Instagram Uji Coba Fitur “Feed Vertikal” Mirip TikTok untuk Tab Explore

Instagram kedapatan uji coba fitur feed vertikal ala TikTok untuk tab Explore. Jadi.. Benar-benar “nggak mau kalah” sama TikTok nih?

TikTok telah menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh selama 18 bulan terakhir. Bahkan popularitasnya kian melonjak, khususnya di kalangan pengguna yang usianya lebih muda.

Meski aplikasi-aplikasi lain satu per satu mulai mencomot fitur yang ada di TikTok, tapi hal tersebut tak membuat posisi TikTok di hati penggemar goyah sedikit pun.

Bahkan ketika Instagram meluncurkan fitur Reels yang mirip banget dengan TikTok, orang-orang masih betah-betah saja memakai TikTok.

Tapi sepertinya Instagram masih nggak mau ‘ngalah.’ Demi mempertahankan penggunanya biar nggak hijrah ke TikTok, Instagram sepertinya ingin kembali menghadirkan fitur anyar ‘yang lagi-lagi’ mirip TikTok.

Dilansir dari Social Media Today, baru-baru ini peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi, mengunggah cuitan di Twitter yang mengatakan kalau Instagram saat ini tengah menguji coba fitur konten feed vertikal bergaya TikTok untuk tab Jelajahi/Explore.

Seperti yang dijelaskan Paluzzi, dalam uji coba tersebut, bagian Explore akan tetap seperti biasa sampai kamu mengetuk postingan tersebut. Saat kamu melakukannya, postingan itu akan diperluas ke layar penuh baru (tampilannya jadi seperti Reels).

Kalau postingannya berupa beberapa foto, bentuknya jadi mirip Instagram Stories. Kamu bisa mengetuk postingan ke kiri atau kanan untuk melihatnya.

Kamu bisa mengetuk panah kembali di sudut kiri atas layar untuk kembali ke daftar Explore biasa. Atau sebagai gantinya, kamu bisa swap ke atas untuk pindah ke postingan selanjutnya milik orang lain di  umpan Explore.

Gimana menurutmu, mirip banget sama TikTok kan? Kalau kamu pribadi, lebih suka tampilan Instagram yang sekarang, atau yang versi uji coba guys?

Kalau saya pribadi sih, jujur lebih suka tampilan Instagram yang sekarang (alias yang apa adanya). Instagram kan sudah punya fitur Reels yang mirip TikTok. Fitur itu juga sudah dibikinkan tab khusus di Instagram. Jika Instagram jadi merilis fitur yang saat ini mereka uji coba, menurut saya itu bakal menghilangkan keunikan Instagram nantinya.

Hm, itu cuma pendapat saya sih.

%d blogger menyukai ini: