NVIDIA Studio Hadirkan Integrasi AI dan Akselerasi GPU di Aplikasi Kreatif

Pada bulan April 2021, NVIDIA menghadirkan pembaruan pada NVIDIA Studio Driver, yang menunjang aplikasi kreator konten paling mutakhir di seluruh ekosistem NVIDIA Studio.

Bayangkan optimalisasi yang biasa hadir di komputer gaming untuk berbagai game, tapi ini untuk aplikasi kreatif, seperti untuk aplikasi editor video DaVinci Resolve, aplikasi fotografi Adobe Lightroom, dan lain-lain.

Nah, pada pembaruan terbaru ini, terdapat banyak hal baru. Misalnya platform Omniverse, integrasi AI untuk aplikasi Notch dan OBS Studio, dan penambahan dukungan berbagai aplikasi kreatif lain.

Platform NVIDIA Omniverse

NVIDIA Omniverse adalah sebuah platform terbuka berbasis akselerasi RTX yang dibangun untuk kolaborasi virtual dan simulasi real-time yang akurat. Platform ini memiliki beberapa fitur dan aplikasi seru.

Omniverse Connector memungkinkan kreator bekerja di beberapa aplikasi sekaligus, mulai dari membuat komposisi sampai memvisualisasikan adegan. Misalnya bekerja di Autodesk 3D Max, Maya, dan Unreal Engine. Perlengkapan simulasi dan teknologi AI di Omniverse juga memungkinkan pembuatan obyek seperti api, asap, air, atau animasi obyek lain dengan lebih cepat.

Kemudian, ada pula aplikasi Audio2Face. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi neural network NVIDIA untuk membuat ekspresi wajah 3D yang realistis beserta gerakannya yang sesuai dengan track audio percakapan.

NVIDIA juga bekerja sama dengan Reallusion untuk membuat Character Creator 3 (CC3) Connector. Aplikasi ini menjembatani aplikasi 3D dengan CC3 di platform Omniverse. Dengan begitu kreator bisa membuat simulasi animasi dengan berbagai bentuk, tekstur, atau aksesori lain secara lebih mudah.

Terakhir, ada aplikasi Omniverse Create. Aplikasi ini memungkinkan seniman 3D membuat komposisi adegan dan simulasi dalam bentuk gambar atau film secara langsung dan akurat, dalam format Universal Scene Description (USD) dari Pixar.

Integrasi AI untuk Notch dan OBS Studio

Dalam kesempatan yang sama, NVIDIA juga merilis NVIDIA Maxine, sebuah platform kolaborasi virtual berbasis AI. Platform ini memungkinkan aplikasi lain memberikan fitur yang lebih canggih, seperti menghilangkan gema dan gangguan suara, menambah latar virtual, dll.

Nah, ada dua aplikasi yang mendapat fitur ini.

Yang pertama adalah Notch, aplikasi untuk motion graphic dan visual effect interaktif. Dengan integrasi Maxine, Notch memungkinkan pengguna melacak gerakan dan menerapkan efek visual pada penampil secara langsung.

Yang kedua, OBS Studio mendapatkan fitur menghapus gangguan suara. Jadi ketika kamu merekam atau melakukan streaming, kamu tidak mendapat gangguan suara, seperti ketikan keyboard atau sinyal statis mikrofon.

Pembaruan di Aplikasi Lain

NVIDIA mengumumkan kalau aplikasi kreatif akan secara otomatis mendapat akselerasi dari GPU melalui aplikasi GeForce Experience. Hanya dengan satu kali klik pengguna bisa mendapat stetelan paling optimal untuk berbagai aplikasi, seperti DaVinci Resolve atau Adobe Lightroom. Secara total, ada 34 aplikasi yang mendapat dukungan ini.

Selain itu, aplikasi Topaz Denoise AI dan Topaz Sharpen AI juga mendapat peningkatan performa lewat akselerasi Tensor Core. Lalu aplikasi Autodesk Arnold juga mendapat peningkatan performa rendering sampai 6x dengan GPU NVIDIA RTX.

Nah, silakan cek aplikasi GeForce Experience atau halaman NVIDIA Driver untuk mendapat pembaruan ini.

%d blogger menyukai ini: