Kesalahan yang Dilakukan Saat Menghilangkan Goresan di Layar HP

Layar-HP-Tak-Mudah-Tergores

Sejak munculnya trend penggunaan handphone layar sentuh, masalah yang kerap dihadapi pengguna adalah munculnya goresan pada layar.

Goresan pada layar kerap dipandang sebagai masalah yang serius. Tentunya dengan goresan pada layar, akan membuat tampilan smartphone tidak cantik. Apalagi jika goresan ada dimana-mana.

Sementara itu, banyak pengguna smartphone yang ingin cepat-cepat menghilangkan goresan pada layar. Akhirnya, tidak sedikit dari mereka yang mencari jalan pintas.

Biasanya ada banyak solusi untuk menghilangkan goresan layar di internet. Namun sayangnya tidak semua artikel dapat memberikan informasi yang tepat. Tidak sedikit informasi yang dibuat dalam sebuah artikel cenderung menyesatkan.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan goresan pada layar smartphone yang salah.

Menggunakan Amplas

Sumber Gambar : Bukalapak

Hampir semua orang tahu kegunaan amplas. Yup, amplas adalah benda yang digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu.

Apabila seseorang mengaplikasi amplas pada permukaan kayu yang kasar, maka seketika permukaan kayu akan dipangkas habis. Dengan begitu permukaan kayu menjadi rata, dan tidak ada lagi goresan di atasnya.

Namun bila melihat teori di atas, mungkin sekilas cara tersebut dapat dicoba untuk menghilangkan goresan pada layar smartphone.

Tapi sayangnya hal tersebut akan sia-sia. Hal ini karena amplas justru akan memperburuk keadaan layar smartphone. Hasilnya, goresan pada smartphone akan menjadi semakin banyak.

Tidak menutup kemungkinan, penggunaan amplas pada layar smartphone, justru dapat membuat layar hancur seketika.

Baking Soda

Sumber Gambar : Cosmo Girl

Cara kurang tepat dalam menghilangkan goresan pada layar smartphone adalah dengan baking soda. Banyak orang yang menyarankan campuran baking soda dan air, untuk menghilangkan goresan pada layar smartphone.

Campuran tersebut dioleskan pada layar smartphone. Hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya. Sebab baking soda mempunyai sifat abrasif, sehingga dapat merusak permukaan layar smartphone.

Minyak Goreng

Sumber Gambar : Hello Sehat

Mungkin ini adalah tips yang paling konyol. Ada orang yang menyarankan, untuk mengoleskan sedikit minyak goreng pada layar smartphone.

Hal tersebut dilakukan agar goresan sedikit tersamarkan. Memang hasilnya minyak akan menutupi layar, sehingga goresan sedikit tersamarkan.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana jika pengguna ingin menggunakan smartphone tersebut?

Apakah pengguna perlu mengusap smartphone terlebih dahulu? Atau menggunakan langsung sehingga jari penuh minyak?

Pasta Gigi

Sumber Gambar : Hello Sehat

Mungkin kalian pernah mendengar tips membersihkan CD menggunakan pasta gigi. Yup, informasi tersebut memang tidak salah.

Pasta gigi memang bisa digunakan untuk membersihkan permukaan CD, dari berbagai macam goresan. Ada banyak orang yang menganggap, jika teknik tersebut bisa digunakan pula pada layar smartphone.

Walaupun pasta gigi bermanfaat bagi pembersihan CD, namun benda tersebut tidak akan memberi efek apapun pada goresan di layar smartphone.

BACA JUGA
Kunci Layar Smartphone Paling Aman dan Unik Dengan E-KTP

Menggunakan Turtle Wax

Sumber Gambar : MarkPO

Turtle Wax dikenal beberapa orang, sebagai penghilang goresan pada bodi mobil. Ternyata ada pula orang yang merekomendasikan penggunaan Turtle Wax, untuk menghilangkan goresan pada layar smartphone.

Cara tersebut lebih tepatnya direkomendasikan, untuk layar yang mempunyai oleophobic coating. Oleophobic coating adalah salah satu lapisan terluar pada layar.

Lapisan tersebut berfungsi untuk menyamarkan noda, yang disebabkan minyak atau kotoran lain dari tangan. Biasanya bila terdapat goresan, maka goresan tersebut terletak pada lapisan oleophobic coating.

Beberapa orang menganggap jika Turtle Wax dapat menghilangkan goresan pada layar, layaknya pada bodi mobil.

Namun sebenarnya hal tersebut tidak benar. Sebenarnya Turtle Wax hanya dapat digunakan pada permukaan besi dan alumunium baja.

Apabila pengguna mengaplikasikan Turtle Wax pada layar smartphone, maka lapisan oleophobic coating pada smartphone akan terkelupas dan rusak.

Jika sudah rusak, maka layar tidak akan dapat mencegah kotoran dari jari. Dengan begitu, layar smartphone akan terlihat sangat berminyak dan kotor.

Ada komentar?