Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Instagram Uji Fitur Mirip BeReal Bernama “IG Candid”

Indri Penulis

Instagram kabarnya sedang menguji fitur mirip BeReal bernama “IG Candid.” Wah, pengguna ‘wajib’ unggah foto asli tanpa filter dong!

Kabar terbaru ini datang dari leaker Alessandro Paluzzi. Dalam keterangannya, Paluzzi mengatakan jika Instagram tengah mengerjakan fitur pesaing BeReal yang bernama “IG Candid.”

Sebagai bukti, Paluzzi turut mengunggah gambar ke akun Twitter-nya. Gambar tersebut memperlihatkan fitur IG Candid yang sepertinya sedang diuji coba.

Dalam gambar tangkapan layar, kamu bisa lihat pesan yang kalau diterjemahkan kurang lebih, “Tambahkan IG Candid lain ke story tray-mu. Setiap hari di waktu yang berbeda, dapatkan notifikasi untuk mengambil dan membagikan Foto dalam 2 menit.”

Sejak beredarnya kabar tersebut, Instagram nggak diam begitu saja. Mereka langsung menghubungi berbagai outlet media dan mengatakan kalau fitur tersebut benar-benar nyata. Instagram juga menambahkan jika fitur tersebut kini sedang diuji coba secara internal.

Sampai sekarang, belum diketahui kapan Instagram akan meluncurkan fitur tersebut. Tapi kalau popularitas BeReal makin meningkat, bisa jadi Instagram akan mempercepat waktu peluncuran IG Candid.

Ngomongin soal BeReal, sebenarnya BeReal bukan aplikasi seumur jagung. Aplikasi yang akhir-akhir ini viral itu sudah rilis sejak 2020. Tapi waktu itu nasib BeReal nggak jelas dan bisa dibilang merana.

Hingga akhirnya di tahun 2022, aplikasi tersebut secara ajaib mampu meraih popularitas yang gemilang. Bahkan BeReal ini berhasil menduduki posisi nomor satu di bagian Aplikasi Gratis Teratas di App Store (di Amerika).

Baca Juga:  Keren! Instagram Sediakan Cara Beli Barang Langsung Lewat DM

Lalu apa yang membuat BeReal menarik sampai-sampai raksasa sekelas Instagram tertarik ‘mencontek’ fiturnya?

Jadi BeReal bisa dibilang kebalikan dari Instagram. Di Instagram pengguna seolah didorong untuk memanfaatkan filter sehingga menyembunyikan wajah mereka yang asli (yang buluk bisa jadi cantik/ganteng). Sedangkan BeReal menantang pengguna mengambil foto secara spontan setiap hari di waktu berbeda ‘tanpa filter.’

Dalam pengambilan foto, BeReal menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Sehingga nanti hasil yang didapatkan adalah 2 gambar sekaligus. Yakni gambar bagian depan (foto selfie) dan pemandangan di belakang kamera. Jadi kelihatan kamu lagi ngapain.

Nggak cuma itu, BeReal juga memungkinkan pengguna saling berinteraksi dengan foto masing-masing. Karena konsepnya ‘real’ alias ‘no tipu-tipu,’ aplikasi ini sangat diminati banyak orang (khususnya orang yang mau cari jodoh via medsos, hehehe).

Yah karena konsepnya yang unik itu, Instagram sampai kecantol sama BeReal dan akhirnya bikin fitur IG Candid. Kita tunggu saja kapan fitur tersebut rilis, dan apakah ia akan berhasil atau tidak.