Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

iPad Air 2022: iPad Air dengan Spesifikasi Terkuat yang Pernah Ada

Indri Penulis

Tablet iPad Air 2022 resmi diumumkan. iPad Air 2022 menyajikan spesifikasi chipset M1, dukungan 5G, kamera depan dengan Center Stage, dll.

Maret ini Apple sukses menyelenggarankan acara tahunan Apple Event “Peek Performance.” Ada banyak produk baru yang mereka pamerkan. Contohnya seperti ponsel terbaru iPhone SE 2022, varian warna baru untuk iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, Apple Mac Studio, M1 Ultra, hingga tablet iPad Air 2022.

Namun kali ini saya nggak akan membahas mereka secara detil. Saya cuma akan fokus ke iPad Air 2022, perangkat ini diklaim sebagai tablet iPad Air terkuat dan paling serbaguna yang pernah ada.

Wah, kedengarannya ngeri juga ya iPad Air 2022. Bikin penasaran saja, kira-kira bagaimana spesifikasi yang ditawarkan iPad Air 2022 ya? Kok dia sampai dicap ‘iPad Air’ terkuat yang pernah ada.

Fitur dan Spesifikasi iPad Air 2022

Fitur utama dari iPad Air 2022 adalah chipset Apple M1 yang dipakainya. Pasalnya dengan chipset tersebut, kinerja iPad Air 2022 hampir setara dengan iPad Pro (walau secara tradisi Apple, iPad Air punya lebih sedikit RAM). Chipset ini juga memungkinkan pengalaman AR yang lebih realistis dari iPad Air lainnya.

Pembaruan lain yang dihadirkan oleh iPad Air 2022 termasuk bagian kameranya. iPad Air 2022 hadir dengan kamera depan ultrawide dengan fitur Center Stage. Fitur ini sangat berguna pas video call, sebab mampu membuat si pengguna tetap berada di tengah, walaupun mereka sedang bergerak.

Bagaimana dengan kamera belakangnya? Tablet ini hadir dengan kamera belakang 12MP yang dibikin lebih canggih dari versi sebelumnya.

Sementara itu, iPad Air 2022 masih menggunakan layar Liquid Retina berukuran 10,9” seperti pendahulunya. Layar tersebut mampu menyajikan kecerahan 500 nits, dukungan True Tone, dan dibekali lapisan anti-reflektif.

Untuk fitur lainnya, iPad Air 2022 dibekali port USB-C super cepat dengan kemampuan transfer data hingga 10Gbps. Tablet ini juga dibekali speaker stereo lanskap, serta fitur Touch ID yang terpasang di tombol Home.

iPad Air 2022 menjalankan iPadOS 15.4 yang mendukung fitur Universal Control. Fitur tersebut memungkinkan pengguna bekerja dengan satu mouse dan keyboard, lalu berpindah antara Mac dan iPad untuk pengalaman mulus tanpa pengaturan. Pengguna bahkan bisa drag and drop konten antar perangkat (contoh kamu bikin sketsa dengan Apple Pencil di iPad, terus menempatkannya dalam slide Keynote di Mac).

Tablet iPad Air 2022 hadir dalam varian warna Space Grey, Starlight, Pink, Purple, dan Blue. Tablet model 5G dibanderol mulai dari harga $599 untuk penyimpanan 64GB. Sedangkan yang model Wi-Fi+5G dibanderol mulai dari $749.

iPad Air 2022 juga mendukung Apple Pencil generasi kedua seharga $129, Magic Keyboard seharga $299, Smart Keyboard Folio $179, dan sampul tablet Smart Folio seharga $79 (datang dalam varian warna Black, White, Electric Orange, Dark Cherry, English Lavender dan Marine Blue).