Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Instagram Kamu Kena Hack? Pakai Cara Ini Untuk Mengatasinya

Tidak peduli seberapa bagus kata sandi kalian, akun Instagram tetap bisa kena hack. Jika hal itu terjadi, kalian dapat menggunakan cara ini untuk memperbaikinya.

Kasus peretasan akun Instagram memang menakutkan. Selain bisa mengganggu privasi orang, akun Instagram juga bisa disalahgunakan beberapa orang tidak bertanggung jawab.

Pertanda peretasan akun Instagram bisa muncul dari berbagai cara. Bisa jadi kata sandi diganti oleh hacker, atau tiba-tiba ada posting yang tidak biasa muncul.

Biasanya, Instagram akan memberitahu ketika ada yang masuk di perangkat yang tidak biasa, atau ketika ada perubahan dalam akun. Ketika hal itu terjadi, kamu harus segera waspada, memeriksa, dan mengambil tindakan. Terutama kalau kamu tahu persis bahwa itu bukan kamu.

Sumber Gambar : YouTube

Mengubah Kata Sandi Instagram

Jika hacker hanya mengubah kata sandi (belum mengganti email), maka kalian bisa mengembalikan kata sandi tersebut. Caranya yaitu mengatur ulang kata sandi.

  • Buka aplikasi Instagram di smartphone.
  • Tap menu โ€˜Forgot Password?โ€™.
Sumber Gambar : Makeuseof
  • Ikuti petunjuk di layar dengan memasukkan ID email
  • Buka email verifikasi untuk mengubah kata sandi.
  • Buatlah kata sandi baru, dan pastikan kata sandi itu kuat. Jangan gunakan kata sandi yang sebelumnya pernah digunakan.

Cabut Semua Akses ke Aplikasi Mencurigakan

Pemakaian aplikasi yang tidak jelas, biasanya dapat menimbulkan masalah. Tidak jarang hal ini bisa mempengaruhi kinerja aplikasi lain.

Bisa jadi akun Instagram kalian kena hack, karena pemakaian aplikasi abal-abal. Berikut cara mengatasinya:

  • Buka akun Instagram via web.
  • Buka bagian โ€˜Profileโ€™ Instagram.
Sumber Gambar : Makeuseof
  • Klik ikon Gear dan pilih โ€˜Authorized Appsโ€™.
  • Setelah itu kalian bisa melihat daftar aplikasi dan hapus aplikasi yang tidak penting.

Mengembalikan Akun Instagram yang Diretas

Biasanya peretas ada yang mengubah semua pengidentifikasi. Jika sudah begitu, maka mendapatkan akun Instagram akan jauh lebih sulit.

Yang bisa kalian lakukan adalah bertindak cepat. Terlebih saat menerima email notifikasi dari Instagram, berisi pemberitahuan bahwa kata sandi dan email sudah diubah.

Dalam email tersebut, kalian akan menemukan tautan โ€˜Revert this changeโ€™ atau โ€˜Reset your passwordโ€™. Misal kata sandi tidak diotorisasi oleh kalian, maka klik tautan tersebut.

Setelah dikirimkan, tim keamanan Instagram akan menghubungi kalian. Tim akan meminta kalian melakukan verifikasi identitas.

Kalian harus mengambil foto diri dengan memegang kertas. Dalam kertas tersebut, tulis kode yang dikirim Instagram menggunakan tulisan tangan.

Tidak hanya itu, kalian juga harus menentukan perangkat mana yang akan digunakan untuk mendaftar. Misal kalian memilih iPhone, smartphone Android, iPad, dll.

Setelah proses tersebut selesai, tunggulah tim keamanan selesai melakukan pengujian. Jika proses telah selesai, mereka akan mengkonfirmasi hal tersebut.

Setelah itu kalian akan mendapat email pemberitahuan dari Instagram. Email tersebut berisi pemberitahuan bahwa pemulihan akun telah berhasil.

More Stories
CCPlayer: Player Video Berbagai Format