4 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Windows Lemot. Jangan Diulangi Lagi ya!

Indri Penulis

Sadar atau nggak, beberapa kebiasaan ini ternyata bisa jadi penyebab Windows lemot. Apa saja sih kebiasaannya? Kepoin di sini yuk!

Perangkat Windows-mu tiba-tiba sering lag, freeze atau crash? Kamu perlu waktu yang lama untuk boot? Kalau kamu mengalami masalah-masalah tersebut, pasti rasanya sebal banget kan? Apalagi kalau laptop/PC lemot pas kamu mau pakai buat kerja atau ngerjain tugas.

Nggak perlu panik. Kamu bisa cari tahu dulu penyebab laptop/PC Windows bisa lemot. Bisa jadi sadar atau nggak, kamu sering melakukan kebiasaan tertentu yang ‘sebenarnya’ bisa menyebakan Windows lemot. Kali ini saya akan bocorkan beberapa kebiasaan yang bisa jadi penyebab Windows lemot (oya, kali ini saya pakai Windows 11 ya. Untuk Windows versi lain, mungkin ada sedikit perbedaan lokasi nama dan perintah). Yuk langsung simak saja.

Suka Install Aplikasi yang Nggak Perlu

Kalau mau diibaratkan, poin yang pertama ini ibarat kamu install game super canggih di smartphone jadul. Bisa dibayangkan gimana jadinya kan? Pastinya smartphone bakal lemot dan nggak bisa bekerja secara optimal. Apalagi game tersebut sudah jelas bakal menyedot banyak memori.

Kasusnya hampir sama di laptop/PC sih. Di luar sana ada banyak ‘aplikasi yang jauh lebih canggih’ daripada spesifikasi laptop/komputer. Karena terlalu canggih, mereka jelas butuh device dengan spesifikasi yang mumpuni. Selain itu, nggak sedikit pula aplikasi yang jarang dipakai tapi prosesnya jalan terus. Aplikasi-aplikasi seperti ini nih yang bikin Windows lemot.

Solusinya gimana? Gampang sih. Pakai saja aplikasi bawaan sesuai kebutuhanmu. Contoh kalau kamu cuma mau krop foto dan koreksi warna ringan, pakai saja aplikasi foto bawaan Windows. Nggak perlu sampai install PhotoShop.

Pakai Antivirus Ketiga Bareng Microsoft Defender Firewall

Microsoft Defender adalah aplikasi perangkat lunak bawaan dari sistem operasi Windows, yang mencegah ancaman atau virus masuk ke sistem.

Sebenarnya Microsoft Defender Firewall sudah memberikan perlindungan yang baik untuk sistem kamu. Oleh karena itu tidak disarankan untuk menjalankan aplikasi antivirus lain berbarengan dengan Microsoft Defender Firewall. Kenapa? Karena itu artinya, laptopmu akan menjalankan dua proses untuk menjalankan tugas yang sama. Nggak efisien dan buang-buang memori kan?

Perlu kamu tahu, kebanyakan antivirus berjalan terus-menerus dan membutuhkan banyak memori untuk menjalankan tugas pemindaian mereka. Kecuali kalau kamu menonaktifkan Microsoft Defender Firewall, maka nggak masalah untuk menggunakan aplikasi antivirus pihak ketiga.

Terlalu Mengkustom Grafik Windows

Sebenarnya nggak ada salahnya kalau kamu mau mengkustom Windows supaya terlihat lebih cantik, untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Tapi perlu kamu ingat, kustomisasi yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah untuk Windows lho. Apalagi kalau kamu pakai aplikasi pihak ketiga untuk mengkustomisasi Windows.

Jadi, mengkustom tampilan Windows boleh nggak sih? Boleh-boleh saja. Tapi sebaiknya, biarkan Windows sendiri yang mengurus preferensi grafis terbaik ‘yang aman’ buat mereka.

Gimana caranya? Coba langkah-langkah ini deh:

  • Klik kanan pada tombol Start dan klik “Settings.”
  • Selanjutnya pilih menu “System.”
  • Klik “Display” yang ada di sidebar kiri.
  • Sekarang klik “Graphics” di panel sebelah kanan.
  • Di sana kamu akan melihat daftar aplikasi yang mendukung kustom grafik Windows.
  • Klik salah satu aplikasi tersebut dan pilih “Options.”
penyebab windows lemot
  • Selanjutnya klik opsi “Let Windows decide.”
  • Terakhir, klik tombol “Save.”

Menghubungkan Periferal yang Nggak Penting

Jangan pernah meninggalkan periferal yang nggak penting ‘tetap terhubung’ dengan laptop/PC Windows-mu untuk waktu lama. Pasalnya mereka akan membuat beberapa fitur tetap aktif (contohnya headphone, speaker, dll). Mereka juga bisa menguras banyak memori serta daya baterai laptop. Maka dari itu, pastikan kamu mencabut semua periferal ketika sudah nggak dipakai. Gampang banget kan?

    %d blogger menyukai ini: