Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Kingdoms Charge: Game RPG Online yang Seru. Tapi…

Anom Penulis

Main game RPG online memang seru. Mengadu jagoan dengan pemain lain setelah melakukan petualangan, jadi keasikan tersendiri. Petualangan dan pertarungan dengan pemain lain ini dihadirkan dengan menarik di game Kingdoms Charge.

Kingdoms Charge disebut sebagai sebuah game RPG online, selain karena ada fitur bertarung dengan pemain lain, juga karena untuk memainkannya memang membutuhkan koneksi internet 😀 . Di sini kita memainkan sekelompok jagoan (heroes) yang berpetualang menyelesaikan misi demi misi. Permainannya agak berbeda dari game RPG biasa (misalnya game Elements: Epic Heroes). Game RPG ini lebih mirip Kingdom in Chaos, bertarung dengan musuh dalam beberapa gelombang serangan.

Namun elemen RPG tetap ada. Misalnya seperti mengumpulkan benda-benda untuk meningkatkan level, jagoan yang memiliki karakteristik (class) masing-masing, dll. Dalam melakukan melakukan serangan, kalau mana sudah penuh, kita bisa memanfaatkan serangan khusus dari masing-masing karakter (tap di foto karakter) atau menggunakan skill attack yang dahsyat (tap di lingkaran kanan bawah layar).

Permainan bisa berjalan semi-otomatis dan otomatis. Maksudnya, untuk pertarungan normal (semi-otomatis) serangan terhadap musuh akan berjalan dengan sendirinya. Kita tinggal memilih saat yang tepat untuk melakukan serangan khusus dari masing-masing karakter atau melakukan skill attack. Sedangkan yang otomatis, yah… semuanya berjalan otomatis.

Mungkin untuk yang suka melakukan strategi pertarungan sendiri, hal ini kurang menarik. Tapi bukan berarti cara seperti ini tidak seru. Menurut saya, ini masih jauh lebih seru dari pada permainan yang cuma tap saja seperti Tap Titan atau Make It Rain.

Walau begitu, di game ini juga ada sistem tap dengan cepat untuk memaksimalkan serangan. Ya, saat melakukan skill attack, kita harus tap layar secepat mungkin supaya bisa mendapat jumlah hit sebanyak mungkin. Mirip seperti jurus di Herobots.

Kembali bicara tentang game RPG online, di bagian yang bernama Colosseum di game Kingdoms Charge, kita bisa menantang pemain lain. Sebagai reward, kita bisa mendapat koin dan permata. Kita juga bisa bersaing di rangking dunia, baik dari sisi kekuatan total karakter yang kita punya atau pertarungan yang kita lakukan di Colosseum.

Lalu dii profil kita tercantum informasi tentang Guild. Namun sejauh ini, saya belum menemukan cara bergabung dengan Guild tertentu atau pemain lain. Dalam fitur chatting yang ada di dalam game ini, pemain lain juga ada yang menanyakan soal Guild ini. Jadi mungkin Guild merupakan fitur yang nantinya akan ditambahkan (selain itu ada juga fitur event yang belum muncul).

Sampai di sini mungkin ada yang bertanya maksud kata ‘tapi’ di judul di atas. Ini saatnya masuk ke hal yang agak mengecewakan.

Sekarang mari kita bicara masalah performa. Terus terang, dalam beberapa kesempatan, ada sedikit lag di game Kingdoms Charge ini. Mungkin berhubungan dengan koneksi (seperti yang ada di salah satu review di Bursa). Sebagai contoh, saat tap untuk claim reward, munculnya hadiah sempat agak sedikit terlambat. Begitu juga beberapa kali saat tap serangan.

Hal di atas terjadi berdasarkan pengalaman bermain di Windows Phone 8.1 menggunakan Lumia 930. Kebetulan, saya juga sempat mencoba bermain di Windows 10 Mobile di Lumia 920. Ahem, lag-nya cukup terasa. Tapi mungkin juga di perangkat yang kalian gunakan malah tidak bermasalah.

Kemudian, untuk yang pernah main game sejenis di Android, mungkin sadar kalau game ini mirip dengan game Heroes Charge (ya gitu deh… 😀 ). Walau begitu, game ini juga tersedia di Android. Di sana, game ini mendapat kritik kalau tidak pernah update. Memang, di detil informasi di Bursa Microsoft juga disebutkan bahwa terakhir kali game ini mendapat update adalah bulan September 2015. Sudah cukup lama. Sebagai perbandingan, game lain yang cukup populer dari IGG, Clash of Lords 2, mendapat update terakhir pada bulan November 2015, dan Castle Clash, pada tanggal 20 Januari 2016.

Jadi, kalau sekedar untuk mengisi waktu luang atau untuk seru-seruan, bolehlah game Kingdoms Charge ini dimainkan. Tapi jangan berharap akan ada sesuatu yang lebih dari developer-nya. Istilahnya, resiko ditanggung penumpang. 😀