Jangan Takut Tersesat ke Jakarta Dengan WIndows Phone

Penulis ingin sharing pengalaman penulis ke Jakarta untuk pertama kalinya. Hanya dengan bantuan Windows Phone, penulis seperti sudah mengenal jakarta sejak lama.

Niat berawal dari pengen mengajak anak penulis yang baru berusia 3 tahun mengunjungi tempat wisata anak di jakarta, mumpung dia masih tinggal di bandung untuk beberapa tahun kedepan. Penulis mengajak istri dan anak ke jakarta dengan tujuan Ancol, penuli menggunakan kereta api parahyangan berangkat dari stasiun bandung pukul 5 pagi dan tiba pukul 8 pagi di staisun gambir.

Selama di kereta penulis menggunakan aplikasi trans jakarta untuk mencari transportasi ke ancol dari stasiun gambir, ternyata aplikasi menunjukkan ada dua halte bus trans jakarta di gambir, tapi dengan aplikasi trans jakarta penulis memutuskan bahwa rute terdekat ke ancol adalah melalui halte gambir 2.

Aplikasi Dengan Detail Menunjukkan Rute Menuju Ancol
Aplikasi Dengan Detail Menunjukkan Rute Menuju Ancol

Aplikasi dengan detail menunjukkan rute menuju ancol dari jakarta, halte-halte mana saja yang akan di lewati sampai halte dimana akan turun untuk ganti bis trans jakarta.  Berapa halte yang akan dilewati sebelum turun juga sangat berguna, penulis bisa lebih waspada di bus agar bisa segera bersiap-siap menjelang halte pemberhentian.

Permasalahan penulis rasakan setibanya di stasiun gambir adalah dimana letak koridor gambir 2, tapi dengan bantuan aplikasi Here City Lens penulis ternyata dengan mudah menemukan posisi  halte Gambir 2.

Jangan Takut Tersesat ke Jakarta Dengan WIndows Phone
Untuk Mencari Lokasi Halte Bisa dipilih Kategori Transportation di Here City Lens
Mencari Halte Trans Jakarta dengan Here City Lens
Mencari Halte Trans Jakarta dengan Here City Lens

Cara menggunakan aplikasi Here City Lens cukup mengaktifkan aplikasi dan mengarahkan kamera sampai kita menemukan tempat yang diinginkan.  Selama di jakarta penulis juga dengan mudah menemukan lokasi makan, penginapan dan tempat ibadah dengan aplikasi Here City Lens. Jika ingin lebih detail, kita tinggal sentuh gambar gambir 2 di aplikasi Here City Lens, maka kita akan diberikan detail peta menuju kesana via aplikasi Here Maps. Dengan Here Map penulis tinggal berjalan ke arah yang ditunjukkna Here City Lens, lalu di Here Map penulis bisa lihat proges perjalanan penulis dari Dot Hijau di layar.

Here City Lens Mengintegraqsikan diri ke Here Map
Here City Lens Terintegrasi ke Here Map

Sesampainya di Ancol penulis dengan mudah mencari lokasi-lokasi permainan di ancol menggunakan kombinasi Here City Lens dan Here Maps.

Mencari berbagai lokasi menarik dengan Here City Lens
Mencari berbagai lokasi menarik dengan Here City Lens
Mencari Lokasi Permainan di Ancol Menggunakan Here Maps
Mencari Lokasi Permainan di Ancol Menggunakan Here Maps

Ternyata jalan-jalan dijakarta tidaklah sulit dengan mengandalkan device Windows Phone, bahkan buat yang pertama kali mengunjungi Jakarta seperti penulis.  Apalagi aplikasi Here Maps di smartphone tidak perlu menggunakan akses internet sama sekali, sehingga baterai bisa dihemat.  Smartphone Windows Phone penulis sendiri mampu tetap hidup dari malam sebelum keberangkatan di full charge hingga malam jam 11.  Itupun dengan tetap terkoneksi ke social media facebook-twitter dan aplikasi chating semacam whatsapp-line (untuk kirim-kirim foto narsis penulis ke teman), plus intens foto dan menggunakan aplikasi Here Maps, Here City Lens dan Trans Jakarta.

Sekarang jangan takut tersesat ke Jakarta dengan Windows Phone!!

 

    %d blogger menyukai ini: