Inilah Beberapa Tips Mudah Membuat Foto Instgaramable

Kini ada banyak orang yang mempunyai hobi fotografi. Namun sebagian dari mereka mengaku tidak mempunyai kamera bagus, seperti DSLR.

Mungkinkah kalian ada dalam jajaran orang tersebut? Jika iya, maka jangan khawatir. Sebab hal tersebut kini bukan lagi masalah besar.

Jangan biarkan kendala perlengkapan menjadi penghambat hobi. Sebab, kalian bisa terus mengasah kemampuan fotografi menggunakan smartphone.

Smartphone adalah benda yang selalu dibawa orang kemana saja. Dan berjanjilah, mulai sekarang kalian akan memanfaatkan benda tersebut secara maksimal.

Saat ini banyak smartphone yang menawarkan kamera berkualitas bagus. Dan hal tersebut bisa dimanfaatkan pengguna untuk menghasilkan foto bagus.

Berikut kami akan share beberapa tips sederhana, memotret gambar menggunakan smartphone agar instagramable:

Sumber Gambar : Lokal101 Blog

Susun Daftar Destinasi dan Objek yang Ingin Difoto

Pertama adalah melakukan riset terhadap destinasi liburan. Pilihlah beberapa tempat spesifik yang ingin dikunjungi. Dengan begitu, kalian dapat merancang perjalanan sesuai jadwal dan anggaran.

Selanjutnya, buatlah daftar objek yang ingin difoto. Misal seperti bangunan bersejarah, festival, maupun foto-foto jalanan bebas.

Terapkan Rule of Thirds untuk Komposisi Foto Lebih Baik

Salah satu metode membuat foto bagus adalah menerapkan rule of thirds. Bagi bingkai foto menjadi 3×3, sehingga kalian mempunyai sembilan bagian foto dengan ukuran sama.

Saat akan mengambil foto, tempat objek foto utama di persimpangan antara kisi-kisi, atau searah dengan garis pemisah antarkisi.

Hal ini akan memudahkan orang-orang untuk melihat objek foto utama, dan hasil foto juga terlihat lebih seimbang dibanding menempatkan objek jauh dari garis.

Masukkan Elemen-elemen Kehidupan

Menghasilkan foto yang bagus tentunya tidak cukup. Bila ingin membuat foto yang menarik, maka masukkan elemen-elemen kehidupan dalam foto kalian.

Masukkan โ€˜manusiaโ€™ sebagai elemen foto adalah cara yang paling mudah untuk menarik perhatian. Misal sebuah foto makanan dengan latar polos memang terlihat bagus.

Namun foto tersebut bisa dibuat menjadi lebih bagus, yaitu dengan menempatkan tangan yang sedang meraih makanan terebut.

Perhatikan Pencahayaan

Kamera smartphone tidak sensitif layaknya mata manusia yang dapat melihat dalam remang-remang. Oleh sebab itu, usahakan cahaya yang menerangi objek mencukupi.

Biasanya, hasil foto outdoor akan lebih bagus dibanding indoor. Jangan ragu untuk menggunakan flash saat di dalam ruangan. Yang perlu diperhatikan adalah, jarak efektif flash sekitar 2-3 meter.

[irp posts=”62520″ name=”Inilah 4 Penginapan Instagramable Tersembunyi di Dunia”]

Jangan Gunakan Zoom

Kamera smartphone cenderung memperkecil objek foto. Oleh karena itu, usahakan kalian memotret dari jarak yang cukup.

Dengan begitu, keseluruhan objek bisa memenuhi frame tanpa perlu menggunakan zoom. Sebab zoom justru dapat menurunkan resolusi foto secara keseluruhan. Selain itu, zoom juga bisa membuat foto tidak tajam.

Memotret dari Tempat Tidak Biasa

Foto yang diambil dari sudut biasa, tentu akan menghasilkan foto yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu, cobalah memotret dari suduh yang tidak biasa.

Misal kalian bisa memotret sambil jongkok, kemudian potret gambar dari sudut yang lebih rendah dibanding objek.

Dengan begitu, kalian akan memberi kesan khusus yang tidak biasa dilihat banyak orang. Kalian juga bisa menampilkan foto dari sudut pandang berbeda.

Lakukan Edit Foto Dulu Sebelum Mengunggah

Jangan bagikan semua hasil jepretan kalian ke media sosial. Unggah beberapa foto terbaik dari hasil jepretan yang sebelumnya sudah kalian edit.

Smartphone kini mempunyai beberapa fitur pengolah foto bawaan. Dan fitur tersebut sudah cukup untuk mengedit foto sebelum diunggah ke Instagram.

Selain itu, kalian juga bisa memilih aplikasi edit foto berkualitas. Beberapa aplikasi edit foto yang biasa digunakan untuk edit foto antara lain VSCO Ca, Photoshop Touch, Google Camera, Snapsee, dll.

Beri Efek yang Pas, Jangan Berlebihan

Sebenarnya hal ini bersifat subjektif. Namun menurut beberapa orang, jika foto terlebih banyak diberi filter, maka hasil yang diperoleh justru tidak bagus.

Sebaiknya edit foto dengan tujuan memperkuat kesan foto, bukan untuk menghias foto tersebut. Kalian cukup menggunakan beberapa aplikasi edit foto yang kami sebutkan tadi.

Dalam menggunakan aplikasi tersebut, cukup sesuaikan kontras, vignette, crop, serta tambahkan mood yang membuat foto terlihat lebih keren.

More Stories
Monster Burner: Satu Lagi Game Xbox Gratis
%d blogger menyukai ini: