Intel Optane Memory H20: Peranti Gabungan RAM dan SSD Untuk Laptop

intel optane h20

Intel melakukan terobosan dengan mengumumkan Intel Optane memory H20, sebuah komponen hybrid yang menggabungkan RAM dan SSD menjadi satu.

Perangkat teknologi memang semakin hari semakin ringkas dan padat. Kini kita bisa membawa komputer canggih dengan mudah dalam bentuk laptop. Bahkan kini laptop canggih kelas gaming pun sudah tidak setebal dulu.

Perkembangan ini sebenarnya sudah bisa kita bayangkan walau mungkin tidak tahu wujudnya seperti apa. Sekarang Intel berusaha membuat komponen RAM dan SSD lebih ringkas lagi.

Melalui situs resmi, Intel menyatakan kalau mereka menggabungkan teknologi Intel Optane dan Intel QLC 3D NAND menjadi satu komponen memori-penyimpanan M.2 2280. Penggabungan ini dibuat untuk platform yang memakai prosesor Intel Core generasi 11.

intel optane memory h20 gabungan RAM dam SSD

Komponen berbasis M.2 ini berfungsi di berbagai perangkat, mulai dari laptop dengan platform Intel EVO sampai komputer desktop tradisional. Termasuk juga perangkat komputer all-in-one dan mini-PC.

Intel menyebutkan kalau komponen hybrid ini memberikan performa dan responsivitas yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah, bila dibandingkan dengan teknologi generasi yang lalu.

Mengingat bentuk komponen penyimpanan kini berupa SSD (solid state drive), bukan lagi berbentuk piringan atau HDD (hard disk drive), mungkin perkembangan ini memang wajar.

Tentu dengan memperingkas komponen, tidak terpisah, efisiensi bisa lebih dioptimalkan dan juga menyediakan ruang yang lebih lega di dalam komputer. Ya, lebih lega (untuk komponen lain misalnya sistem pendingin) atau komputer itu sendiri semakin ringkas.

Intel menyebutkan kalau Intel Optane memory H2O dengan SSD akan tersedia untuk OEM (manufaktur perangkat) mulai tanggal 20 Juni 2021.

%d blogger menyukai ini: