Kunci Layar Smartphone Paling Aman dan Unik Dengan E-KTP

Cara-Membuka-smartphone-yang-terkunci-menggunakan-KTP

Halo Urban People, kalian tentu tidak asing lagi dengan berbagai kasus hacking yang terjadi selama beberapa tahun belakangan. Yang perlu kalian sadari dari kasus tersebut adalah keamanan merupakan hal yang paling penting. Terlebih buat kalian pengguna smartphone Android.

Pasti kalian bakalan sebel jika smartphone lupa tidak dikasih kunci, dan ada teman kalian yang usil baca chat kalian dengan orang lain. Atau intinya si dia membuka privasi kalian.

Dengan menggunakan kunci smartphone hal tersebut bisa ditanggulangi.

Fitur smartphone sendiri sebenarnya sudah ada beberapa metode penguncian yang bisa kalian gunakan sesuai selera. Dimulai dari kunci pola, password, PIN, sensor wajah, dan bahkan iris mata juga bisa digunakan.

Smartphone saat ini banyak yang dibekali juga dengan fitur kunci yang menggunakan sidik jari. Bahkan bisa dikatakan jika ini jauh lebih keren dan terjangkau.

Tapi, selain beberapa metode penguncian smartphone yang telah kami sebutkan tadi, kami masih punya satu cara mengunci smartphone yang paling unik dan aman. Selain itu, masih jarang orang yang menggunakan metode seperti ini. Yaitu menggunakan e-KTP!

Jika kalian ingin smartphone terlihat lebih unik dan keren, tidak ada salahnya mencoba chip NFC di E-KTP untuk membuka kunci smartphone.

Sumber gambar: Info Tegal

Tapi ngomong-ngomong kalian sudah punya E-KTP belum nih? Kalau belum, ayo buruan ganti KTP lama kalian dengan E-KTP. Jadi selain kalian ikut menyukseskan program dari pemerintah, E-KTP juga bisa kalian gunakan untuk membuka kunci layar di smartphone.

Sumber gambar: Wajib Baca

  • Jadi pastikan smartphone kalian minimal sudah Android Lollipop dan mempunyai teknologi NFC. Selain itu yang paling penting, kalian sudah harus punya E-KTP. Buat kalian yang belum paham NFC itu apa. Jadi NFC merupakan suatu teknologi yang memungkinkan dua perangkat bisa saling berkomunikasi dengan cara menempelkan maupun mendekatkannya.
  • Lalu, pastikan bahwa NFC kalian memang sudah aktif. Jika sudah siap, kalian tinggal masuk ke Settings – Security – Smart Lock. Jadi, jika Smart Lock kalian belum aktif. Kalian harus aktifkan terlebih dahulu dengan ke menu Settings – Security – Trusted Agents.
  • Kemudian saat di smartphone kalian sudah ada menu Smart Lock, kalian tinggal pilih saja menu Trusted Devices.
  • Kemudian pada tampilan yang selanjutnya, kalian pilih NFC di opsi Trusted Devices.
  • Jangan lupa tempelkan E-KTP kalian ke NFC. Apabila nanti E-KTP telah sukses terbaca, otomatis akan muncul suatu perintah untuk menamai perangkat NFC yang sudah terdaftar sebelumnya. Jadi, disini kalian bisa menamai perangkat NFC sesuai selera. Misalnya kalian namai “E-KTP” atau nama kalian.

Sekarang kalian sudah bisa membuka lockscreen dengan menggunakan smartphone Android.

Jadi gampang banget bukan cara membuat kunci layar smartphone dengan menggunakan E-KTP? Bagaimana menurut kalian? Cukup menarik kah? atau kalian masih punya cara lain yang lebih aman, unik, dan sederhana?

Ada komentar?