Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Inilah Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Fujifilm X-A20

Indri Penulis

Aktivitas fotografi saat ini seolah tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan manusia. Jika dibandingkan dengan dulu, orang hanya bisa foto jika datang ke studio.

Namun hal itu berbeda dengan saat ini. Dimana dengan kemajuan teknologi, semua orang bisa berfoto kapan dan dimana saja.

popculture.id

Smartphone yang dilengkapi kamera canggih, serta deretan kamera yang menawarkan beragam fitur menjadi pilihan banyak orang, untuk menyalurkan hasrat fotografi mereka.

Walaupun foto menggunakan smartphone sangat praktis, namun tidak bisa dipungkiri jika menggunakan kamera dapat menghadirkan sensasi berbeda.

Salah satu produsen kamera ternama Fujifilm, beberapa waktu lalu telah meluncurkan produk terbaru yaitu Fujifilm X-A20, pada entry level dengan fitur lebih lengkap.

Fujifilm X-A20 merupakan penerus dari Fujifilm X-A10. Kamera mirrorless ini telah menambah daftar vlog camera dan selfie terbaik dengan harga terjangkau.

Dibanding dengan produk pendahulunya, X-A20 hadir dengan lensa yang lebih pendek, yaitu Kit XC 15-45 mm. Oleh sebab itu X-A20 sangat cocok untuk macro photography.

Bila dilihat dari segi tampilan, maka X-A20 masih menggunakan konsep yang serupa dengan X-A10. X-A20 mempunyai berat hanya 494 gram saja, inilah yang membuat X-A20 cocok dibawa pergi kemana saja.

Selain itu, masih ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Fujifilm X-A20, diantaranya:

Sumber Gambar : Currys

Mempermudah Selfie

X-A20 memiliki fitur bawaan yang memudahkan pengguna untuk selfie atau membuat vlog. Sebab layar X-A20 bisa berputar 180 derajat ke atas. Dengan begitu, pengguna bisa melihat wajah dengan mudah.

X-A20 juga dilengkapi dengan berbagai fitur selfie. Beberapa diantaranya adalah Selfie Mode yang dapat mencegah gambar blur. Serta fitur Smile Shutter yang bisa menangkap gambar saat mendeteksi senyuman.

Kualitas Foto Low-Light yang Cantik

Selama ini memotret atau mengambil video dalam keadaan gelap memang kerap menjadi kendala. Namun hal itu tidak jadi masalah bagi X-A20, sebab kamera ini mempunyai ISO dengan dynamic range 100 hingga 25.000.

Walaupun tidak menggunakan flash internal, gambar yang dihasilkan oleh X-A20 bisa tetap tajam. Bahkan gambar tersebut hanya mempunyai sedikit noise.

Mampu Merekam pada 60 FPS

Walaupun dibanderol dengan harga terjangkau, namun X-A20 bisa mengambil video pada 60 FPS (Frame Per Second). Oleh sebab itu, kamera ini cocok digunakan untuk merekam benda yang bergerak dengan cepat.

Dengan merekam pada 60 FPS, maka pengguna juga bisa membuat video slow motion yang lebih lembut dan terkesan tidak patah-patah.

Sayangnya, untuk saat ini perekaman dengan 60 FPS hanya mampu dilakukan pada kualitas HD saja. Sedangkan untuk 30 FPS, kualitas sudah Full HD.

Itulah beberapa kelebihan dari Fujifilm X-A20. Selain menawarkan kelebihan, X-A20 juga mempunyai beberapa kekurangan antara lain:

[irp posts=”38451″ name=”Fujifilm Mengumumkan Kamera Mirrorless Fujifilm X-A10″]

Body Tanpa Stabilizer

Walaupun Fujifilm mengklaim kamera ini bisa digunakan untuk membuat vlog, namun body X-A20 belum dilengkapi dengan stabilizer. Oleh karena itu, saat pengambilan video akan terasa sedikit geser dan kurang halus.

Namun untungnya, X-A20 telah dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization), sehingga bisa mengurangi blur yang disebabkan guncangan.

Tidak Adanya Hot Shoe

Fujifilm X-A20 tidak mempunyai hot shoe. Padahal hot shoe digunakan untuk menempatkan on flash eksternal dan microphone tambahan.

Oleh sebab itu, pengguna hanya bisa mengandalkan flash internal, maupun menambah monopod berbentuk rig untuk memasang alat eksternal tersebut.

Kurang Bisa Memotret Objek Cepat

Perlu diketahui bahwa sensor Auto Focus yang digunakan X-A20 masih menggunakan sistem Contrast Detection Auto Focus.

Oleh sebab itu, jangan kaget jika kamera ini kurang bisa memotret objek cepat seperti wildlife photography maupun sport.

    %d blogger menyukai ini: