4 Kebiasaan Ini Perlu Kamu Hindari Ketika Bermain MMO

MMO atau game Massive Multiplayer Online memang menjadi salah satu genre yang cukup populer. Sebab game MMO mempunyai banyak ruang dan aktivitas yang menarik pemain untuk terus bermain.

Mayoritas MMO mengambil gaya role playing game, dan mengharuskan pemain untuk dapat mengembangkan karakter. Selain dapat memilih peran, pemain juga dapat memasangkan berbagai baju atau senjata ke dalam karakter.

MMO juga memungkinkan pemain untuk mengumpulkan, serta melakukan peningkatan terhadap baju tempur. Itu adalah beberapa kegiatan wajib yang harus dilakukan pemain MMO.

Bagi kalian penggemar MMORPG, maka sebaiknya hindari beberapa kebiasaan berikut ini. Sebab bila dilanjutkan, maka aktivitas bermain game yang kalian lakukan akan menjadi tidak sehat.

Berikut beberapa kebiasaan yang perlu dihindari ketika bermain game MMO:

Terlalu Sering Grinding dan Lupa Dengan Dunia Nyata

Sumber Gambar : MMOs

Tidak bisa dipungkiri apabila game MMO mempunyai dunia luas untuk dijelajahi. Oleh karena itu, tidak heran jika pengumpulan barang unik terbilang susah untuk dilakukan.

Biasanya untuk bisa drop, maka beberapa item langka mempunyai kesempatan yang kecil hingga 0,1%. Sehingga wajar jika pemain butuh banyak waktu untuk grinding.

Aktivitas grinding akan memakan banyak waktu. Tidak jarang pemain terlalu asik grinding dalam MMO, hingga mereka lupa kehidupan di dunia nyata.

Rela Mengeluarkan Banyak Uang Hanya Demi Equip Maya

Item langka yang ada di game MMO biasanya diperjual belikan. Walaupun pengembang sudah melarang aktivitas tersebut, namun ada sebagian komunitas pemain yang masih melakukannya.

Walaupun menjadi aktivitas terlarang, namun di sisi lain justru hal ini dapat menjadi ladang penghasilan bagi pemain. Namun di sisi lain, pemain cenderung lebih banyak menghabiskan uang untuk barang tidak nyata.

Pikirkan ulang apakah hal ini masih layak untuk dilakukan atau tidak. Mengingat yang dibeli merupakan barang tidak nyata. Ditambah lagi suatu saat sang developer dapat menutup akses game tersebut.

Terlalu Ketagihan Gacha Sampai Tidak Bisa Berhenti Roll

Sumber Gambar : Kincir

Mayoritas game MMO dari Jepang maupun Asia mempunyai fitur Gacha. Sebenarnya jika dalam dunia barat, maka Gacha mempunyai istilah loot box. Kedua istilah tersebut digunakan untuk menyebut barang yang dibagikan secara undian.

Untuk dapat mengakses Gacha, maka dibutuhkan transaksi berupa uang asli. Hal tersebut akan jadi masalah serius, apabila pemain terlalu sering membeli Gacha dengan harapan bisa memperoleh barang tertentu.

Padahal apabila dipikir ulang, persentasi untuk bisa mendapatkan barang sesuai keinginan dari Gacha sangat kecil. Dan jika dilihat sekilas, maka hal tersebut mirip judi dan berbahaya bagi pemain.

Perhatikan hal tersebut dan jangan sampai kalian kehabisan uang, hanya karena berharap bisa memperoleh item yang barus ketika melakukan Gacha.

[irp posts=”57223″ name=”Game MMORPG Rasa PC yang Bisa Dimainkan di Smartphone”]

Terlalu Rajin Login Harian di Game, Namun Bolos Kuliah atau Kerja

Apabila sebelumnya game MMO hanya bisa dimainkan melalui PC, maka berbeda dengan saat ini. Sebab kini game MMO sudah bisa dimainkan melalui smartphone.

Walau menyenangkan karena bisa dimainkan dimana saja, namun hal tersebut membuat pemain menghabiskan banyak waktu dengan smartphone.

Salah satu hal yang unik di beberapa game MMO mobile adalah, ada suatu event berbentuk login harian. Event tersebut mengharuskan pemain untuk membuka game setiap hari.

Biasanya akan ada hadiah menarik yang disajikan di akhir bulan. Hal tersebut membuat pemain harus membuka smartphone setiap hari.

Yang perlu diperhatikan adalah, ingatlah bahwa ada kewajiban lain yang menanti kalian selain membuka game. Bagi yang bekerja, maka kewajiban bekerja yang lebih utama. Sedangkan yang masih sekolah, tuntutan belajar adalah yang harus diprioritaskan.