Berbagai Istilah Di Dunia Game Yang HARUS Diketahui Gamer Pemula

Apa kamu suka tidak paham dengan beberapa istilah yang kamu baca atau dengar waktu lagi main game? Berarti kamu noob πŸ˜†. Nah, supaya nggak bingung, di sini ada beberapa istilah gaming yang harus kamu ketahui.

Ya, main game alias gaming memang sudah sejak lama jadi budaya tersendiri. Seperti budaya lainnya, dunia game punya bahasa sendiri, yang sering sulit dipahami orang biasa. Kadang mereka yang baru mulai main game bingung dengan istilah-istilah itu.

Walau mungkin beberapa komunitas game β€” sesuai game yang mereka mainkan β€” memiliki kata ajaib yang berbeda, ada beberapa istilah yang umum. Inilah yang layak kamu ketahui.

AAA

Istilah AAA merujuk pada kategori game kelas satu alias berkualitas tinggi. Jenis game ini biasanya hadir dari studio besar (Ubisoft, Bethesda, dll) dan dikembangkan dengan dana besar. Tidak jarang, game AAA menawarkan pengalaman bermain yang inovatif dengan dukungan teknologi terkini.

AFK

Istilah AFK merupakan kependekan dari “Away From Keyboard.” Pada umumnya istilah ini menggambarkan kalau si pemain sedang tidak aktif.

Bots

Bots berasal dari kata robot. Dengan kata lain, bots adalah sesuatu yang diprogram untuk berjalan otomatis. Biasanya di game multiplayer online, ketika seorang pemain mendadak tidak aktif (entah karena internet terputus atau AFK), game akan menggantikan si pemain dengan bots sehingga permainan tetap bisa berjalan.

Buff

Buff adalah istilah yang menggambarkan peningkatan kemampuan dari karakter di dalam game. Entah itu kekuatan serangan, kekuatan bertahan, kecepatan bergerak, dll. Buff merupakan kebalikan dari nerf.

Camping

Camping adalah istilah yang menggambarkan pemain yang diam pada satu posisi saja di dalam game. Biasanya mereka bersembunyi, lalu menyergap pemain lain secara mendadak. Kadang, camping sering dianggap main aman dan pasif, berlawanan dengan roaming yang bergerak ke berbagai tempat.

Clan

Clan adalah istilah untuk kelompok di dalam sebuah game. Istilah ini kadang disebut juga dengan guild. Istilah clan biasanya hadir dalam permainan multiplayer kompetitif dan memiliki poin tersendiri bila kita memang. Tergantung game yang dimainkan, clan bisa punya syarat untuk bergabung dan peraturan sendiri dalam bermain.

Cooldown

Cooldown merupakan istilah untuk durasi waktu yang diperlukan untuk sebuah kemampuan (jurus/skill) dari karakter game untuk bisa dipakai lagi. Biasanya semakin dahsyat kemampuan itu, semakin lama pula cooldown-nya.

Crafting

Crafting merujuk pada kegiatan membuat sesuatu dari berbagai benda yang kita kumpulkan di dalam game. Bisa berupa senjata, armor, potion (ramuan/obat) atau elemen permainan lainnya.

Crossover

Crossover biasanya menggambarkan kolaborasi dari dua waralaba berbeda dalam satu kejadian. Bisa antar game, game dengan film, atau lainnya. Biasanya sebagai ajang promosi satu dengan lainnya. Misalnya, di game Monster Hunter: World ada crossover yang menghadirkan karakter dari Devil May Cry, Street Fighter, Megaman, dan Resident Evil 2.

monster hunter world & street fighter crossover
Monster Hunter: World X Street Fighter

DLC

DLC adalah kependekan dari downloadable content. Artinya konten di dalam game yang merupakan tambahan di samping konten utama. Misalnya ketika ada event yang akan berlangsung di game dan membawa cerita baru, karakter baru, senjata baru, dll. Ada DLC yang berbayar, ada pula yang gratis.

DRM

DRM merupakan singkatan dari Digital Rights Management. Istilah ini mewakili sistem yang melindungi hak intelektual di game.

Easter Egg

Easter egg adalah istilah yang menunjukkan sesuatu yang tersembunyi β€” entah fitur atau pesan β€” di dalam game. Kadang easter egg menampilkan pesan yang lucu atau sebuah penghargaan (tribute) untuk waralaba lain.

FPS

FPS merupakan singkatan dari First-Person Shooter. Biasanya istilah ini dipakai untuk menggambarkan penampilan permainan yang tampak dari sudut pandang karakter yang kita mainkan. Karakter itu sendiri tidak terlihat, paling hanya nampak tangan yang memegang senjata. Bedakan istilah ini dengan fps yang merujuk pada frame-per-second.

Gacha

Gacha adalah istilah yang merujuk sistem undian di dalam game. Misalnya ketika kamu mencapai level tertentu, kamu akan mendapat kotak bonus yang berisi sesuatu yang acak. Bisa karakter baru dengan tier tertentu, senjata, armor, dll.

Glitch

Glitch adalah istilah untuk masalah teknis yang muncul di dalam game. Biasanya masalah itu seperti karakter yang bergerak atau tampil secara aneh. Misalnya nyangkut di tembok.

Grinding

Grinding merujuk pada tindakan pemain untuk mengulang-ulang hal tertentu demi mendapatkan atau meningkatkan sesuatu. Misalnya di game RPG, pemain mengulang area tertentu untuk bisa melawan monster dan mendapat XP atau material.

HP

HP merupakan singkatan dari Health Point atau Hit Point. Dengan kata lain “darah” yang dimiliki karaktermu. Tentu saja, kalau HP karaktermu habis, ia akan mati.

HUD

HUD merupakan singkatan dari Head Up Display. Istilah ini merujuk pada tampilan grafis yang ada di layar permainan. Misalnya kotak HP, jumlah koin, peta, status, dll.

K/D

K/D merupakan singkatan dari Kill Death ratio atau perbandingan membunuh dan mati. Dengan kata lain, K/D mengukur performa permainanmu. Kalau kamu punya rekor membunuh 8 kali dan mati hanya 2 kali, berarti kamu lumayan jago.

Lag

Lag merujuk pada jeda yang ada di permainan. Terutama ketika kamu melakukan sesuatu dan ada keterlambatan aksi dari karaktermu. Misalnya ketika kamu menembak, ada jeda antara ketika kamu menekan tombol dan karaktermu melakukan tembakan. Hal ini biasanya muncul karena masalah koneksi internet, walau bisa juga karena pemrograman yang buruk.

MMORPG

MMORPG merupakan singkatan dari massively multiplayer online role playing game. MMORPG merupakan sub genre dari RPG dan merujuk pada permainan dengan banyak pemain hadir secara bersamaan di dunia yang sama. World of Warcraft atau Black Desert Online merupakan contohnya.

MP

MP adalah singkatan dari Magic Point atau Mana Point. Istilah ini merujuk pada energi yang bisa kamu pakai untuk menggunakan sihir atau jurus atau kemampuan khusus lain dalam game. Biasanya hadir di game RPG dan ada di dekat kotak HP.

Nerf

Nerf adalah istilah untuk pengurangan kemampuan karakter di dalam game. Entah itu kekuatan serangan, kekuatan bertahan, kecepatan bergerak, dll. Nerf adalah kebalikan dari buff.

Noob

Kamu 😜. Noob β€” kadang disebut juga newb, newbie, n00b β€” merupakan istilah untuk menyebut anak baru atau orang yang baru saja memainkan sebuah game. Biasanya juga dipakai untuk mengejek pemain yang tidak jago atau melakukan banyak kesalahan.

NPC

NPC adalah singkatan dari non-player character. Dengan kata lain, karakter yang ada di game tapi tidak dikontrol olehmu atau oleh pemain lain. NPC biasanya punya fungsi yang sudah ditentukan atau tidak punya fungsi sama sekali.

mungkin NPC paling ngetop

Ping

Ping adalah istilah yang mengukur kecepatan transfer data antara perangkatmu dan server (mengirim dan menerima). Semakin rendah tingkat ping semakin cepat pula respon dalam permainan. Ping yang tinggi akan menyebabkan lag.

PvE

PvE merupakan singkatan dari Player versus Environtment. Artinya kamu melawan karakter yang dikontrol oleh komputer, bukan pemain lain. Hal ini berbeda dengan PvP.

PvP

PvP merupakan singkatan dari Player versus Player. Artinya kamu bermain melawan pemain lain. Dengan kata lain manusia lawan manusia. Tentunya ini berlawanan dengan PvE.

RNG

RNG adalah kependekan dari Random Number Generator. Istilah ini merujuk pada elemen di dalam game yang muncul atau menghasilkan sesuatu yang tidak selelu sama. Misalnya elemen gacha.

RPG

RPG merupakan singkatan dari Role Playing Game. RPG merupakan salah satu dari genre game. Di game ini biasanya kamu bermain sebagai sesosok karakter yang bisa kamu atur dan kembangkan sepanjang permainan. Biasanya game RPG memiliki unsur cerita dan petualangan yang kental.

Sandbox

Sandbox adalah istilah yang merujuk pada jenis permainan dengan sistem dunia terbuka tanpa akhir tertentu. Pemain biasanya bebas melakukan apa pun sesuai keinginannya. Minecraft adalah contoh game sandbox paling populer.

Tier

Tier merujuk pada kelompok tingkatan atau level di dalam game. Biasanya istilah ini dipakai untuk menunjukkan level karakter, senjata, armor, dll. Namun bisa juga dipakai untuk mengelompokkan kategori pemain di dalam game multiplayer (untuk membedakan yang sudah pengalaman dan yang masuh noob).

XP

XP merupakan singkatan dari Experience Points. Istilah ini merujuk pada perkembangan karakter yang kamu mainkan di dalam game. Biasanya, semakin tinggi nilai XP, kemampuan karaktermu akan semakin tinggi pula. Bisa punya kemampuan baru, memakai senjata dan armor yang lebih baik, dll.

%d blogger menyukai ini: