Inilah Jajaran Apple iPhone 11 Baru Dengan Versi Pro dan Pro Max

apple iphone 11 baru

Apple secara resmi mengumumkan lini smartphone iPhone 11 di Steve Jobs Theatre, Cupertino, pada tanggal 10 September 2019. Lini smartphone baru dari Apple ini meliputi versi iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Seperti yang sudah terlihat pada berbagai foto bocoran, iPhone baru ini memiliki desain tempat kamera belakang yang baru pula. Bentuknya sekarang bujur sangkar dengan sudut melengkung (rounded square).

Seperti apa iPhone baru di tahun 2019 ini? Yuk kita lihat.

iPhone 11

varian warna iPhone 11
iPhone 11 (gambar: Apple)

iPhone 11 hadir dengan layar 6,1 inci Liquid Retina Display, chipset A13 Bionic, dan mendukung Dolby Atmos. Smartphone ini sekarang juga hadir dalam 6 varian warna.

Kamera belakang iPhone 11 tetap menggunakan konfigurasi kamera ganda. Ada kamera wide 12MP dan kamera ultra-wide 12MP. Saat kamu memotret dengan mode ultrawide, aplikasi kamera akan memberi simulasi seperti apa hasilnya nanti. Sistem ini juga berlaku untuk video.

Dari sisi fitur kamera, terdapat Smart HDR yang meningkatkan kejernihan gambar dan warna (termasuk untuk Portrait Mode), Night Mode untuk pemotretan low-light, dan Quick Take untuk merekam video saat memotret foto.

Sedangkan kamera selfie di depan sekarang berkualitas 12MP dan bisa merekam video berkualitas 4K. Kamera selfie ini juga memiliki fitur slo-mo baru.

iPhone 11 memiliki harga mulai $699.

iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

varian warna iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro (gambar: Apple)

Kedua ponsel ini jelas menjadi ponsel unggulan dan versi yang lebih canggih. Yang menarik, Apple menggunakan sistem penamaan baru “Pro” yang sebenarnya sudah banyak dipakai di merk smartphone lain.

Perbedaan di antara kedua model ini salah satunya ada di ukurna layar. Walau sama-sama memiliki layar OLED “Super Retina”, versi Pro memiliki ukuran 5,8 inci, sedangkan versi Pro Max 6,5 inci. Layar ini juga mendukung spacial audio dan Dolby Atmos yang oleh Apple disebut sebagai layar “Super Retina XDR”.

Kedua ponsel ini juga dibekali dengan chipset A13 Bionik. Sedangkan baterai menjadi hal pembeda kedua. Apple memang tidak menyebut secara spesifik. Tapi versi Pro bisa bertahan 4 jam lebih lama dari iPhone XS, dan versi Pro Max bisa bertahan lebih lama 5 jam.

Kedua ponsel ini menjadi iPhone pertama yang memakai konfgurasi 3 kamera belakang. Kamera itu meliputi: Kamera wide 12MP, kamera ultra-wide 12Mp, dan kamera telephoto 12MP.

Kamera iPhone 11 Pro
Kamera iPhone 11 Pro (gambar Apple)

Untuk kedua smartphone yang lebih canggih ini, Apple memperkenalkan fitur Deep Fusion. Sebuah sistem baru untuk pencahayaan rendah. Kamera akan mengambil 9 gambar dan memadukannya untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Dari sisi video, kedua ponsel ini mendukung rekaman gambar berkualitas 4K dengan 60fps di ketiga kamera tersebut. Ketiganya akan mengkalibrasi suhu warna, memetakan nuansa warna, termasuk memperhalus peralihan gambar saat merekam video.

Sedangkan untuk kamera selfie TruDepth di depan, Apple menanamkan kamera berkualitas 12MP dengan fitur Smart HDR. Kamera ini juga mampu merekam video 5K sampai 60fps dan video slo-mo sampai 120fps.

iPhone 11 Pro dan Pro Max akan tersedia dalam 4 pilihan warna, termasuk Midnight Green. Harga iPhone 11 Pro mulai dari $999 dan harga iPhone 11 Pro Max mulai dari $1099.