Inilah Tips Supaya Akun Game Kalian Aman dari Pencurian

Video game memang menyenangkan, oleh sebab itu tidak heran jika mereka digemari banyak orang. Namun tidak selamanya bermain video game itu aman, terlebih game online.

Kalian akan menemukan banyak penjahat yang lebih kejam di dunia internet. Sebab mereka bisa mencuri semua informasi pribadi dan bahkan meneror kalian.

Mungkin kalian sudah merasa ahli dalam bidang teknologi karena mampu merakit PC, memasukkan kabel HDMI dengan benar, atau bahkan sudah bisa membuat software sendiri.

Namun diluar itu, masih ada beberapa hal yang patut kalian perhatikan, terlebih saat bermain game online. Hal tersebut mengenai keamanan akun kalian.

Tentunya kalian tidak ingin menjadi korban pencurian akun, kemudian kalian digunakan untuk pencucian uang atau hal negatif lainnya bukan?

Nah, berikut kami akan share beberapa trik supaya hal tersebut tidak terjadi. Berikut tips mengamankan akun game dari tindak pencurian:

Sumber Gambar : The Independent

Buatlah Password yang Susah

Mempunyai password yang mudah ditebak seperti, ‘password123’, ‘09081999’ memang lebih mudah dilacak orang lain.

Membuat password yang sulit ditebak, dan hanya kalian sendiri yang mengetahuinya adalah cara yang bagus untuk mengatasi hal ini.

Kalian dapat menggunakan password rumit seperti, ‘Kndfs1723DmnjdfHD99284373.’ Dan usahakan setiap password berbeda di setiap akun. Hal ini bertujuan agar password semakin susah ditebak.

Download Password Manager

Mempunyai password yang rumit memang tidak selalu menjadi solusi terbaik. Sebab akan ada kemungkinan dimana kalian lupa password tersebut.

Misal kalian membuat password kuat seperti, ‘Kndfs1723DmnjdfHD99284373.’ Tentu password semacam ini akan sulit diingat.

Oleh karena itu, kalian butuh password manager supaya lebih mudah dalam mengatur password. Kini banyak software yang menawarkan layanan tersebut seperti Zoho Vault, True Key, LogMeOnce, dll.

Setting Privasi

Beberapa orang mungkin suka berkenalan dengan orang luar untuk mendapat pengalaman baru. Namun beberapa dari mereka juga merasa enggan untuk berkenalan dengan orang luar.

Oleh karena itu, setting privasi akun game kalian supaya tidak sembarang orang bisa membacanya. Misal kalian hanya membuka informasi tersebut kepada keluarga, atau teman dekat di kampus dan sekolah saja.

Selain itu, kalian juga bisa menyembunyikan nama asli. Hal ini dapat dilakukan baik di Xbox, PlayStation dan juga Steam.

[irp posts=”62191″ name=”Inilah 4 Modus Penipuan yang Wajib Diketahui Oleh Gamer”]

Jangan Pernah Cantumkan Informasi Pribadi

Memasuki dunia virtual seperti internet memang harus serba waspada. Sebab banyak kejahatan mengintai di luar sana.

Tidak terkecuali teman-teman online. Kalian tidak pernah tau mereka benar-benar orang baik atau bukan. Siapa tahu mereka mempunyai niat jahat dibalik kedok baiknya.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah cantumkan informasi pribadi dalam game. Seperti memberi tahu nama kota, nama asli, nama orang terdekat, keluarga, informasi bank, nomor telepon, hingga tanggal lahir asli.

Selain itu, jangan pernah cantumkan foto tempat yang biasa kalian kunjungi dan alamat rumah. Sebab hal ini tidak hanya membahayakan akun, namun juga bisa membahayakan hidupmu.

Aktifkan Two-Factor Authentication

Apabila semua cara diatas sudah dilakukan, maka kini kalian bisa mengaktifkan ‘Two-Factor Authentication.’

Two-Factor Authentication merupakan sebuah fitur yang bisa mengindentifikasi, apakah kalian adalah pemilik akun asli atau tidak.

Biasanya ada sebuah software di smartphone atau sistem, yang akan mengirim kode melalui email atau langsung ke smartphone.

Software tersebut terhubung dengan akun kalian. Dan hanya kalian sebagai pemilik aslinya yang bisa memasukkan kode saat login akun game dimana saja. Sementara cara kerja email juga hampir sama dengan kode dari software.

More Stories
Lowlight Foto Lumia 920 vs Xperia Z1