Inilah Tempat-tempat yang Dapat Membahayakan Smartphone

Smartphone memang benda yang sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan manusia. Sebab semua hal kini serba membutuhkan smartphone.

Dalam hal komunikasi, mencari hiburan, mencari informasi, berbelanja, dan hal lain kini dapat dilakukan dengan smartphone.

Oleh sebab itu, tidak heran bila benda tersebut selalu dibawa kemana pun manusia pergi. Bisa dikatakan bepergian tanpa smartphone, ibarat makan sayur tanpa garam, hambar.

Sayangnya dibalik fungsi yang krusial tadi, sampai saat ini masih ada banyak pengguna smartphone, yang belum paham bahaya menyimpan ponsel di sembarang tempat.

Tempat menyimpan smartphone tidak boleh dianggap remeh. Apalagi jika kalian sering menaruh smartphone di beberapa tempat berikut. Inilah beberapa tempat yang berisiko membahayakan smartphone:

Tempat Tidur

Sumber Gambar : Easy ACC

Tempat tidur adalah tempat yang paling sering digunakan untuk meletakkan smartphone, terlebih saat seseorang akan tidur.

Tidak bisa dipungkiri apabila meletakkan smartphone di tempat tidur sangat nyaman. Karena saat bangun tidur, kalian bisa mengambil smartphone dengan mudah, baik untuk memeriksa jam atau pesan.

Selain itu, ada pula beberapa pengguna smartphone yang hobi mendengarkan musik sebelum tidur. Sebaiknya hal ini bisa dihindari mulai dari sekarang.

Sebab ada kemungkinan kalian akan menjatuhkan smartphone. Hal ini tentu bisa menyebabkan smartphone rusak. Apalagi jika tempat tidur kalian mempunyai jarak jauh dari lantai.

Ada pula penelitian lain yang mengatakan, bahwa smartphone juga bisa mempengaruhi kualitas tidur jika diletakkan terlalu dekat.

Di Dalam Jok / Bagasi Motor

Saat bepergian, mungkin kantong celana atau baju yang digunakan tidak muat untuk smartphone. Dan jok motor adalah alternatif untuk menyimpan smartphone selama bepergian.

Menyimpan smartphone di dalam bagasi motor memang hal yang sangat praktis. Sayangnya, hal tersebut justru bisa membuat komponen smartphone cepat rusak.

Hal ini dikarenakan suhu dalam jok motor sangat panas, karena mesin yang ada di bawahnya. Inilah yang akan membuat komponen smartphone mengalami overheat berlebih.

[irp posts=”62591″ name=”5 Alasan Mengapa Harga Smartphone Dibanderol Mahal”]

Meletakkan Smartphone Terlalu Dekat dengan Alat Elektronik Lain

Sumber Gambar : Berita Center

Ini adalah hal yang paling sering ditemui, yaitu meletakkan smartphone di atas alat elektronik lain, seperti laptop.

Hal tersebut kerap menjadi pilihan utama, terlebih bagi mereka yang punya kepentingan bisnis tertentu. Atau bagi mereka yang punya kebutuhan untuk mengakses kedua perangkat tersebut dengan cepat.

Walaupun begitu, kalian sebaiknya berpikir dua kali untuk melakukannya. Sebab setiap perangkat elektronik menghasilkan radiasi elektromagnetik yang bisa merusak satu sama lain.

Saku Celana / Baju

Sumber Gambar : Tech Radar

Salah satu tempat andalan untuk menyimpan smartphone adalah di saku, baik saku celana maupun di saku pakaian.

Beberapa hal akan terjadi jika kalian terlalu sering menyimpan smartphone dalam saku. Salah satunya kamera smartphone berpotensi untuk tergores. Terlebih jika saku tersebut berbahan jeans yang punya tekstur kasar.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa terlalu lama menyimpan smartphone di saku celana, bisa mempengaruhi kesuburan seseorang baik pria maupun wanita.

Tidak ada yang melarang menaruh smartphone dalam saku celana, terlebih dalam keadaan mendesak. Namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan lebih dar 3 jam sehari. Agar tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Menyimpan Smartphone di Tempat Basah atau Lembab

Saat musim hujan, biasanya semua tempat akan terasa lembab dan basah. Apabila kalian menemukan tempat semacam itu, sebaiknya hindari meletakkan smartphone di atasnya. Hal ini bisa merusak smartphone karena kelembaban terlalu tinggi.

More Stories
3 Problematika Umum pada Komputermu dan Cara Mengatasinya
%d blogger menyukai ini: