Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Kingston DataTraveler 106: USB Flashdisk Dengan Garansi Terpanjang

SponsoredKingston

Nama Kingston sudah tidak asing lagi di Indonesia, terutama untuk produk-produk storage seperti flash disk, MicroSD dan SSD. Saat ini, semua orang menginginkan performa yang bagus untuk media penyimpanan untuk gadget mereka. Tahun ini, Kingston merilis beberapa produk untuk menawarka solusi media penyimpanan berkualitas dengan harga terjangkau.

Nah kebetulan, Kingston mengirimkan ketiga produk mereka ke dapur review kami. Dan pertama, saya akan megulas USB flashdisk mereka.

Oh ya, meskipun kami mendapatan produk mereka secara gratis, namun kami tetap akan mengulas secara obyektif, sesuai dengan pengalaman yang saya rasakan dalam penggunaannya.

Jadi, mari kita mulai review Kingston DataTraveler 106, USB Flashdisk murah dengan garansi lama.

Kami mendapatkan produk dengan kapasitas penyimpanan 16GB, kapasitas terkecil yang mereka punya untuk versi ini. Kapasitas paling besar yaitu 256GB.

Desain

Secara desain, saya cukup suka dengan konsep yang mereka tawarkan. Kingston menghilangkan penutup flashdisk dan menggantikannya dengan model sliding stamp.

Secara pribadi saya menyukai desain seperti ini. Saya tak perlu khawatir untuk membuat desain flashdisk menjadi jelek karena kehilangan penutupnya.

Perpaduan warna yang diberikan juga terlihat keren, yaitu merah dengan hitam. Perpaduan warna ini seolah ingin mengesankan bahwa dengan menyimpan data menggunakan KIngston DataTreveler 106, data kita akan aman karena terlindungi.

Ya sebenarnya sih tidak ada hubungannya sama sekali. Namun psikologis warna memang bisa memainkan pikiran manusia sampai seperti itu.

Hal yang tidak saya suka dari desain ini adalah, desain sliding cap membuat material material plastik yang digunakan terkesan murahan. Jadi ketika bodi flashdisk saya ketuk-ketuk, ada suara yang menandakan seolah casing tersebut ringkih.

Padahal itu disebabkan rongga yang ada pada mekanisme sliding cap yang membuatnya mengeluarkan suara-suara “ringkih”.

Performa

Saya melakukan pengujian USB drive ini dengan meng-copy-paste file music, video dan foto. Untuk menyelesaikan semua transfer dari PC ke USB drive, dibutuhkan waktu lebih-kurang satu menit untuk file sebesar 1GB-an.

Tentu saja saya menggunakan port USB 3.0 agar mendapatkan hasil masimal. Device yang saya gunakan untuk melakukan pengujian adalah ASUS ZenBook 13 UX331UAL.

Untuk test melihat file, foto dan video, USB Drive ini tentu dengan sangat mudah mampu menampilkan file-file tersebut tanpa hambatan. Tidak ada jeda ketika membuka file-file foto dan tidak ada buffer ketika melihat file-file video.

Harga

Kingston memberikan harga yang cukup bervariasi untuk versi flashdisk-nya ini. Kita bisa mendapatkan harga mulai 50-an ribu rupiah untuk kapasitas 16GB. Harga yang cukup kompetitif untuk sebuah flashdisk.

Yang membuat KingSton DataTreveler 106 ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan kompetitor adalah, masa garansi yang diberikan sangatlah panjang, yaitu 5 tahun.

Kesimpulan

Mungkin kalian tidak akan bingung ketika memilih sebuah USB flashdisk. Paling tidak, kalian tidak akan segalau jika disuruh memilih laptop atau ponsel.

Harga yang ditawarkan hampir semua manufaktur flashdisk juga tak jauh berbeda. Namun hasil tes yang dihasilkan dari produk ini cukup baik. Dengan kecepatan baca hingga 100-an MB/s, USB ini akan sangat membantu ketika kita gunakan menyimpan file-file multimedia.

Selain kecepatan Read-nya yang tinggi, garansi yang diberikan merupakan nila positif.

Kingston DataTraveler 106 (DT106) ini menyediakan kapasitas hingga 256GB, di mana DT106 ini menjadi USB drive murah yang sudah mendukung teknologi USB 3.1.

More Stories
Perbandingan Wireless Earphone Erato Muse 5, Apple Airpords dan B & O E8