Kenali Printer yang Diretas Hacker dan Cara Pencegahannya

pewdiepie-printer-hacker-t-series-youtube

Hacker adalah salah satu hal yang ditakuti banyak orang. Bagaimana tidak, hacker bisa meretas berbagai data penting milik orang maupun organisasi tertentu.

Kasus yang berhubungan dengan hacker saat ini tidak terhitung lagi. Tidak hanya menyerang orang biasa, namun hacker profesional bahkan pernah meretas perusahaan teknologi besar.

Tidak heran bila mendengar kata โ€˜hackerโ€™, maka mayoritas orang akan merujuk ke makna yang negatif.

Saat ini hacker tidak hanya meretas akun media sosial, website, smartphone maupun PC saja. Namun kini mereka juga menargetkan printer sebagai sasaran peretasan.

Peretas telah mengambil alih printer di seluruh dunia. Ini merupakan serangan terbaru yang terjadi akhir-akhir ini. Tentu kasus peretasan tersebut membuat banyak orang di dunia sangat terkejut.

Menariknya, para peretas banyak yang mengatakan jika mereka mempunyai kemampuan, yaitu untuk menghancurkan mesin seperti printer.

Sumber Gambar : Kaspersky Lab

Aksi peretasan ini pertama kali dilakukan bulan lalu. Tepatnya saat salah seorang peretas mengklaim telah memaksa 50.000 printer, untuk membuat poster yang mendukung PewDiePie vlogger favoritnya.

Poster tersebut memerintahkan pemilik printer untuk membantu PewDiePie, agar channel PewDiePie bisa mendapat subscriber paling banyak di YouTube.

Selebaran tersebut juga menyatakan jika PewDiePie membutuhkan bantuan, serta subscriber tambahan. Dengan begitu, posisi PewDiePie sebagai channel YouTube dengan subscriber terbanyak, tidak tergeser oleh channel asal India, T-Series.

Menariknya, pada akhir poster muncul kode ASCII. Kode tersebut membentuk logo brofist. Brofist sendiri adalah sebuah gerakan yang dipopulerkan oleh pria dengan nama asli Felix Kjellberd.

Selama beberapa bulan terakhir, label musik India dan studio film T-Series memang hampir menyalip kepemimpian PewDiePie. Inilah yang menyebabkan beberapa penggemar PewDiePie melakukan mount stunt untuk menarik pelanggan baru.

Vendor keamanan mengatakan bahwa aksi tersebut menunjukkan betapa rentannya teknologi saat ini. Hacker sendiri bisa menyerang melalui banyak perangkat yang terhubung, serta mengisi ruang kantor.

Kerentanan dalam printer jaringan telah diketahui selama bertahun-tahun. Namun sayangnya tidak banyak orang yang paham akan resikonya.

Seseorang peneliti keamanan yang sudah mempelajari masalah tersebut, memastikan bahwa hacker kemungkinan bisa menghancurkan berbagai mesin, yaitu dengan mengirim perintah dari jarak jauh.

Sebenarnya ada banyak ciri printer yang telah diretas hacker. Misal suatu malam printer tiba-tiba menyala, serta mencetak sesuatu tanpa perintah dari siapa pun.

BACA JUGA
2 Printer HP Ink Tank Resmi Hadir di Indonesia

Tidak hanya itu, ada pula kasus dimana printer tiba-tiba mengeluarkan iklan dari perusahaan. Perusahaan tersebut menjanjikan bisa mengiklankan barang melalui printer.

Lalu, printer mulai mencetak semua jenis gobbledygook, atau deretan kata yang berbelit-belit danย  tidak jelas.

Menurut Kaspersky Lab pada Senin (17/12/2018), ciri-ciri tadi hanya berlaku pada printer yang terhubung dengan internet.

Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk menghindari serangan hacker terhadap printer kalian. Dengan begitu, kejadian yang tidak diinginkan bisa dicegah.

Berikut beberapa tips mencegah printer dari serangan hacker

Pertama, nonaktifkan pengaturan printer apa pun yang melibatkan pencetakan melalui internet. Kemudian, ubah nama pengguna serta kata sandi printer kalian. Hal ini berlaku jika terdapat protokol login pada printer.

Jangan pernah menggunakan password standar, atau mudah ditebak orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan lupa untuk menutup port router 9100, 515 serta 721-731. Sementara untuk mencari tahu cara menutup port router, maka kalian bisa melihatnya dalam buku petunjuk manual router. Terakhir, matikan printer bila tidak digunakan.

 

Ada komentar?