Kelebihan Telegram Dibanding WhatsApp

aplikasi telegram messenger

Apa kamu pernah diundang teman untuk menggunakan aplikasi chatting Telegram? Dengan adanya WhatsApp, mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih kelebihan Telegram dibanding WhatsApp?

Pertanyaan itu sangat wajar. Terutama kalau kamu belum pernah menggunakan Telegram. Toh WhatsApp memang merupakan aplikasi chatting paling populer di dunia.

Walau begitu, Telegram punya beberapa kelebihan. Ada beberapa fitur yang belum dipunyai WhatsApp. Beberapa fitur tersebut cukup untuk membuat banyak pengguna pindah. Minimal memasang aplikasi Telegram di handphone.

Jadi apa saja fitur yang jadi kelebihan Telegram dibanding WhatsApp?

1. Bisa Memilih Theme

Aplikasi Telegram memiliki pilihan theme secara bawaan. Kamu bisa menemukan pilihan default, Blue, atau Dark di Android atau Day (bisa memilih warna aksen), Night, dan Blue Night di iOS.

Tunggu dulu. Kalau kamu menggunakan Android, kamu juga bisa memakai theme buatan pengguna lain, atau membuat sendiri dan membaginya.

2. Punya & Bisa Bikin Stiker

Di era ketika hampir semua aplikasi chatting punya stiker, WhatsApp masih belum memilikinya. Sejauh ini, tanpa tambahan aplikasi lain, WhatsApp hanya menyediakan emoticon dan animasi GIF.

Sementara itu, Telegram tidak hanya memiliki stiker. Tapi kamu juga bisa membuat koleksi stiker sendiri. Ini sangat menyenangkan. Sebagai contoh, saya membuat stiker dengan wajah teman di grup. Ini merupakan kelebihan Telegram dibanding WhatsApp yang paing saya suka.

3. Anggota Grup Lebih Banyak

Saat ini WhatsApp membatasi anggota grup sampai 256 orang. Sementara, Telegram mendukung sampai 200 anggota untuk grup biasa, dan 100.000 anggota grup (untuk supergroup). Yah, bukan berarti lebih banyak lebih baik.

4. Mengirim File Berukuran Besar

WhatsApp hanya mengijinkan foto dan video dengan ukuran maksimal 16MB dan dokumen dengan ukuran maksimal 16MB. Sedangkan Telegram mengijinkan kamu mengirim file dengan ukuran sampai 1,5GB!

BACA JUGA
Panduan Cara Membuat Stiker Telegram

5. Aplikasi Desktop Independen

Ya, WhatsApp memang sudah punya aplikasi desktop. Tapi sesungguhnya aplikasi tersebut hanyalah aplikasi web saja. Itu pun, WhatsApp masih menuntut koneksi internet aktif dari aplikasi WhatsApp di handphone.

Di sisi lain, aplikasi Telegram di desktop—atau diperangkat lain—berdiri sendiri. Kamu tetap bisa menggunakannya walau handphone tidak memiliki koneksi internet. Silakan lihat aplikasi Telegram di berbagai perangkat.

6. Punya Username

Di telegram, kamu bisa punya username. Mirip seperti LINE. Jadi kamu bisa berkomunikasi dengan teman tanpa harus mengirim nomor telepon. Sementara WhatsApp hanya mendukung nama yang muncul untuk kepentingan kontak.

7. Mendukung Banyak Akun

Kalau di WhatsApp kamu terikat hanya dengan satu akun, di Telegram kamu bisa menggunakan sampai 3 akun dengan berbagai nomor telepon. Kamu bisa dengan mudah berganti akun di sidebar.

8. Bisa Punya Channel

Di WhatsApp, kamu hanya hadir sebagai dirimu, baik di percakapan personal maupun grup. Untuk membuat channel atau yang berbau perusahaan, kamu bisa menggunakan WhatsApp untuk Bisnis. Tapi di Telegram, kamu bisa membuat channel dengan mudah.

BACA JUGA
7 Tips Aplikasi Telegram untuk Menjaga Privasi

9. Punya Secret Chat

Kedua aplikasi chatting ini sama-sama melalui proses enkripsi dan sering menjadi perdebatan. Namun, Telegram punya fitur Secret Chat.

Fitur secret chat ini bersifat seperti Snapchat atau Instagram Stories. Pesan—termasuk foto dan video—akan otomatis terhapus dalam waktu tertentu. Pesan di secret chat juga tidak bisa diteruskan (di-forward) ke pengguna lain.

10. Menggunakan Gestur

Di Telegram, kamu bisa menggunakan beberapa gestur untuk menggunakannya dengan cepat. Misalnya di dalam percakapan, geser layar dari kiri ke kanan untuk kembali ke daftar percakapan. Selain itu, kamu juga bisa menggeser sebuah pesan ke kiri untuk membalas (dengan kutipan).

11. Punya Bot

Telegram memiliki banyak bot yang bisa membantu berbagai hal. Misalnya, untuk membuat stiker dan theme, kamu akan dipandu oleh bot yang bersangkutan. Selain itu masih ada lebih banyak lagi, termasuk terjemahan, mencari gambar, membuat meme, membuat polling, dll.

BACA JUGA
5 Aplikasi Chatting Terbaik dan Paling Populer

Yah, seorang pengguna kawakan alias fans berat Telegram pasti bisa menyebutkan lebih banyak lagi. Tapi secara umum, itulah beberapa kelebihan Telegram yang bisa saya sebutkan.

Memang, perdebatan soal Telegram dan WhatsApp—terutama menyinggung keamanan—terus bergaung. Di sisi lain, kita tidak bisa mengelakkan masalah popularitas. Pengguna WhatsApp jauh lebih banyak daripada pengguna Telegram.

Dalam hal komunikasi, poin ini jelas memiliki faktor penting. Sebagus apa sebuah aplikasi chatting, kalau tidak ada teman yang memakai ya buat apa? Hal ini pernah saya rasakan sebagai pengguna WhatsApp di era keemasan BBM.

Yah, tidak ada salahnya mengetahui kelebihan Telegram dibanding WhatsApp. Dengan begitu kamu bisa tahu untung rugi secara praktis. Selebihnya, tergantung bagaimana kamu dan teman-teman memilih.

Ada komentar?