Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Instagram Uji Fitur Repost Buat Bagikan Konten ke Timeline Sendiri

Indri Penulis

Instagram tengah menguji coba fitur “Repost” untuk Feed. Dengan fitur ini pengguna bisa repost konten orang lain ke timeline mereka sendiri.

Kabar ini pertama kali diungkapkan oleh Matt Navarra lewat postingan Twitter-nya. Namun pengamat media sosial lainnya, Alessandro Paluzzi, berhasil menemukan fakta yang lebih langkap. Paluzi mengatakan kalau fitur tersebut sebenarnya sudah dikembangkan sejak bulan Mei 2022.

popculture.id

Instagram sendiri telah mengonfirmasi kabar tersebut dengan situs TechCrunch. Instagram mengatakan kalau “Repost” adalah cara baru untuk memboyong konten milik orang lain ke timeline sendiri.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya fitur ini agak mirip dengan Retweet yang ada di Twitter. Fitur tersebut juga mirip dengan Reshare yang ada di Facebook dan Tumblr.

Ya, aktivitas membagikan postingan orang lain supaya bisa dilihat oleh pengikut sendiri memang bukan hal baru, apalagi buat pengguna Instagram.

Selama ini pengguna Instagram sudah dibekali kemampuan untuk membagikan postingan ke orang lain. Hanya saja, konten tersebut cuma bisa dibagikan via DM dan Instagram Story. Belum ada fitur untuk membagikan konten milik orang lain ke timeline sendiri.

Sekarang dalam proses uji coba, pengguna bisa membagikan konten orang lain ke timeline mereka dengan bebas. Pengguna juga nggak perlu lagi mengambil screenshot untuk bisa share konten tersebut ke orang lain. Cukup pakai fitur “Repost,” konten tersebut bakal langsung muncul ke timeline dan bisa dilihat oleh followers.

“Kami sedang menjajaki kemampuan untuk membagikan ulang postingan ke Feed – mirip dengan cara Anda membagikan ulang ke Stories – sehingga orang bisa membagikan apa yang mereka suka, dan kreator asli tetap dihargai atas karya mereka,” kata Siene Kim, juru bicara dari Meta kepada The Verge.

Lebih lanjut, Siene Kim mengatakan kalau pihaknya akan melakukan uji coba ke sebagian pengguna. Dan untuk sementara ini, uji coba fitur tersebut belum tersedia secara umum.

Di sisi lain selain fitur repost ke timeline sendiri, Instagram sepertinya juga telah memodifikasi opsi berbagi lintas platform-nya. Temuan ini terlihat di aplikasi Instagram iOS dan dibeberkan oleh situs The Verge. Sekarang pengguna akan melihat tombol berbagi ke Snapchat, Messenger dan WhatsApp, sebelum berbagi kiriman langsung ke DM.

    %d blogger menyukai ini: