Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Kelebihan dan Kekurangan Menyembunyikan Jumlah Subscriber YouTube

Indri Penulis

Menyembunyikan jumlah subscriber di YouTube punya kelebihan dan kekurangan. Temukan penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Sebagai seorang YouTuber, memiliki jumlah subscriber yang banyak tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya semakin banyak jumlah subscriber yang dimiliki, maka peluang orang untuk tertarik dengan konten di channel tersebut bakal meningkat. Kenapa? Karena mereka merasa percaya kalau setiap konten di channel tersebut benar-benar berkualitas, sehingga jumlah subscriber-nya banyak.

popculture.id

Tapi hal yang berbeda jelas akan dirasakan oleh YouTuber dengan jumlah subscriber sedikit. Rasa nggak percaya diri dan malu karena jumlah subscriber masih di bawah angka ribuan sering kali menghantui para YouTuber. Inilah alasan mengapa banyak YouTuber memilih untuk menyembunyikan jumlah subscriber mereka.

Jika kamu saat ini juga berniat untuk menyembunyikan jumlah subscriber, tahan dulu. Setidaknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan menyembunyikan jumlah subscriber di YouTube berikut ini.

menyembunyikan jumlah subscriber youtube

Kelebihan Menyembunyikan Jumlah Subscriber

Penonton Lebih Percaya Validitas Kontenmu

Terlepas dari benar atau tidaknya, banyak orang membuat penilaian di media sosial berdasarkan angka. Jadi kalau kamu belum memiliki banyak subscriber di YouTube, orang-orang mungkin akan menganggap kontenmu nggak berkualitas karena sepi subscriber.

Tapi berbeda kalau kamu menyembunyikan jumlah subscriber. Walau aslinya jumlah subscriber-mu belum mencapai angka ribuan, tapi orang-orang justru berpeluang mempercayai validitas kontenmu. Apalagi kalau kontenmu benar-benar berkualitas, mungkin tanpa berpikir panjang mereka akan langsung mengklik tombol Subscribe.

Lebih Fokus untuk Membuat Konten Berkualitas

Tak memiliki banyak subscriber mungkin membuatmu kecewa. Apalagi kalau selama ini kamu telah mengorbankan banyak hal demi membangun channel YouTube dari nol.

Tapi sadar nggak sih, kalau kamu terus-terusan membandingkan channel YouTube-mu dengan milik orang lain ‘yang notabene sudah jadi pemain lama YouTube’ (misal seperti channel milik PewDiePie yang subscriber-nya sudah menembus angka 100 juta), bukannya hal tersebut malah akan membuatmu tambah merasa lebih buruk?

Menyembunyikan jumlah subscriber mungkin tak akan menyelesaikan semua masalah ini. Tapi setidaknya, kamu bisa lebih fokus menghasilkan konten berkualitas baik secara visual ataupun informasinya. Karena orang-orang nggak bisa melihat jumlah subscriber-mu, kamu bisa lebih yakin kalau mereka akan mengikuti channel-mu karena kamu memposting konten-konten menarik, bukan karena jumlah subscriber-nya.

Kekurangan Menyembunyikan Jumlah Subscriber

Kamu Masih Bisa Melihat Jumlah Subscriber-mu

Ketika kamu menyembunyikan jumlah subscriber di YouTube, kamu hanya membuat angka tersebut tak terlihat oleh orang lain. Kalau kamu pergi ke dasbor YouTube Studio-mu, kamu masih bisa melihat jumlah orang yang berlangganan kontenmu.

Kalau kamu menyembunyikan jumlah subscriber supaya nggak merasa minder dengan channel milik orang lain, kamu mungkin masih bisa merasakan kekecewaan yang sama ketika memeriksa analitikmu. Tapi sisi baiknya, kamu bisa menggunakan statistik ini sebagai motivasi untuk mencapai level berikutnya.

Kurangnya Transparansi

Jika kamu ingin membuat orang kembali ke kontenmu, maka kepercayaan adalah salah satu aspek terpenting yang wajib kamu perhatikan.

Kalau kamu saat ini masih seorang konten kreator kecil, tapi kamu punya keinginan besar untuk meningkatkan dan memposting konten dalam jangka panjang, saya yakin akan ada banyak orang yang menghargai kejujuranmu saat berani menampilkan jumlah subscriber (walau mungkin jumlahnya masih sedikit).

Tapi di sisi lain kalau kamu memutuskan untuk menyembunyikan jumlah subscriber, penonton potensial yang menghargai validitas dan transparansi dari sebuah channel mungkin bakal sulit tertarik dengan kontenmu.

Nah itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan menyembunyikan jumlah subscriber di YouTube. Sekarang pilihan ada di kamu. Setiap pilihan pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tapi setidaknya setelah kamu membaca ulasan di atas, kamu bisa mengambil keputusan dengan pertimbangan yang lebih matang.

    %d blogger menyukai ini: