Capres Amerika Joe Biden Kampanye di Game Animal Crossing

Ada-ada saja metode kampanye ‘zaman now.’ Seperti yang terjadi pada capres Amerika Joe Biden di mana dia kampanye via game Animal Crossing.

Negara yang baru-baru ini jadi sorotan adalah Amerika Serikat. Sebab dalam hitungan hari lagi, negara Adidaya ini akan menggelar pesta demokrasi terbesar, yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Selain debat, cara lain untuk menggaet hati masyarakat AS tentu adalah kampanye. Baru-baru ini, salah satu capres, Joe Biden membuat trobosan unik dalam mengkampanyekan dirinya.

Bukannya kampanye virtual lewat aplikasi video conference, Joe Biden justru memilih game Animal Crosssing sebagai media kampanyenya. Waduh, seperti apa jadinya?

Joe Biden Kampanye di Animal Crossing

Beberapa waktu lalu, Biden kedapatan meluncurkan sebuah lapangan kantor virtual di Animal Crossing: New Horizons. Pemain pun dapat mengunjungi area tersebut.

Tujuan Biden meluncurkan kantor virtual adalah untuk menjangkau lebih banyak pemilih AS. Bahkan ketika mereka ada dalam game Animal Crossing.

Sumber Gambar : The Verge

Kantor virtual ini ada di sebuah pulau yang diberi nama ‘Biden HQ.’ Di tempat ini, pendukung Biden atau masyarakat AS lainnya bisa terhubung dan tahu lebih dalam soal kampanye ala Biden.

Pulau Biden HQ benar-benar dirancang dengan cermat dan memperhatikan detail lho. Saat pemain tiba di alun-alun pulau, pemain akan melihat sebuah bendera kota berlogo ‘Team Joe.’

Menariknya, ada banyak selebaran kampanye yang bertebaran di sekitar pulau. Pemain bisa menemukan selebaran ini di jalan-jalan, sampai persimpangan beraspal.

Seluruh pulau pun dibuat menyerupai taman hiburan virtual bertema Biden. Di sana ada kios es krim, kereta model, sampai merchandise kampanye eksklusif dalam game. Wah, kreatif banget ya.

Punya Dua Area Utama

Sumber Gambar : The Verge

Pulau ini punya dua area utama. Area pertama adalah ‘rumah’ kampanye Biden. Namun ini bukanlah rumah Biden seperti yang asli, melainkan dibuat seperti ‘kantor lapangan.’

Saat masuk, kantor tersebut terlihat penuh dengan berkas kampanye. Ada cangkir kopi yang diletakkan di atas meja. Ada pula komputer, laptop dan kotak pamflet.

Sumber Gambar : The Verge

Salah satu ruangan dibuat menjadi toko merchandise. Sedangkan ruangan lain diberi nama “Joe’s Train Town,” yang dipakai untuk memajang lusinan model kereta api, transportasi favorit Biden.

Sumber Gambar : The Verge

Di lantai atas, ada dua ruangan. Ruangan pertama ditempati Biden, dan yang satunya lagi untuk cawapresnya Kamala Harris. Uniknya, ada poster Biden muda dan logo Universitas Howard, almamater Harris.

Sumber Gambar : The Verge

Beralih ke area kedua. Area ini dibuat seperti tempat pemungutan suara lengkap dengan bilik-biliknya. Saat masuk ke area itu, ada iklan besar-besaran untuk situs web Democratic National Committee’s “I Will Vote.”

Sumber Gambar : The Verge

Website itu akan memberikan informasi lengkap soal pemungutan suara. Oya, area ini juga menyediakan daftar ‘Electric Day,’ yang menginstruksikan pemain untuk memutuskan apakah mereka akan memberikan suara lewat surat atau secara langsung.

Satu lagi yang tidak kalah unik dari Biden HQ. Di pulau ini pemain bakal melihat sosok Biden yang berjalan-jalan. Pemain juga bisa foto selfie dengan Biden. Lalu saat pemain berbicara dengan Biden, dia akan menjawab ‘Tidak ada omong kosong!’ Hahaha lucu ya.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Biden kampanye lewat Animal Crossing. September lalu, Biden pernah meluncurkan tanda pekarangan resmi Biden-Harris dalam game.

Wah, sepertinya orang-orang di Indonesia bisa meniru cara kampanye seperti Biden. Selain lebih aman (tidak melanggar protokol kesehatan), cara ini juga sangat unik dan tentunya anti mainstream.

Hayukk! Siapa yang mau coba kampanye seperti ini?

%d blogger menyukai ini: