Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

10 Lagu Rock Alternatif Era 90-an yang Wajib Kamu Ketahui

lagu rock alternatif tahun 90
Anom Penulis

Di tahun 90-an, genre rock alternatif mencuri perhatian penggemar musik seluruh dunia. Musik rock yang sudah “tidak biasa” menjadi lebih spesial dengan sub-genre ini. Banyak musisi rock alternatif yang kemudian menjadi legenda.

Istilah musik alternatif sendiri menggambarkan musik yang jarang atau kecil kemungkinannya diputar di radio. Karena itu musisi dengan gaya nyeleneh ini sering memasarkan musiknya sendiri. Genre ini pun kerap identik dengan istilah indie yang merupakan kependekan dari independen.

popculture.id

Walau secara umum dikenal dengan rock alternatif, banyak sebutan spesifik lain masuk di istilah ini. Seperti grunge, noise, new wave, punk, hard core, industrial, dll.

Dari sekian banyak lagu rock alternatif yang populer di tahun 90-an, ada beberapa yang menurut saya menjadi lagu wajib. Menjadi tonggak berkibarnya genre ini, dan — seperti saya sebut di atas — membuat musisi atau band yang membawakannya menjadi legenda.

Lagu rock alternatif populer
  1. Smells Like Teen Spirit — Nirvana
  2. Black — Pearl Jam
  3. Don’t Look Back in Anger — Oasis
  4. Creep — Radiohead
  5. 1979— The Smashing Pumpkins
  6. Black Hole Sun — Soundgarden
  7. You Oughta Know — Alanis Morissette
  8. No Rain — Blind Mellon
  9. Basket Case — Green Day
  10. Time Bomb — Rancid

[irp posts=”42188″ name=”Lihat Video Lagu Populer dengan Aplikasi SpotyTube”]

Smells Like Teen Spirit

Secara pribadi, saya tidak terlalu ngefans dengan Nirvana. Tapi harus diakui kalau Smells Like Teen Spirit memang keren. Lagu ini juga bisa disebut sebagai lagu kebangsaan Generasi X. Sebuah penanda jaman!

Smells Like Teen Spirit tidak hanya mempopulerkan Nirvana dan album Nevermind, lagu ini juga membuat dunia menoleh ke Seattle, dan mengenal grunge. Riff gitarnya yang khas membuat lagu ini mudah dikenal. Banyak artis sudah terpengaruh dan membuat cover version lagu ini (termasuk Paul Anka yang membawakannya dalam irama swing jazz).

beli di iTunes

Black

Black merupakan lagu Pearl Jam dari album debut mereka Ten. Lagu ini adalah lagu balada paling ikonik dari Pearl Jam. Salah satunya karena liriknya yang emosional.

Yang menarik, lagu ini tidak pernah punya video klip resmi dan tidak dirilis sebagai single. Baru pada tahun 2009 lagu ini tersedia untuk diunduh. Walau begitu, Black menjadi lagu favorit fans, dan seiring waktu menjadi lagu yang paling populer dari band ini.

beli di iTunes

Don’t Look Back in Anger

Melalui album kedua (What’s The Story) Morning Glory?, Oasis membawa Britpop dan 2nd British Invasion ke Amerika dan dunia. Don’t Look Back in Anger merupakan salah satu hit dari album tersebut.

Lucunya, walau rock alternatif sering disebut tidak cocok diputar di radio, lagu ini justru memiliki irama yang catchy. Mungkin Wonderwall dan Champagne Supernova lebih sukses dari lagu ini. Tapi Don’t Look Back in Anger jelas lebih ikonik. Semua yang besar di era 90-an pasti pernah sing along saat refrain lagu ini dibawakan.

beli di iTunes

Creep

Creep merupakan lagu Radiohead dari album pertama, Pablo Honey. Lagu ini menjadi lagu ikon untuk Radiohead, dan lagu kebangsaan mereka yang jatuh cinta (tapi mungkin tidak pede). Banyak artis sudah membuat cover version dari lagu ini.

Ironisnya, lagu ini begitu populer sampai Radiohead sendiri lelah memainkannya. Setelah album OK Computer dirilis pada tahun 1997 (yang menurut saya masterpiece Radiohead), Creep tidak pernah dimainkan live sampai tahun 2001. Kemudian dari tahun 2009 sampai tahun 2016, Radiohead kembali tidak pernah memainkannya.

beli di iTunes

1979

1979 merupakan lagu dari double album The Smashing Pumpkins yang berjudul Mellon Collie and the Infinite Sadness. Lagu ini membawa sedikit perubahan pada karakter musik The Smashing Pumpkins. Tapi album itu sendiri sukses besar dan meraih banyak penghargaan. 1979 sendiri jadi salah satu lagu yang paling sukses dan ikonik (dengar loop di intro).

Album Siamese Dream sudah membawa kesuksesan untuk The Smashing Pumpkins. Tapi album Mellon Collie and the Infinite Sadness membuat mereka jadi raksasa.

beli di iTunes

[irp posts=”39861″ name=”Fender Tune: Aplikasi Stem Gitar dari Produsen Gitar Ternama”]

Black Hole Sun

Black Hole Sun adalah sebuah lagu Soundgarden dari album Superunknown. Lagu ini menjadi lagu Soundgarden yang paling ikonik. Album Superunknown juga membuat band ini populer dan bersanding dengan Nirvana dan Pearl Jam sebagai jawara grunge. Lagu ini juga banyak dibawakan oleh artis lain.

Seperti kita ketahui, Chris Cornell sempat jadi vokalis Audioslave dan (sayangnya) belum lama ini meninggal karena bunuh diri. Walau menyedihkan, Black Hole Sun kembali berkumandang di mana-mana.

beli di iTunes

You Oughta Know

Lagu You Oughta Know dari album Jagged Little Pill membawa Alanis Morissette ke kancah musik dunia. Kedahsyatan lagu ini terbukti dengan menerima tiga penghargaan Grammy Awards. Alanis Morissette pun menjadi simbol gerakan rocker perempuan. Bahkan Britney Spears dan Beyonce pun pernah membawakan lagu ini.

beli di iTunes

No Rain

Walau band Blind Melon berdiri hanya sebentar (karena vokalisnya, Shannon Hoon meninggal), No Rain merupakan salah satu lagu rock alternatif paling populer. Selain karena musiknya yang memang enak, No Rain sangat terkenal karena video klipnya yang ikonik, menampilkan seorang anak yang memakai baju lebah.

beli di iTunes

Basket Case

Basket Case merupakan lagu dari album Green Day yang berjudul Dookie. Lagu ini melontarkan Green Day ke puncak kepopuleran, dan membawa nominasi Grammy Award. Basket Case dan album Dookie juga membawa demam punk kembali mewabah di dunia.

beli di iTunes

Time Bomb

Time Bomb adalah lagu ska punk dari grup Rancid. Lagu ini ada di album …And Come Out the Wolves dan merupakan lagu Rancid yang paling sukses di tangga lagu populer. Selain karena lagu ini asik buat bergoyang, intro lagunya sangat ikonik.

beli di iTunes

[irp posts=”35985″ name=”Layanan Streaming Musik dan Radio Online Paling Populer”]

Itulah beberapa lagu rock alternatif yang saya anggap jadi tonggak genre musik ini. Mungkin kamu — entah yang besar di era 90-an atau yang wawasan musiknya luas — punya pilihan sendiri. Tidak masalah.

Kalau kamu ingin mendengar musik era 90-an lebih jauh, saya punya koleksinya. Silakan dengar dari playlist di bawah ini.

    %d blogger menyukai ini: