Tips Merawat Keyboard Gaming Agar Tidak Cepat Rusak

keyboard gaming

Keyboard gaming mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Ya, benda satu itu adalah salah satu hardware terpenting untuk sebuah PC, ditambah lagi harga sebuah keyboard gaming tidaklah murah.

Sayangnya, banyak beberapa gamers sering melupakan kebersihan keyboardnya yang tentu saja sangat penting. Dibiarkannya berdebu, terkena tumpahan air minum dan kuah mie instan. Berapapun uang yang kamu keluarkan untuk membeli sebuah keyboard, tetap saja harus dirawat sebaik mungkin.

BACA JUGA
Tips Memakai Shortcut Keyboard di Aplikasi WhatsApp Desktop

Nah dibawah ini, ada beberapa tips untuk merawat keyboard gaming kesayangan kamu agar lebih awet dan bisa dipakai bertahun-tahun. Yuk disimak!

Jangan Makan dan Minum Dekat Keyboard

keyboard gaming

Kata Dokter, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, hal tersebut juga berlaku untuk semua peralatan kamu termasuk keyboard PC. Caranya adalah dengan tidak makan ataupun minum didekat keyboard, sebaiknya lebih menjaga jarak jika makan ataupun minum.

Jangan lupa pula untuk mencuci tangan setelah makan sebelum menyentuh keyboard, apalagi jika kamu makan nasi padang pakai tangan. Bisa-bisa sisa bumbu rendang menempel di tombol keyboard kamu.

Gunakan Dust Blower

keyboard gaming

Dust blower adalah pembersih debu untuk debu-debu membandel yang bersembunyi diantara tombol-tombol keyboard. Alat ini bisa kamu beli dengan harga yang cukup murah.

Nah jika kamu juga seorang fotografer, maka dust blower sudah pasti ada di tas kamera, jati tinggal digunakan. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan kuas cat bersih untuk menjangkau sela-sela tombol.

Gunakan Alkohol

keyboard gaming

Cairan serba guna ini juga sangat bagus untuk membersihkan bekas noda. Cukup ambil kain pembersih atau cotton bud lalu tuang alkohol secukupnya dan langsung oleskan ke papan keyboard.

Selain menghilangkan noda, alkohol juga bisa membuat keyboard kamu menjadi steril dan terbebas dari kuman-muman sehingga aman disaat kamu gunakan.

Melepaskan Semua Tombol

keyboard gaming

Keyboard yang dikhususkan untuk main game biasanya hadir dengan tombol yang mudah untuk dilepas. Manfaatkan hal tersebut untuk membersihkan keyboard secara menyeluruh.

Jika kamu ingin membersihkan keyboard secara keseluruhan, cara ini wajib kamu lakukan. Tapi ingat, pastikan kamu hafal semua letak tombol-tombol tersebut.

Keyboard Gaming Juga Bisa Bersih Dengan Kertas Post It

keyboard gaming

Kertas Post It biasanya ada dimeja-meja sebuah kantor yang ditempelkan disekitar monitor. Kamu tahu, kertas ini juga bisa berfungsi untuk membersihkan keyboard, loh.

Caranya pun cukup mudah! Ambil selembar kertas post it tersebut lalu selipkan diantara tombol keyboard yang kotor. Setelah kotoran keyboard menempel, angkat kertasnya lalu buang. Mudah, kan?

BACA JUGA
Tips Jitu untuk Merawat Kamera Bagi Kamu Fotografer Pemula

Itulah dia beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk keyboard kesayanganmu tetap bersih seperti baru. Jangan lupa dipraktekkan, ya!

Ada komentar?