Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

5 Cara Memperbaiki Kosakata Bahasa Inggris Melalui Game

Anom Penulis

Mengenal kosakata sangat penting dalam mempelajari bahasa asing, misalnya bahasa Inggris. Namun, memahami dan menghafal banyaknya jumlah kosakata bukanlah perkara yang mudah untuk para pelajar Indonesia.

Karena itulah, mereka yang kekurangan kosakata akan mengalami kesulitan dalam memahami teks-teks bahasa Inggris, tidak mampu berbicara bahasa tersebut, dan bahkan akan kesulitan untuk menuliskan ide-ide mereka dalam bahasa Inggris. 

popculture.id

Jika kamu kebetulan seorang pemain game, maka ini dapat menjadi suatu langkah yang tepat. Kamu bisa memperbaiki dan meningkatkan penguasaan kosakata melalui berbagai jenis game yang kamu mainkan.

Main game tidak hanya akan dapat meningkatkan motivasi untuk berlatih bahasa Inggris. Tapi juga bisa memberi dorongan yang kuat untuk mempraktekkan bahasa Inggris sambil bermain game favorit.

Karena itulah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan 5 (lima) cara untuk memperbaiki kosakata bahasa Inggris melalui game. Simak ya.

1. Ambil pendekatan sistematis untuk berlatih

Para pemain game seperti kamu seharusnya merasa terdorong untuk mempelajari kosakata yang baru setiap harinya. Sedikit demi sedikit dan secara bertahap.

Para ahli bahasa mengatakan ini adalah cara yang paling baik untuk membuat kosakata bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari selalu menempel di pikiran. Buat komitmen untuk meluangkan waktu 30 menit untuk main game dengan tujuan memperbaiki kosakata.

Kamu bisa memilih berbagai game favorit sehingga kamu akan lebih nyaman mengenali kosakata yang digunakan pada game-game tersebut.  

2. Baca narasi yang terdapat pada game

Membaca untuk memahami arti bahasa Inggris merupakan strategi berbasis riset yang membantu pembaca merasa tertantang untuk memahami arti dari bacaan tersebut. Membaca adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menambah kosakata yang baru dan bermanfaat.

Saat bermain game, kamu biasanya akan diperlihatkan narasi game dalam bahasa Inggris. Baca baik-baik narasi itu dan pahami maksudnya.

Strategi ini juga mencakup pencarian secara aktif kata-kata baru dan melatih menggunakannya setelah membaca teks-teks yang terdapat pada game tersebut.

3. Tulis kosakata baru pada daftar

Waktu main game, kamu pasti menemukan berbagai kosakata bahasa Inggris yang baru kamu dengar dan lihat. Jika begitu, tulis dan catat kosakata tersebut dalam daftar kosakata baru dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Bisa di kertas atau aplikasi catatan di smartphone. 

Ini akan sangat berguna jika kamu secara kebetulan menemukan kembali kata-kata yang sama di game favorit kamu lainnya. Jadi kamu bakal mengalami kesulitan memahami kata-kata bahasa Inggris tersebut. 

4. Berlatih mengucapkan kosakata dengan ejaan bahasa Inggris yang tepat

Salah satu cara untuk memperbaiki kemampuanmu dalam bahasa Inggris melalui game adalah dengan mengucapkan kosakata yang baru ditemui dengan ejaan bahasa Inggris yang akurat dan sesuai.

Ini tentunya akan sangat berguna saat kamu menggunakan kosakata ini pada percakapan dengan teman-teman asing yang kamu temui. Kamu akan menemukan level-level yang berbeda pada game-game kesayanganmu.

Tentunya di setiap level, akan terdapat kosakata baru dari tingkatan yang termudah hingga yang tersulit untuk diucapkan oleh lidah para gamer Indonesia. Jadi latihlah kosakata baru yang kamu dapat waktu main game. Pastinya ucapkan dengan ejaan yang benar dan tepat. 

5. Pilih game yang mendorong penguasaan kosakata bahasa Inggris

Saat ini sudah banyak tersedia game yang bisa mendorongmu untuk mempelajari kosakata bahasa Inggris secara baik dan menyenangkan seperti Scrabble Word Finder dan Word Unscrambler.

Kamu bisa memainkan kedua game ini dengan teman-temanmu secara online atau bahkan dengan orang lain  yang memiliki minat yang sama dalam bermain merangkai kata-kata bahasa Inggris.

Jadi main game seperti ini, kamu juga akan dapat belajar kosakata baru dengan mempraktekkannya bersama lawan secara menyenangkan dan pastinya menghibur. 

    %d blogger menyukai ini: