Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Keuntungan Beli dan Main Game Jadul di PC Jaman Sekarang

play borderlands 2
Anom Penulis

Apa kamu sedang mencari game untuk dimainkan? Bagaimana kalau mencoba main game yang sudah lama rilis. Ada lho keuntungan atau kelebihan beli dan main game jadul di PC. Nggak percaya?

Tentu, sebagai gamer, ada perasaan FOMO kalau nggak main game yang lagi tren. Misalnya game yang terhitung baru (saat artikel ini ditulis) seperti Resident Evil Village, Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin, Days Gone, Scarlet Nexus, dll.

Toh ada pula gamer yang memang suka main karena gameplay di game itu sendiri. Artinya, tidak peduli dengan hype yang ada, ia akan mencari kepuasan bermain tersendiri.

Jadi, apa kelebihan membeli dan main game jadul di PC?

Harga Lebih Murah

Ya, tentu saja. Namanya juga game jadul. Jadi pasti sudah cukup lama rilis. Dengan begitu, harganya relatif tidak semahal game yang baru saja rilis. Misalnya Fallout 4 yang rilis tahun 2015 punya harga Rp266.000,The Witcher 3: Wild Hunt (2015) punya harga Rp359.999, atau Halo: The Master Chief Collection yang menawarkan 6 game dengan harga Rp170.000 di Steam.

Yang tidak kalah menarik, game jadul sering mendapat diskon. The Witcher 3: Wild Hunt termasuk yang rajin dapat diskon sampai 70%. Begitu juga beberapa judul lain, seperti seri Borderlands dan FarCry. Saat artikel ini ditulis, Borderlands 2 (2012) sedang diskon 75% jadi Rp33.999, dan Far Cry 5 (2018) sedang diskon 85% jadi Rp92.850.

Memang, ada beberapa game jadul yang legendaris tetap agak jual mahal. Tapi kalau kamu pasang mata dan melacak diskon game impian di Steam, bukan tidak mungkin kamu dapat harga murah.

Bisa Pakai Setelan Grafis Tinggi

Ya, karena game sudah rilis beberapa tahun lalu, persyaratan spesifikasi PC tidak setinggi yang lebih baru. Jadi kemungkinan besar, kalau kamu punya PC atau laptop jaman sekarang, kamu bisa memakai setelan grafis lebih tinggi atau bahkan maksimal/ultra.

Sebagai contoh, saya main Borderlands 2 (2012) , The Witcher 3: Wild Hunt (2015), Titanfall 2 (2016), Horizon Zero Dawn (2017 PS4, 2020 Steam) di laptop ZenBook Pro Duo 2 (UX581) dengan setelan grafis maksimal.

Tentu saja, ada banyak game yang tidak seindah keluaran terbaru. Misalnya standar grafisnya memang sudah ketinggalan jaman. Walau begitu, cukup banyak game yang masih terlihat bagus untuk standar masa kini. Asal jadulnya tidak terlalu jauh.

Setelan tampilan grafis ini juga akan tergantung pada spesifikasi PC atau laptop yang kamu punya. Tapi kemungkinan besar kamu tetap bisa main game jadul dengan setelan grafis lebih tinggi di PC jaman sekarang.

Game Jadul Bisa Punya Gameplay Lebih Bagus

Untuk hal ini, kamu perlu melakukan riset lebih jauh. Lihat review di berbagai blog atau video YouTube. Kamu bisa menemukan kalau beberapa game lama mendapat review lebih baik dari game yang lebih baru.

Sebagai contoh, kalau kamu lihat di Steam, game Borderlands 2 (2012) mendapat respon lebih bagus dari Borderlands 3 (2019). Lalu Far Cry 3 (2012) mendapat respon ‘Very Positive’ untuk All Reviews, sementara Far Cry 5 (2018) mendapar respon ‘Mostly Positive’ untuk All Reviews.

Main Game Legendaris

Dengan pertimbangan di atas, artinya kamu juga bisa mencicipi main beberapa game jadul PC legendaris. Seperti Halo, The Elder Scrolls V: Skyrim, The Witcher 3: Wild Hunt, seri Bioshock, Portal 2, dll. Dengan begitu, dalam skala yang lebih besar, kamu justru tidak FOMO. Ya kan?