Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Instagram Uji Format Foto Layar Tinggi Supaya Mirip dengan Konten Reels

Indri Penulis

Instagram tengah menguji coba format foto layar penuh agar mirip dengan konten yang ada di Reels. Simak ulasan ini untuk tahu detilnya.

Desain baru Instagram akhir-akhir ini mungkin menimbulkan banyak kontroversi. Mayoritas pengguna Instagram merasa jengah dengan algoritma baru Instagram.

popculture.id

Pasalnya algoritma tersebut justru dianggap menghancurkan estetika Feed Instagram yang sebenarnya. Feed yang dulu hanya diisi oleh postingan terbaru orang yang diikuti, sekarang malah jadi terasa asing karena dipenuhi postingan orang-orang yang nggak dikenal.

Banyaknya pengguna yang melakukan protes (termasuk protes dari Kim Kardashian dan Kyle Jenner) membuat Instagram kewalahan, dan akhirnya menyerah. Beberapa waktu lalu, Instagram mengumumkan bahwa mereka akan mengembalikan desain Feed seperti semula tapi secara bertahap.

Walau desain platform-nya penuh kontroversi, tapi hal tersebut tidak menyurutkan niat Instagram untuk fokus mengembangkan konten ‘layar penuh.’

Dilansir dari The Verge, selama sesi Ask Me Anything baru-baru ini, CEO Instagram Adem Mosseri mengonfirmasi bahwa Instagram akan mulai menguji format foto layar penuh 9:16 ‘dalam satu atau dua minggu’ lagi.

Anda dapat memiliki video layar penuh, tapi anda tidak bisa memiliki foto layar penuh di Instagram. Jadi kami pikir, mungkin kami harus memastikan bahwa kami memperlakukan keduanya dengan setara,” kata Mosseri.

Seperti yang kita tahu, saat ini ukuran foto maksimal di Instagram adalah 4:5 (menampilkan gambar vertikal yang sudah dipangkas). Dengan hadirnya dukungan 9:16, nantinya foto Instagram akan terlihat lebih ramping dan juga tinggi. Hal ini juga akan membuat foto terlihat penuh di layar ketika pengguna menggulir feed aplikasi.

Sementara itu, desain ulang Feed Instagram yang seperti TikTok sering dikritik oleh beberapa fotografer karena memaksa semua foto yang ditampilkan dalam format 9:16 malah terlihat canggung.

Selain itu desain Feed yang juga menambahkan gradien overlay ke bagian bawah postingan sehingga teks akan lebih mudah dibaca juga berbenturan dengan tampilan foto asli.

Selama pengujian desain ulang Instagram yang kontroversial, Mosseri mengakui kalau pengalaman layar penuh memang kurang ideal untuk foto. Walau begitu Mosseri mengatakan kalau Instagram masih tetap berniat untuk mengembangkan tampilan itu sampai benar-benar sempurna.

    %d blogger menyukai ini: