Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Cara Install Windows 10 Mobile di Xiaomi Mi4 4G LTE

Seperti kita tahu, Microsoft membuat ROM Windows 10 mobile untuk smartphone Xiaomi Mi4, dan kabarnya, Windows 10 mobile ini juga akan tersedia untuk Xiaomi Mi 5.

Meskipun ROM Windows 10 mobile untuk Xiaomi Mi4 sudah sejak bulan Desember 2015, namun kami baru sempat mencobanya kemarin, dan di artikel ini, kami akan mengulas bagaimana cara install Windows 10 mobile di Xiaomi Mi4 dan performa nya setelah 24 jam penggunaan.

popculture.id

Untuk informasi, ROM Windows 10 mobile yang tersedia saat ini hanya tersedia untuk Xiaomi Mi4 yang sudah mendukung 4G LTE. Buat kalian pengguna Xiaomi Mi4 yang masih 3G (WCDMA), sebaiknya menunggu ROM nya tersedia.

Cara Install Windows 10 mobile

Untuk melakukannya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

  1. Backup file kalian.
  2. Pastikan Xioami Mi4 sudah terisi baterai penuh.
  3. Pastikan kalian sudah terdaftar sebagai member Insider.
  4. Download tool MiFlash (klik di sini). Jika sudah selesai download, silakan install. Tool MiFlash tidak bisa berjalan di sistem operasi Windows 10 PC, jadi gunakan versi Windows 7 saja.
  5. Download ROM Windows 10 mobile (klik disini). Setelah selesai, lakukan ekstrak.
  6. Aktifkan USB Debugging pas Xiaomi Mi4.

Jika semuanya sudah tersedia, maka kalian sudah siap untuk menginstall Windows 10 mobile  Xiaomi Mi4. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Colokkan Xiaomi Mi4 ke PC menggunakan kabel data.
  2. Buka command promtp (cmd) di PC dan masuk ke directory tempat tool  MiFlash di install. Contoh: C:Program Files (x86)XiaomiMiPhoneGoogleAndroid dan tekan enter.
  3. Ketikkan adb reboot edl.
  4. Biasanya layar ponsel akan blank, jangan khawatir, itu normal.
  5. Setelah itu, nyalakan kembali ponsel untuk flashing ROM Windows 10 mobile.
  6. Buka tool MiFlash yang ada di PC dan klik tombol ‘Refresh’ untuk menghubungkan Mi4 ke PC.
  7. Jika tidak ada masalah, kalian akan melihat status device ada di port ‘COMxxx’
  8. Pada kotak pemilihan direktori (C:/…) klik dan cari dimana folder kalian melakukan ekstrak ROM Windows 10 mobile. Pilih folder tersebut.
  9. Setelah itu di tool MiFlash, silakan tekan tombol Flash dan proses flashing akan berlangsung.
  10. Jika berhasil, maka Xiaomi Mi4 kalian akan terinstall Windows 10 mobile.

Performa

Jika kalian sebelumnya pernah melihat video Xiaomi Mi4 berjalan mulus di blog lain, hal tersebut tidak kami rasakan sepenuhnya. Meskipun perpindahan antar aplikasi cukup smooth, namun ada bug yang bagi saya cukup fatal yang ada di Windows 10 mobile Xiaomi Mi4 ini. Oh ya, saya menggunakan build Insider terbaru versi .107.

Bug yang saya rasakan adalah seringnya resuming saat kembali ke home screen. Saya bahkan harus merestart ulang ponsel untuk mengembalikan ke posisi normal. Selain itu performa beberapa aplikasi, terutama aplikasi chat tidak selancar saat saya menggunakan Lumia 1520. Perlu diingat, spesifikasi hardware dari Xiaomi Mi4 tidak jauh berbeda dengan Lumia 1520, jadi alasan hardware tentu bukan alasan jika performa Windows 10 mobile di Xiaomi Mi4 lebih lambat dibanding di Lumia 1520.

Selain itu masih ada beberapa bug yang saya temui, namun semua itu masih bisa ditelorir. Hanya dua bug di atas yang membuat saya kurang nyaman menggunakan Windows 10 mobile di Xiaomi Mi4.

Ada sedikit hal berbeda pada tiga tombol fisik yang ada di Windows 10 mobile. Jika di Lumia kita melihat berurutan dari kiri tombol back -> home -> search, di ponsel Xiaomi Mi4, tombol tersebut menjadi search -> home -> back, menyesuaikan dengan desain dari ponsel tersebut.

ROM Windows 10 mobile Xiaomi Mi4 membawa dua aplikasi bawaan khas negeri Tiongkok, yaitu aplikasi chat QQ dan Nearby Number.

Kesimpulan

Jika saya merekomendasikan Windows 10 mobile build .107 sudah layak digunakan untuk penggunaan harian di Lumia 1520, maka rekomendasi sebaliknya pada Windows 10 mobile yang berjalan di Xiaomi Mi4. Dua bug di atas sudah cukup mengganggu kenyamanan dalam menggunakan ponsel ini sebagai ponsel utama. Namun jika kalian hobi ngoprek, apa salahnya untuk mencoba.

Kalian sudah mencoba Windows 10 mobile di Xiaomi Mi4? berikan pengalaman kalian melalui kolom komentar.

    %d blogger menyukai ini: