Mengenal Jenis Aksesoris Lensa Kamera Untuk Handphone

aksesoris kamera handphone dari moment
Foto: Moment

Salah satu aksesoris handphone yang banyak dicari oleh penggemar fotografi adalah lensa kamera. Tapi kalau kamu baru saja terjun ke bidang ini, kamu perlu mengenalnya lebih jauh. Di sini kami membahas beberapa jenis aksesoris lensa kamera handphone.

Ada sebuah pertanyaan mendasar. Kenapa aksesoris lensa kamera dibutuhkan di handphone? Karena lensa kamera handphone memiliki keterbatasan. Dengan ukuran bodi tipis, handphone tidak bisa memiliki konfigurasi lensa seperti kamera biasa.

Untungnya, terdapat aksesoris tambahan untuk ini. Kalau kamera biasa bisa diganti lensanya, di handphone kamu menambahkan lensa lain di depan kamera. Jadi, mari kita lihat.

Lensa Makro

aksesoris lensa makro kamera handphone olloclip

Lensa makro (foto: Olloclip)

Lensa makro adalah lensa yang membantu kamu memotret extreme close-up (jarak ekstra dekat) dan membuat obyek foto yang kecil tampak lebih besar. Misalnya yang sering kamu lihat pada foto serangga, bunga, mainan (yang tampak seukuran manusia), dll.

Lensa Wide

lensa wide blackeye

Lensa wide (Foto: Blackeye)

Lensa wide akan membantumu menangkap gambar lebih luas atau lebar. Jadi lebih banyak obyek di sekitar obyek utama yang bisa masuk dalam bingkai foto.

Biasanya wide-angle lens ini sering dipakai untuk foto arsitektur, pemandangan, atau untuk menekankan perbedaan obyek utama dengan lingkungan sekitar. Selain itu lensa wide biasanya memiliki diafragma lebih kecil sehingga bisa untuk mengambil foto dengan ruang tajam lebih sempit (alias efek bokeh). Salah satu “bahaya” dari lensa wide adalah bisa membuat distorsi pada gambar obyek. Dalam jarak tertentu, obyak di bagian pinggir bisa melengkung.

BACA JUGA
Belajar Fotografi? Gunakan Simulasi Supaya Lebih Mudah

Lensa Fish Eye

lensa fish eye blackeye

Lensa fish eye (foto: Blackeye)

Lensa fish eye pada dasarnya merupakan lensa yang ultra-wide. Begitu lebar sampai distorsi lengkungan membentuk lingkaran (terlihat cembung). Hasil foto lensa ini biasanya memang unik. Tidak sedikit yang hobi bereksperimen dengan lensa ini.

Lensa Tele

lensa tele blackeye

Lensa tele (foto: Blackeye)

Lensa tele adalah lensa yang akan membantumu memotret jarak jauh. Lensa ini akan membuat obyek tampak lebih dekat darak sebenarnya. Pada kamera DSLR biasanya akan sering kamu temui pada fotografer yang memotret pertandingan bola.

Biasanya, lensa tele memiliki ukuran yang panjang. Jadi mungkin kamu butuh dudukan atau aksesoris pendukung lain untuk melengkapinya.

BACA JUGA
Tips Fotografi Menggunakan Handphone

Keempat lensa di atas merupakan jenis lensa yang umum. Biasanya sebagian besar merk aksesoris lensa kamera handphone hampir pasti memilikinya. Ada juga merk yang membuat versi combo alias gabungan lensa di atas.

Beberapa merk populer untuk aksesoris lensa kamera handphone adalah Olloclip, Moment, Blackeye, Sandmarc, Aukey, dll. Dalam hal ini, iPhone lebih banyak punya pilihan menarik. Dukungan untuk handphone Android lebih terbatas. Bukannya jarang, tapi pilihan dari merk terkenal lebih sedikit.

Ada komentar?