Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Instagram Reels Sekarang Dukung Stiker “Add Yours” dan Fitur Baru Lainnya

Indri Penulis

Instagram Reels akhirnya dapat fitur baru, salah satunya adalah dukungan stiker “Add Yours” seperti yang ada di Instagram Story.

Reels adalah salah satu fitur yang paling diprioritaskan Instagram tahun ini. Hal itu disampaikan langsung Instagram di awal tahun, tepatnya ketika pemimpin Instagram Adam Mosseri membeberkan apa saja yang bakal jadi fokus utama Instagram tahun ini.

popculture.id

Strategi Instagram dalam memprioritaskan Reels tentu bukan tanpa sebab. Sejak awal fitur ini diciptakan untuk menyaingi TikTok. Dengan memanfatkan basis pengguna Instagram yang memang sudah sangat besar, Instagram ingin menciptakan ‘kloningan TikTok’ tapi dengan penambahan berbagai fitur yang mungkin tidak ada di TikTok.

Salah satu langkah yang diambil Instagram untuk memberdayakan TikTok adalah dengan menambahkan dukungan stiker Instagram Story ke fitur tersebut. Pada bulan Juni 2022, Instagram menambahkan dukungan stiker polling, kuis dan juga emoji slider ke Reels.

Agustus 2022 ini, Instagram kembali memboyong fitur Instagram Story ke Reels. Dalam postingan terbaru Adam Mosseri, ia menyebutkan setidaknya ada 3 fitur baru yang hadir ke Reels yakni stiker “Add Yours,” IG-to-FB Crossposting dan FB Reels Insights.

Sekarang mari kita bahas satu per satu fitur tersebut. Fitur yang pertama adalah stiker “Add Yours.” Seperti yang kita tahu, “Add Yours” telah menjadi fitur utama yang mewarnai tren dan postingan populer di Instagram. Tapi sayangnya selama ini stiker tersebut hanya bisa dinikmati di Story.

Sekarang kamu bisa menambahkan stiker “Add Yours” di Instagram Reels. Selain itu, juga akan ada tautan atribusi dengan stiker “Add Yours.” Dengan begitu, kalau ada konten Reels yang viral, maka pencetus tren tersebut akan menerima kredit yang pas. Tapi tautan atribusi ini bisa dimatikan kalau misalnya kamu menginginkan privasi kok.

Cara menggunakan fitur ini juga gampang. Saat kamu merekam video di Reels, kamu cukup klik ikon Sticker yang ada di bagian atas layar, kemudian pilih stiker “Add Yours” untuk menambahkannya ke dalam video Reels.

Lanjut ke fitur kedua yakni IG-to-FB Crossposting. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan crosspost Reels ke Facebook. Tapi sebelum itu, kamu wajib menautkan akun Instagram ke Facebook ya. Sebelumnya, fitur crossposting sebenarnya sudah ada di Instagram, tapi cuma bisa dipakai buat posting foto.

Sementara itu untuk fitur yang terakhir, kamu bakal ketemu sama FB Reels Insights. Jadi ini adalah fitur yang memungkinkan kamu melihat jangkauan, waktu tonton rata-rata, total waktu nonton, dll, postingan Reels-mu di Facebook ‘langsung dari Instagram.’ Fitur ini cocok banget buat kamu kalau sedang mencoba membangun branding di media sosial.

Walau kehadiran ketiga fitur baru ke Instagram Reels ini disambut baik, tapi nggak bisa dipungkiri kalau beberapa minggu ini Instagram telah mengalami waktu yang sulit. Platform ini banyak diprotes pengguna karena mereka merasa kecewa dengan algoritma Instagram (yang lebih banyak merekomendasikan postingan orang tidak dikenal, daripada postingan orang yang diikuti oleh pengguna).

    %d blogger menyukai ini: