Mengenal Jenis Notifikasi iOS di iPhone

setelan notifikasi iphone
Anom Penulis

Kalau kamu masih terhitung baru sebagai pengguna iPhone, mungkin ada baiknya kamu mengenal lebih jauh jenis notifikasi atau pemberitahuan di iOS. Dengan begitu, kamu bisa mengatur seperti apa notifikasi yang muncul dari berbagai aplikasi.

Ya mungkin kamu merasa tidak perlu mengatur pemberitahuan. Namun kalau kamu merasa ada notifikasi yang tidak perlu muncul di suatu tempat, mengenalnya akan memudahkan pengaturan yang ingin kamu lakukan.

Jenis Pemberitahuan iPhone

Kita bisa melihat notifikasi berdasar tempat kemunculannya. Di iPhone, pemberitahuan aplikasi ini bisa muncul di beberapa tempat sekaligus. Notifikasi bisa muncul di Layar Terkunci (Lock Screen), Pusat Pemberitahuan (Notification Center), sebagai Spanduk (Banner), dan juga Tanda (Badges).

Di samping itu, pemberitahuan juga bisa terbagi berdasar tingkat kepentingan yang kamu atur. Bisa Pengiriman Segera atau Ringkasan Terjadwal.

Notifikasi di Layar Terkunci

Layar Terkunci bisa menampilkan pemberitahuan yang aktual (misalnya yang sensitif waktu), terjadwal (dikelompokkan pada waktu tertentu), atau notifikasi lama dari Pusat Pemberitahuan.

Beberapa pemberitahuan dari aplikasi yang sama bisa masuk dalam satu kelompok. Kamu bisa membukanya untuk melihat pemberitahuan itu atau jika ingin segera menghapusnya..

Notifikasi di Layar Kunci akan sesuai untuk pemberitahuan yang penting. Jadi begitu kamu mengangkat iPhone, kamu bisa segera melihatnya.

Notifikasi di Pusat Pemberitahuan

Pada dasarnya tampilan notifikasi di Pusat Pemberitahuan serupa dengan di Layar Terkunci. Kamu bisa mengaksesnya dengan menggeser ke bawah dari pinggir atas di Layar Utama, atau menggeser ke atas dari pinggir bawah di Layar Terkunci.

Kalau kamu ingin menerima notifikasi yang tidak terlalu penting tapi kamu tetap ingin menerimanya, tempat ini jelas cocok. Namanya juga Pusat Pemberitahuan. Jadi kamu bisa mengeceknya sesuai keinginanmu.

Notifikasi Spanduk

Spanduk (Banner) adalah pemberitahuan yang muncul di bagian atas layar dan mengijinkanmu berinteraksi dengannya. Misalnya menjawab pesan WhatsApp. Tapi tergantung juga pada pengaturanmu.

Ada dua pengaturan untuk notifikasi Spanduk jika kamu mengaktifkannya. Kamu bisa mengatur pemberitahuan spanduk aplikasi muncul Sementara atau Tetap.

Jika memang ada pemberitahuan dari aplikasi yang benar-benar penting, notifikasi Spanduk jelas merupakan pilihan tepat. Karena kamu akan melihat dan bisa berinteraksi dengannya (jika Tetap).

Tanda (Badges)

Tanda (Bagdes) adalah pemberitahuan dalam bentuk longkaran merah di pojok ikon aplikasi. Biasanya Tanda juga menunjukkan berapa jumlah aktivitas baru di aplikasi bersangkutan.

Tanda notifikasi ini berguna jika kamu punya banyak aplikasi dan sering mengosongkan Pusat Pemberitahuan, tapi tetap ingin tahu aplikasi yang punya aktivitas baru.

Pengaturan Notifikasi iPhone

Kamu bisa mengatur notifikasi melalui halaman Pengaturan. Namun, kamu harus mengatur notifikasi aplikasi secara terpisah. Tidak bisa sekaligus.

Jadi kamu bisa buka Pengaturan > Pemberitahuan, lalu pilih aplikasi bersangkutan. Kemudian silakan pilih notifikasi itu akan muncul di mana, dengan suara atau tidak, dan dengan Tanda atau tidak,

Kamu juga bisa mengatur notifikasi aplikasi apakah muncul segera atau terjadwal. Pada awalnya semua notifikasi akan tampil segera. Jika ingin mengatur sesuai jadwal, silakan baca artikel soal Ringkasan Terjadwal untuk mengetahui lebih jauh.

Nah, itulah jenis notifikasi di iPhone beserta cara mengaturnya. Silakan cek iPhone milikmu dan atur jika kamu ingin pemberitahuan yang lebih tertata. Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: