Atasi Kecanduan Main Smartphone Dengan Menanam Pohon Virtual

Indri Penulis

Smartphone tidak bisa dipungkiri menjadi benda paling penting dalam kehidupan saat ini. Dalam aspek apapun, keberadaan smartphone akan sangat membantu manusia. Tapi selain membantu manusia, smartphone nyatanya mempunyai segudang dampak negatif.

Disisi lain penggunaan smartphone semakin hari memang kian memasuki zona yang memprihatinkan. Banyak orang yang mulai kecanduan smartphone. Bisa dibilang smartphone juga salah satu faktor utama yang menyebabkan orang jadi antisosial.

Berbagai dampak negatif dari smartphone itulah yang menyebabkan orang akhirnya menciptakan sebuah aplikasi Android gratis yang bisa membantu menanggulangi dampak kecanduan smartphone. Ini merupakan salah satu aplikasi Android yang terbilang unik lho.

Nah daripada kalian penasaran, langsung saja saya akan berikan kalian tips untuk mengatasi kecanduan smartphone dengan menanam pohon dalam smartphone Android kalian.

Untuk bisa melakukan hal ini, kalian perlu bantuan sebuah aplikasi bernama Forest: Stay Focused. Dengan menggunakan aplikasi satu ini, maka kalian nanti bisa mengatasi kecanduan bermain hp sekaligus bisa melakukan suatu aktivitas yang lebih bermanfaat dan produktif. Kalian bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Play Store.

Bagaimana ya cara kerjanya aplikasi ini?

Aplikasi unik ini nanti akan mengajak kalian untuk melepas sejenak smartphone, kemudian membiarkan sebuah pohon tertanam dan akan tumbuh di ponsel kalian. Cara kerjanya adalah, pohon tersebut akan terus tumbuh tapi jika kalian tidak menggunakan smartphone untuk menjalankan aplikasi ataupun aktivitas lainnya. Cukup menarik bukan?

Jika kalian sudah mengunduh aplikasi ini, kalian bisa langsung install aja ya. Jika kalian ingin mengetahui cara berhenti bermain smartphone dengan menanam pohon virtual, ikuti beberapa langkah berikut ini.

Ketika sudah kalian pasang aplikasi tersebut, pertama, atur durasi waktu yang diinginkan untuk kalian nanti bisa fokus bekerja tanpa harus menggunakan smartphone sama sekali. Misalnya kalian mengatur waktu selama tiga puluh menit, maka benih pohon yang kalian tanam nanti akan bisa tumbuh dalam kurun waktu 30 menit. Tapi ingat ya, selama 30 menit itu kalian sama sekali tidak boleh menyentuh smartphone. Kalau kalian melanggar aturannya, maka pohon yang tadi ditanam akan mati.

Nah dengan begitu, diharapkan bisa membuat kalian merasa tidak tega untuk mematikan pohon tersebut. Jadi kalian tidak akan rela menyentuh smartphone dan bisa lebih fokus ke hal lain misalnya saja bekerja atau belajar.

Setelah menerapkan durasi waktu, maka kalian bisa pilih mana jenis pohon yang kalian ditanam dalam smartphone nantinya.

Saat kalian telah menentukan panjang durasi dan seperti apa jenis pohon yang akan ditanam dalam smartphone, maka kalian pilih β€˜Plant’ untuk menanam pohon. Pohon kalian nanti akan tumbuh serta mengalami puncak pertumbuhan alias bisa selesai sesuai dengan durasi awal yang diinginkan.

[irp posts=”53371″ name=”Tips Setting Handphone Android untuk Orang Lanjut Usia”]

Selain itu pohon yang sebelumnya telah kalian tanam akan mati. Hal tersebut akan terjadi apabila kalian terlalu sering keluar dari aplikasi atau dengan arti lain. Kalian terlalu sering menggunakan smartphone untuk membuka aplikasi atau melakukan aktivitas yang lainnya.

Yang perlu kalian ingat nih, apabila ada notifikasi dari panggilan darurat maupun pesan darurat maka kalian bisa segera memeriksanya. Hal tersebut karena aplikasi ini juga menyediakan fitur yang bernama whitelisted. Nah, kalian nanti bisa memasukkkan minimal 3 aplikasi ke dalam fitur tersebut. Hal tersebut berguna untuk membukanya tanpa harus mematikan pohon yang sebelumnya telah tumbuh.

Selain itu, aplikasi Forest juga akan mencatat seberapa produktif kalian nanti dengan sebuah lahan yang berisi beberapa pohon selama 30 menit. Satu pohon ini nanti akan bisa mempresetasikan 30 menit waktu produktif kalian guys. Jadi nanti semakin banyak pohon yang ada dalam lahan tersebut, maka akan semakin banyak juga waktu yang telah kalian gunakan untuk kegiatan produktif. Alias tidak bermain smartphone.

Nah itu tadi salah satu cara jitu dalam mengatasi kecanduan bermain smartphone, yaitu dengan cara menanam pohon virtual di dalam smartphone. Dengan begitu, kalian jadi bisa lebih fokus melakukan pekerjaan yang lain. Tentunya hal tersebut bisa lebih bermanfaat tanpa kalian perlu khawatir ter-distract dengan smartphone.

Bagaimana, tertarik mencoba aplikasi Forest: Stay Focused? langsung saja klik tombol di bawah untuk mengunduh.

ANDROID

iOS

    %d blogger menyukai ini: