Tak Tergantikan, Inilah 5 Konsol Game Dengan Tingkat Penjualan Paling Tinggi

Sekitar tahun 1972, Magnavox Odysey  merupakan konsol pertama yang dirilis untuk bermain video game. Sejak itu, banyak perusahaan yang mencoba peruntunganya dalam membuat konsol video game.

Mungkin saat ini dunia game dirajai oleh banyak game mobile. Namun, sebelum hal tersebut terjadi, konsol jadi teman setiap para gamer.

Game konsol memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya grafis yang jauh lebih bagus. Selain itu, penjualan game konsol juga memiliki angka yang cukup fantastis lho.

Namun dari semua konsol yang pernah dirilis, kira-kira konsol mana yang palling sukses tingkat penjualannya? Nah berikut ini adalah lima konsol game dengan penjualan paling tinggi sepanjang sejarah.

PlayStation 2, 155 juta unit

Sumber Gambar : PlayStation

Unggul tipis dari Nintendo DS, Playstation 2 menjadi konsol dengan tingkat penjualan tertinggi sampai sekarang. Playstation2 ini telah berhasil terjual sebanyak 155 juta unit.

Konsol PlayStation 2 dirilis pada 2000, konsol ini merupakan salah satu produk Sony yang masih banyak dimainkan hingga saat ini.

Penjualannya sendiri paling tinggi sepanjang sejarah! PlayStation 2 juga memiliki banyak game tiga dimensi yang menakjubkan pada masanya. Hal ini membuat penjualan konsol PlayStation 2 kian melejit.

Nintendo DS, 154 juta unit

Sumber Gambar : Nintendo

Menjadi konsol tersukses dari Nintendo, Nintendo DS memang berhasil karena berbagai macam faktor. Salah satunya adalah game-game eksklusif yang bisa dimainkan dengan konsol ini.

Nintendo DS memiliki desain yang sederhana dan ukuran yang cukup kecil. Hal ini membuatmu bisa membawanya ke mana-mana dengan mudah.

Nintendo DS terjual hingga 154 juta unit dalam kurun waktu 10 tahun setelah rilis. Beberapa game yang populer pada konsol ini, seperti The World Ends with You, seri Harvest Moon, dan seri Pokémon.

Game Boy dan Game Boy Color, 118 juta unit

Sumber Gambar : Polygon

Mungkin banyak dari kalian yang belum pernah merasakan konsol yang satu ini.  Game Boy adalah pencetus konsol portabel pertama. Itu sebabnya wajar jika Game Boy dan Game Boy Color ini sangat laris di pasaran.

Menjadi salah satu konsol tertua dalam daftar ini, Game boy berhasil merajai pasar konsol pada tahun 1989 sampai 1993.

Selama masa penjualannya, konsol game legendaris ini terjual hingga 118 juta unit lho guys. Kalau kamu memiliki atau memainkan konsol ini sejak 1989, pasti kemungkinan besar kamu sudah berkeluarga, bukan? hehe

PlayStation 1, sekitar 102 juta unit

Sumber Gambar : auctions – Catawiki

Menjadi konsol pertama dari Sony, Playstation 1 berhasil mencuri perhatian banyak gamer pada awal-awal perilisannya.

Konsol game ini sudah dirilis sejak tahun 1995. Apalagi perilisannya pada awal bulan Desember menjadikan konsol ini banyak digunakan sebagai kado natal pada saat itu.

Namun, popularitas Playstation 1 semakin melejit pada awal 2000-an. PlayStation 1 ini mampu terjual dengan angka fantastis hingga 102 juta unit.

Berkat penjualan yang sukses inilah, PlayStation 1 menjadi konsol game terlaris nomor empat sepanjang sejarah. PlayStation 1 jadi rekor pertama Sony dalam penjualan konsol game.

Nintendo Wii, sekitar 101 juta unit

Sumber Gambar : Red Bull

Kalau yang satu ini memang konsol favorit banyak orang, Nintendo Wii datang menggebrak pasar konsol dengan mengajak para gamer bermain dengan cara sedikit lebih unik.

Nintendo sudah merilis Switch yang memiliki banyak inovasi menarik. Sayangnya, konsol tersebut masih belum sesukses pendahulunya.

Nintendo Wii memang punya fitur yang tak sebanyak Xbox 360 atau Sony PlayStation 3, tapi Nintendo Wii mampu menghadirkan inovasi yang berbeda daripada konsol game lainnya, salah satunya adalah dengan adanya sensor gerak inovatif.

Nah itu dia 5 konsol yang punya tingkat penjualan terbaik sepanjang masa. Kalau kamu memang seorang gamer, mana dari kelima konsol di atas yang pernah kamu mainkan?