5 Karakter Legenda Nyi Roro Kidul dalam Video Game Dunia

kisah-nyi-roro-kidul

Indonesia terkenal mempunyai banyak budaya dan tradisi. Namun selain itu, negara kepulauan ini juga memiliki banyak mitologi yang menarik.

Salah satu mitologi yang paling terkenal di Indonesia adalah Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan bagi masyarakat di Pulau Jawa, digambarkan sebagai sosok yang cantik jelita.

Rupanya kepopuleran Nyi Roro Kidul tidak hanya sebatas di negara asalnya saja. Namun Nyi Roro Kidul sudah menjadi perbincangan banyak orang di seluruh dunia.

Karena kepopulerannya, Nyi Roro Kidul kemudian diangkat ke dalam industri pembuatan video game. Berikut ini, telah kami rangkum 5 video game yang mengangkat karakter Nyi Roro Kidul di dalamnya. Beberapa video game tersebut antara lain:

Kandita – Mobile Legends

Sumber Gambar : Game Brott

Setelah beberapa waktu lalu, pemain Mobile Legends digemparkan dengan kehadiran karakter Gatotkaca dan Wiro Sableng, kini mereka kembali dihebohkan dengan kehadiran karakter Nyi Roro Kidul.

Sebelumnya pihak Mobile Legend menghadirkan sosok Gatot kaca, bekerja sama dengan komikus Garudaya Is Yuniarto.

Dan saat ini, Mobile Legends: Bang Bang kembali membawa karakter ikonik dari Indonesia. Yaitu Kandita – The Ocean Goddess, yang rupanya terinspirasi dari mitologi Nyi Roro Kidul.

Bila dilihat dari penampilan, hero Mobile Legends ini digambarkan sebagai ratu yang cantik. Karakter tersebut dilengkapi dengan balutan pakaian berwarna hijau, serta tombak yang digunakan untuk membelah lautan.

Selain itu, jika dilihat dari wujudnya, maka Kandita dapat dipastikan sebagai hero Mage.

Download

Download

 

Nyi Raka – Heroes of Gods

Sumber Gambar : Kotak Game

Heroes of Gods, merupakan salah satu game yang dibuat oleh developer lokal. Developer tersebut merupakan Kingslaim Studio, yang bekerja sama dengan NQ Games dari Korea.

Sama seperti judulnya, game tersebut mengangkat berbagai tokoh mitologi yang berasal dari Indonesia. Dan salah satu mitologi yang diangkat ke dalam game tersebut adalah Nyi Raka, alias Nyi Roro Kidul.

Bukan hanya Nyi Raka saja yang ada dalam game Heroes of Gods. Namun terdapat 4 karakter asli Indonesia seperti Srikaras (Srikandi), Gacha (Gatotkaca), Rangzaga (Rangda) serta Gogoar (Reog).

Tentunya, hero tersebut telah mengalami peningkatan tampilan. Hal tersebut dilakukan, supaya penampilan mereka terlihat lebih modern.

Walaupun game ini bagus, namun kini Heroes of Gods dihilangkan dari Play Store maupun App Store. Pembaharuan terbaru, yaitu penambahan karakter mitologi Indonesia ke dalamnya, terakhir pada tahun 2015.

Roro Kidul – Atlantica Online

Sumber Gambar : Kaskus

Selain kedua game di atas, karakter Nyi Roro Kidul juga diangkat ke dalam game Atlantica Online. Atlantica Online merupakan sebuah game RPG, yang mengangkat beberapa karakter fantasi dan mitologi.

Hampir sama seperti kisahnya, Nyi Roro Kidul menggunakan kekuatan laut untuk meraih kemenangan dalam game.

Selain itu, Nyi Roro Kidul juga dibekali berbagai kemampuan dalam memberikan kekuatan, seperti kemarahan lautan hingga dapat membantu rekan sendiri.

Sama seperti Heroes of Gods, Atlantica Online juga bernasib serupa. Game online ini ditutup pada tahun 2016. Hal tersebut sangat disayangkan, mengingat game ini telah mempunyai banyak penggemar.

BACA JUGA
Adaptasi Tokoh Mitologi Indonesia, Mobile Legends Siap Rilis Nyi Roro Kidul

Roro – Line Let’s Get Rich

Sumber Gambar : Webijam

Developer Netmarble kali ini menghadirkan karakter Roro, ke dalam Line Let’s Get Rich. Game Line Let’s Get Rich merupakan board game virtual, yang mengambil konsep permainan monopoli.

Mungkin bila selama ini karakter Nyi Roro Kidul terkesan seram, maka dalam Line Let’s Get Rich ini karakter tersebut terkesan imut.

Walau terkesan imut, namun sebagai penggambaran Nyi Roro Kidul sebagai Ratu Pantai Selatan, karakter Roro akan dapat membawa pemain menuju kemenangan.

Download

Download

Roro – Seven Knights

Sumber Gambar : Seven Knights Wiki

Berasal dari developer yang sama, Seven Knights merupakan game yang dikembangkan developer Netmarble dari Korea Selatan.

Developer game tersebut pernah mengadaptasi karakter Nyi Roro Kidul, ke dalam Seven Knights dengan nama Roro.

Alasan pemilihan karakter tersebut karena sosok Nyi Roro Kidul terkenal sangat kuat. Karakter Roro dalam game banyak disukai pemain Indonesia dan luar negeri.

Download

Download

Itulah 5 game yang menghadirkan sosok Nyi Roro Kidul, ke dalam karakter game. Sebagai bangsa Indonesia, kita patut bangga karena mitologi Indonesia dapat lebih dikenal seluruh orang di dunia. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Ada komentar?