Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

3 Tanda untuk Mengenali Komputer Terpasang Antivirus Palsu

Indri Penulis

Komputer memang rentan terserang virus. Baik virus yang berasal dari software, maupun ketika pengguna mengakses situs tertentu.

Biasanya untuk menanggulangi virus dalam komputer, pengguna komputer memasang antivirus. Namun dalam memilih antivirus tidak boleh sembarangan. Sebab tidak semua antivirus baik dan dapat menghilangkan virus pada komputer.

popculture.id

Dalam era teknologi yang serba canggih saat ini, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan antivirus, untuk melancarkan aksi kejahatan.

Tidak jarang pengguna komputer tertipu, dan mereka menjadi korban penipuan atau kejahatan lain karena memasang antivirus sembarangan.

Selain itu, ada pula virus atau malware yang menyamar sebagai antivirus. Virus tersebut akan menyerang komputer, dengan menampilkan pesan bahwa komputer sedang terinveksi virus, sehingga membutuhkan antivirus khusus untuk mengatasinya.

Ancaman yang seperti itu dikenal sebagai scareware. Pengguna harus jeli dalam membedakan antivirus asli dan yang palsu.

Jangan sampai komputer menjadi sarang virus, dan menambah ancaman bukan perlindungan. Oleh sebab itu, kami telah merangkum 3 tanda komputer terpasang antivirus palsu. Berikut tanda-tanda komputer terinveksi antivirus palsu:

Sumber Gambar : Super User

Notifikasi pada System Tray

Walaupun jarang muncul notifikasi semacam itu, namun terdapat bentuk penipuan dalam bentuk notifikasi system tray. Notifikasi seperti ini wajib diwaspadai.

Beberapa pihak tidak bertanggung jawab sengaja membuat malware khusus, yang bisa hadir kemudian memasang dirinya sendiri pada komputer.

Biasanya pesan yang ditampilkan terlihat tidak main-main. Beberapa peringatan tersebut seperti komputer telah terinveksi virus, peringatan komputer tidak sehat dan dipenuhi sampah, hingga komputer dipenuhi dengan celah keamanan berbahaya.

Notifikasi tersebut memang selama ini jarang muncul. Hal ini terjadi akibat malware tersebut membutuhkan tindakan khusus, dari pengguna komputer yang lalai dalam memasang software tertentu.

Namun bukan berarti hal tersebut bisa diabaikan begitu saja. Sebagai pengguna komputer, alangkah baiknya jika kita selalu berhati-hati dalam membuka berbagai website, atau klik link tertentu yang ada dalam sebuah website.

[irp posts=”57181″ name=”5 Tips Andalan Agar Komputermu Terhindar dari Serangan Virus Menyeramkan”]

Iklan di Website

Saat ini konten asli dan iklan di internet hampir sulit dikenali. Ikalan dari berbagai provider sudah bertambah canggih, sehingga bisa menyerupai konten yang ada dalam sebuah website.

Hal ini tentu akan memberikan keuntungan, yang kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pihak tidak bertanggung jawab untuk menampilkan iklan antivirus palsu buatan mereka.

Jenis iklan antivirus palsu dalam sebuah website biasa disebut dengan malvertisement. Iklan malware biasanya akan menampilkan info palsu tentang IP komputer.

Selain itu, iklan ini juga akan menampilkan informasi palsu tentang dimana tempat tinggal pengguna, bahkan dapat menampilkan berbagai ancaman dalam komputer. Walaupun terlihat serius, sebenarnya hal itu sama sekali tidak benar.

Apabila kalian menemukan iklan semacam itu dalam sebuah website, maka lebih baik abaikan dan jangan pernah klik iklan tersebut.

Popup di Browser

Tidak hanya iklan di website yang perlu diwaspadai. Namun masih ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Saat ini banyak website tertentu yang menampilkan popup mencurigakan. Popup tersebut biasanya berisi pesan mengerikan, seperti pesan bahwa komputer telah terinfeksi malware tertentu.

Padahal sebenarnya popup tersebut adalah pesan dari salah satu pembuat antivirus palsu. Mereka berharap agar pengguna komputer dapat klik pesan tersebut. Setelah itu, pengguna diharapkan untuk mengunduh software mereka.

Apabila pesan tersebut muncul pada saat kalian tengah browsing di internet, maka lebih baik jangan mudah panik, dan abaikan saja setiap pesan yang diberikan oleh mereka. Lepas dari itu, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

    %d blogger menyukai ini: