Joyoshare VidiKit: Satu Aplikasi Edit Video Dengan Banyak Fungsi

Anom Penulis

Kalau kamu mencari tools lengkap untuk mengolah video, ada satu aplikasi yang boleh kamu coba. Aplikasi Joyoshare VidiKit menawarkan berbagai alat, seperti Converter (mengubah format), Cutter (memotong), Joiner (menggabungkan), Repair (memperbaiki), Compressor (mengecilkan ukuran file video), sampai Screen Recorder (merekam layar) dan Media Player.

Yah, saat ini video memang menjadi konten utama yang banyak beredar di media sosial. Jadi tidak heran kalau aplikasi edit video banyak dicari. Namun tidak semua orang bisa memakai aplikasi edit video yang rumit.

Salah satu hal yang menarik dari Joyoshare VidiKit ini adalah aplikasi tersebut memilah tool yang ada secara terpisah. Sehingga kamu tidak pusing dengan banyaknya tombol di dalam aplikasi.

Kalau kamu ingin mengubah format video, ya kamu tinggal pilih Joyoshare Video Converter di aplikasi ini. Begitupun untuk fungsi lain.

aplikasi joyoshare vidikit

Fitur Joyoshare VidiKit

Supaya bisa lebih paham tool yang ada di aplikasi ini, mari kita tengok sedikit apa yang ada di dalamnya. Kamu bisa melihat fitur utama aplikasi di sidebar. Pilih salah satu untuk melihat alat apa yang ada di dalamnya.

Convert

Di dalam kategori Convert, ada empat tool tersedia. Ada Video Converter, Video Cutter, Video Joiner, dan Video Compressor. Ya, kategori ini berhubungan dengan segala sesuatu untuk mengolah file video.

Video Converter akan membantumu mengubah format video satu ke yang lain. Misalnya dari mp4 ke mkv. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuka tool ini, meletakkan video yang mau kamu ubah, pilih format dan setelan lain, lalu klik ‘convert.’ Menariknya, kalau mau kamu juga bisa mengedit video terlebih dulu.

Video Cutter berfungsi seperti namanya, yaitu memotong durasi video. Di sini kamu bisa memotong durasi secara presisi dengan menentukan waktu mulai dan waktu akhir. Walau begitu, kamu juga bisa memakai tuas geser untuk itu. Sayangnya, untuk fungsi yang relatif sederhana, tampilannya cukup rumit.

Video Joiner juga berfungsi seperti namanya. Tool satu ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu. Walau tampilannya cukup sederhana, namun kita tidak melihat susunan video seluruhnya di time frame. Jadi agak susah mengatur momen jika berpikir soal transisi.

Video Compressor jelas berfungsi untuk melakukan konpresi pada berkas video sehingga memiliki ukuran lebih kecil. Tampilan tool ini sesederhana fungsinya. Namun, kemampuan kompresi video tool ini cukup handal.

Record

Di dalam kategori ini, ada dua tool tersedia. Screen Recorder untuk merekam layar dan Voice Recorder untuk merekam suara. Keduanya memiliki fitur yang cukup lengkap.

Pada Screen Recorder, misalnya, kamu bisa mengatur luas bidang layar yang ingin direkam, termasuk menunjukkan cursor, dan menentukan shortcut agar bisa merekam lebih mudah. Sedangkan pada Voice Recorder, kamu bisa menentukan sumber input dan melakukan edit (memotong durasi) jika sudah selesai. Tool ini berfungsi seperti yang dijanjikan.

Repair

Tool ini berguna untuk memperbaiki video. Ada dua alat, yaitu Video Repair dan Watermark Wizard. Video Repair akan membantumu membenahi file video yang rusak. Sementara Watermark Wizard akan membantumu menambah atau menghapus watermark pada file gambar dan video.

Other

Di bagian Other, terdapat 3 tool lain, yang bisa kita sebut sebagai bonus. Ada Media Player, HEIC Converter, dan LivePhoto Converter.

Media Player dari Joyoshare VidiKit ini punya tampilan bagus dan punya fitur yang sering kita butuhkan. Misalnya Snapshot untuk mengambil tangkapan gambar dari video, dan Subtitle untuk teks terjemahan yang bisa kita atur.

Sedangkan fitur HEIC Converter dan LivePhoto Converter akan berguna mengubah format gambar yang biasanya ada dari iPhone ke format lain. Seperti dari LivePhoto ke GIF.

Aplikasi Multifungsi

Seperti bisa kamu lihat, Joyoshare VidiKit ingin menjadi satu aplikasi yang bisa menangani banyak hal. Kadang hal ini bisa terasa berlebihan, terutama karena ketika kita membuka salah satu tool, alat itu akan membuka jendela aplikasi baru. Jadi seperti aplikasi di dalam aplikasi.

Tapi toh fitur yang mereka tawarkan memang menarik dan berguna. Kalau kamu memang membutuhkan banyak tool dari satu aplikasi, Joyoshare VidiKit boleh kamu pertimbangkan.

Contoh Penggunaan

Ini salah satu contohnya. Kamu bisa merekam permainan (record game) dengan fitur Screen Recording. Kamu bisa memberi komentar saat merekam, atau melakukan rekaman komentar secara terpisah dengan Voice Recorder.

Kemudian, video hasil rekaman itu bisa kamu potong durasinya atau pilah jadi klip pendek dengan Video Cutter. Setelah itu ya tinggal kamu upload.

Nah, kalau kamu mau mengirimnya ke ponsel temanmu, kamu bisa menggunakan Video Compressor untuk memperkecil ukuran file video sebelum mengirim. Jadi bisa lebih cepat dan lebih enak kalau temanmu melihatnya pakai data seluler.

Unduh Joyoshare VidiKit

Aplikasi ini merupakan aplikasi komersial (berbayar). Namun, ada versi Trial yang bisa kamu gunakan untuk mencoba kebolehan aplikasi ini. Lalu aplikasi ini juga tersedia baik untuk komputer berbasis Windows atau macOS.

Untuk komputer Windows, aplikasi ini bisa kamu pakai pada sistem operasi Windows XP atau yang lebih baru dengan RAM minimal 1GB (direkomendasikan 2GB atau lebih). Kemudian siapkan kapasitas penyimpanan bebas sebesar 1GB untuk semua fiturnya.

Sedangkan untuk komputer Mac, aplikasi ini bisa kamu gunakan pada Mac OS X 10.8 atau yang lebih baru. RAM yang dibutuhkan adalah sekitar 512MB (1GB atau lebih direkomendasikan).

Persyaratan spesifikasinya nggak berat kan? Nah, kalau berminat, silakan lihat info lebih jauh di situs resmi.

    %d blogger menyukai ini: