Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Kapan Waktu Tidur Yang Pas Untuk Yang Hobi Begadang?

cewek hot tidur
Anom Penulis

Ingin bangun tidur dengan segar? Tentunya perlu waktu tidur yang pas. Tapi bagaimana mengetahuinya?

Memang, waktu normal untuk mulai tidur adalah sekitar jam 8 malam sampai jam 12 malam. Tapi bisa jadi waktu itu tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Ada orang yang tidak bisa tertib dengan waktu tidur. Entah karena profesi atau karena kebiasaan.

popculture.id

Yang menarik, hasil penelitian sudah tidak mematok jam tidur sepanjang 8 jam lagi. Kualitas tidur adalah hasil dari siklus tidur yang komplit. Apa maksudnya?

Siklus Tidur

Para peneliti membagi tidur menjadi rapid-eye-movement (REM) dan non-rapid-eye-movement (NREM). REM sering disebut sebagai waktu saat kita bermimpi. Saat tidur malam hari, kedua tipe tidur ini hadir bergantian dalam sebuah siklus. Siklus inilah yang harus dipenuhi untuk bisa bangun dengan segar.

[irp posts=”53847″ name=”5 Aplikasi Kesehatan Android Pilihan”]

Secara umum, siklus tidur bisa berlangsung dalam 90 menit. Sekitar 65 menit tidur NREM, 20 menit REM, dan terakhir 5 menit NREM. Tidak heran ketika ada juga anjuran tidur siang atau”power nap” sekitar 30-60 menit. Tidur singkat ini bisa membuat tubuh beristirahat, tanpa tidur terlalu nyenyak.

Kenapa begitu? Menurut penelitian, saat kita masuk dalam kondisi tidur REM, otot di tubuh untuk sementara “lumpuh”. Itu sebabnya ketika kita sedang tidur nyenyak dan bangun mendadak, seringkali badan tidak segar. Karena otot di tubuh kaget.

Waktu Tidur Yang Pas

Jadi, waktu tidur yang bisa dibilang ideal adalah kelipatan 90 menit tadi. Walau jangan terlalu lama juga. Boleh dikatakan kita bia tidur selama 4,5 jam, 6 jam, 7,5 jam, atau 9 jam. Durasi 8 jam tidal ideal karena tidak sesuai dengan siklus.

Hal ini bisa dimaklumi mengingat kita kadang bangun tengah malam buat ke kamar mandi. Tapi bisa terus tidur dalam jangka waktu tetap tanpa terganggu.

[irp posts=”50210″ name=”4 Aplikasi Untuk Mengingatkan Minum Air Putih Teratur”]

Kembali ke mereka yang hobi begadang atau tidur kurang teratur. Bagaimana menentukannya? Silakan tentukan kapan kamu harus bangun, dan hitung mundur sesuai waktu siklus. Kalau kesulitan menghitung, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kalkulator tidur, seperti Sleepyti.me atau Sleep Calculator.

Nah, jadi jangan terlalu kuatir kalau waktu tidur tidak 8 jam. Yang penting memenuhi siklus tidur. Tapi ya jangan terlalu singkat atau terlalu panjang. Kita toh bukan beruang yang melakukan hibernasi saat musim dingin. Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: