Kalibrasi Baterai Macbook Supaya Tetap Maksimal

Menurut saya salah satu keunggulan laptop MacBook dari Apple adalah keawetan baterainya. Namun, seiring berjalannya waktu, tentu saja kemampuan baterai itu akan melemah. Dengan melakukan kalibrasi baterai MacBook secara rutin, kita bisa mendapat informasi baterai yang akurat di layar monitor.


???? TIPS — Kalibrasi rutin dianjurkan untuk Macbook dengan baterai yang bisa dilepas (removable battery).


Baterai MacBook — baik MacBook Pro maupun Macbook Air — dilengkapi dengan mikroprosesor di dalamnya. Mikroprosesor itu bertugas untuk mengatur penggunaan baterai secara optimal. Termasuk memantau jumlah daya yang tersisa, dan kondisi baterai itu sendiri.

kalibrasi baterai macbook agar indikator tetap akurat


Baca juga: 18 Aplikasi Mac Utility Yang Layak Diperhatikan


Cara kalibrasi baterai MacBook dan MacBook Pro

  1. Isi daya baterai MacBook sampai penuh. Ini berarti lampu indikator konektor pengisi daya akan berwarna hijau, dan — kalau MacBook menyala — ikon baterai di menubar akan terisi penuh (klik ikon tersebut untuk mengetahui statusnya).
  2. Tetap tancapkan kabel pengisi daya dan gunakan listrik dari pengisi daya selama dua jam. Kamu bisa menggunakan MacBook-mu selama tahap ini atau mematikannya. Yang pasti, kabel pengisi daya tetap tertancap.
  3. Cabut kabel pengisi daya. Kemudian gunakan laptop MacBook-mu sampai baterai hampir habis (kalau tadi dimatikan, ya nyalakan, lalu gunakan), dan masuk ke kondisi sleep. Usahakan jangan sampai MacBook masuk ke kondisi sleep sebelum baterai habis

    ???? TIPS — Untuk mencegah MacBook masuk ke kondisi sleep secara otomatis:
    Masuk ke Apple Menu > System Preference, lalu pilih Energy Saver. Geser kenop kontrol ke posisi Never (tidak pernah), atau pilih: ‘Prevent computer from sleeping automatically when the display is off‘ bila tersedia. Pilihan lain dengan aplikasi seperti Amphetamine


    Jangan lupa simpan semua pekerjaan yang sedang dilakukan, dan tutup semua aplikasi ketika ada peringatan baterai hampir habis.

  4. Setelah MacBook masuk kondisi sleep, matikan atau diamkan selama minimal lima jam.
  5. Setelah itu, tancapkan konektor pengisi daya, dan isi daya sampai penuh kembali. Kamu bisa menggunakan MacBook-mu seperti biasa di tahap ini.

Tutorial kalibrasi baterai MacBook di atas bukan hanya berlaku untuk MacBook dan MacBook Pro saja. Buat kalian pengguna MacBook Air juga bisa menggunakan cara tersebut.


Baca juga: 7 Laptop Dengan Baterai Tahan Lama


Apple menyarankan pengguna Mac untuk melakukan kalibrasi baterai MacBook-nya setiap dua bulan sekali. Kalau laptop itu jarang digunakan, ada baiknya kalibrasi tetap dilakukan paling tidak sebulan sekali.

Nah, selamat merawat MacBook kalian.

%d blogger menyukai ini: