Kingston SSD: Solusi Murah Upgrade SSD

Kebanyakan dari kalian mungkin berfikir bahwa untuk menambah kecepatan sebuah PC adalah dengan menambah RAM ataupun meningkatkan prosesor. Namun sebelum kalian melakukan hal itu, saran saya adalah, gantilah HDD kalian dengan SSD. Menurut pengalaman saya, mengganti SSD dengan HDD akan terasa lebih cepat dibandingkan dengan mengganti RAM.

Saat ini banyak beredar SSD di pasar tanah air, salah satunya adalah SSD Kingston A400 (kapasitas 120 GB) yang akan saya ulas kali ini.

Desain

Desain SSD jauh berbeda dengan HDD yang memiliki bodi tebal dan bulky. SSD jauh lebih tipis dan ringkas. Bahkan lebih tipis dari ukuran Huawei P20 Pro. Bobotnya pun tidak berat.

Dalam paket pembeliannya, kita hanya mendapatkan unit SSD nya saja, tidak ada adapter untuk menjadikannya sebagai disk eksternal. Paket pembelian yang wajar dan hampir semua produsen SSD juga melakukan hal seperti itu.

Kingston SSD A400 menggunakan interface SATA Rev 3.0 tapi juga bisa digunakan untuk SATA Rev 2.0. Yang membedakan adalah, jika menggunakan SATA Rev 3.0, maka kecepatan transfernya bisa 6GB/s.

Performa

Saya menggunakan SSD ini sebagai storage utama, di mana saya menginstall system operasi Windows 10 dan beberapa software yang sering saya gunakan sehari-hari.

Hasilnya, dari pertama kali saya menekan tombol power hingga Windows 10 terbuka sempurna, hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 detik saja.
Begitu juga ketika saya gunakan untuk menjalankan beberapa software seperti Microsoft Office, Wondershare Filmora, Steam dll, saya mendapatkan performa yang baik.

Sebagai komparasi, performa yang saya rasakan ketika menggunakan SSD Kingston ini tidak terlalu jauh dengan performa dari Samsung EVO 860 yang saya gunakan sebelumnya. Dimana jika berbicara soal harga, Kingston membanderolnya dengan hara yang lebih murah.

Kesimpulan

Performa yang dihasilkan oleh Kingston A400 cukup memuaskan. Mendekati apa yang mereka klaim di website resminya.
Dengan harga yang terjangka, yaitu sekitar 300-an ribu rupiah, Kingston A400 merupakan pilihan logis buat kalian yang ingin upgrade HDD ke SSD namun enggan mengeluarkan kocek yang dalam.

Untuk mendapatkan hasil Write yang lebih tinggi, kalian bisa memilih Kingston A400 dengan kapasitas yang lebih besar.

Menurut web resminya, kecepatan Write tertinggi ada di versi 960GB yang diklaim mampu menulis dengan kecepatan hingga 450MB/s.

Jadi, untuk kalian yang ingin mencicipi teknologi SSD, Kingston A400 ini merupakan pilihan bijak. Kalian akan mendapatkan performa yang baik dengan harga yang murah.

More Stories
Spesifikasi Motorola One Vision Mulai Terungkap, Kameranya 48MP!