ini